Cara Menghapus File atau Folder yang Tidak Dapat Dihapus di Komputer atau Laptop

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

File atau folder yang terdapat dalam komputer pastinya tersimpan dengan aman tanpa perlu khawatir hilang atau terhapus. Namun jika Anda sudah merasa file atau folder tersebut tidak terlalu penting maka Anda berniat untuk menghapusnya. Secara umum penghapusan file atau folder mudah dilakukan. Tetapi tiba-tiba terdapat suatu hal yang menjengkelkan yaitu file atau folder tersebut tidak dapat dihapus. Sudah melakukan cara apapun tetap tidak dapat terhapus.

Terdapat beberapa penyebab mengapa file atau folder tersebut tidak dapat dihapus. Alasan pertama mengapa file tersebut tidak dapat dihapus adalah bisa saja karena virus. Apabila benar penyebab file atau folder tersebut tidak dapat dihapus adalah dikarenakan oleh virus, maka cukup scan komputer atau laptop Anda maka file tersebut akan otomatis hilang. Berbeda halnya jika ternyata file atau folder tersebut tidak hilang maka ada penyebab lainnya. Berarti ada penyebab lain yang membuat file tersebut tidak bisa dihapus.

Penyebab lainnya adalah mungkin saja file tersebut sedang digunakan atau dibuka. Apabila file masih dibuka melalui komputer atau laptop lain yang terhubung satu sama lain maka tidak akan bisa dihapus. Alasan selanjutnya adalah file tersebut memiliki permission yang kuat. Nah apabila beberapa hal tersebut adalah alasannya maka akan lebih mudah untuk Anda dapat menghapusnya. Untuk mengetahui lebih lanjut apa penyebab file atau folder Anda tidak dapat dihapus dan cara untuk menghapusnya, maka dari itu simaklah penjelasan dibawah ini.

 

Alasan File atau Folder Tidak Dapat Dihapus

 

Sebelum mengetahui cara untuk menghapus file atau folder pada laptop atau komputer ketahuilah terlebih dahulu apa penyebabnya. Terdapat beberapa kemungkinan yang dapat menjadikan file atau folder tidak dapat dihapus. Penyebab pertama yang mungkin terjadi yaitu file atau folder tersebut memiliki permission yang sangat kuat sehingga kamu tidak bisa menghapusnya. Selanjutnya yang dapat menyebabkan hal itu adalah dapat dikarenakan file yang tersimpan di dalam folder tersebut sedang digunakan atau dibuka oleh sebuah program sehingga kamu harus menutup program terkait untuk dapat menghapusnya.

Tidak hanya itu, penyebab dari tidak bisa dihapus nya suatu file dikarenakan perangkat komputer yang digunakan terdiri dari beberapa user account. Selain itu juga bisa saja berada dalam satu jaringan LAN. Pada kasus tersebut mungkin saja file terkait sedang digunakan oleh orang lain pada komputer yang berbeda sehingga kamu tidak bisa menghapusnya. Selain disebabkan oleh ketiga hal tersebut masih terdapat alasan lainnya Kenapa suatu file atau folder tidak bisa dihapus. Terdapat cara khusus untuk dapat menghapus file atau folder terkait. Bahkan jika memang sangat sulit untuk untuk dihapus setelah melakukan beberapa cara.

Solusi terakhir yang dapat dilakukan jika tetap ingin menghapusnya adalah dengan menginstall ulang perangkat komputer. Namun tentu akan sangat disayangkan jika instal komputer dilakukan hanya sekadar  Sulit menghapus file atau folder saja. Oleh karena itu, sebaiknya gunakanlah opsi lain sebagai cara alternatif yang dapat Anda gunakan.

 

Baca Juga :    Rekomendasi Aplikasi Edit File Terbaik dan Terbaru untuk Laptop & PC

 

Cara Menghapus File yang Tidak Dapat Dihapus

 

Setelah mengetahui penyebab file atau folder tidak dapat dihapus, maka untuk cara awal yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengganti User Account pada komputer ataupun laptop Anda. Sebab mungkin saja, akun komputer atau laptop yang Anda gunakan bukanlah pada status Administrator. Apabila memang hal ini yang terjadi, tentu akan mustahil menghapus file ataupun folder yang tersimpan di komputer tersebut. Hal ini karena menghapus file atau folder di dalam sebuah komputer atau laptop hanya bisa dilakukan oleh user yang tengah berada pada User Account Administrator. Untuk itu silahkan cek terlebih dahulu, kemudian ubah switch user akun komputer atau laptop Anda. Namun bila Anda merasa tidak pernah membuat User Account baru selain Administrator, maka penyebabnya tentu bukan yang ini. Terdapat beberapa cara lagi yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya yaitu :

  • Restart Laptop atau Komputer

    Anda dapat melakukan cara ini apabila cara-cara sebelumnya sudah dilakukan dan tetap tidak membuahkan hasil. Pastikan Anda dapat melakukan cara ini dengan benar. Seperti pada umumnya, lakukan dengan menekan tombol Start kemudian klik menu shutdown. Selanjutnya pilih restart, setelah itu perangkat komputer kamu akan memulai proses restart dan tunggu selama berapa menit. Dalam hal ini perangkat komputer akan mati dan kemudian menyala kembali. Pada kondisi tersebut, komputer akan menutup semua program yang sudah aktif sebelumnya. Apabila sudah Menyala kembali maka Anda dapat mencoba untuk menghapus file atau folder terkait.

  • Masuk Dalam Safe Mode

    Cara masuk ke dalam Safe Mode adalah dengan restart komputer atau laptop Anda dan tekan tombol F8 atau F5 (berdasarkan tipe laptop Anda) pada keyboard terus menerus. Saat komputer atau laptop nyala. Maka langkah selanjutnya adalah Anda akan dialihkan ke BIOS komputer. Setelah dalam tampilan Safe Mode, silahkan Anda mencoba hapus file atau folder yang membandel tersebut. Saat komputer ataupun laptop dalam keadaan Safe Mode, maka biasanya Windows bakal menghemat penggunaan RAM, Service, Internet, Software dan juga perangkat lainnya. Tidak heran jika tampilan komputer yang tengah Safe Mode sangatlah sederhana.

  • Menghentikan Program yang Sedang Running

    File atau folder yang sedang digunakan tidak akan bisa dihapus. Oleh karena itu program tersebut harus dihentikan sehingga file nantinya bisa dihapus. Cara menonaktifkan adalah masuk ke Task Manager kemudian tekan Ctrl+Shift+Esc secara bersamaan. Maka akan muncul program yang hendak dihentikan pada tab Application. Pilih End Task pada program yang sedang running tersebut. Kembali pada file yang ingin dihapus kemudian delete. Apabila masih belum bisa dihapus juga, ikuti cara kedua berikut.

  • Menggunakan CMD

    Selain langkah-langkah diatas Anda dapat mencoba menghapus file atau folder menggunakan CMD. Cara ini dapat dijadikan alternatif jika cara-cara sebelumnya tidak membuahkan hasil. Berikut ada langkah-langkah penghapusan file atau folder menggunakan CMD :

    • Langkah pertama yaitu Anda buka menu CMD dengan cara melakukan pencarian di kolom pencarian windows 10. Jika Anda memakai windows 7 maka caranya dengan klik “Start Menu” lalu lakukan pencarian dengan mengetik Command Prompt atau bisa pula dengan CMD.
    • Setelah muncul pilihan Command Prompt maka kalian langsung klik kanan tepat di pilihan Command Prompt kemudian pilih “Run as administrator”
    • Kemudian akan muncul tampilan CMD lalu ketik perintah yaitu “DEL/F/Q/A/C:\Users\Nama PC\ Lokasi File\ Nama File” jika diaplikasikan bisa dicontohkan menjadi DEL/F/Q/A/C:\Users\AdminCOM\Local Disk (D)\Apk, setelah itu kalian tinggal tekan “Enter”
    • Selanjutnya jika perintah yang diketik tadi benar atau tidak error maka file yang tidak bisa dihapus tadi akan terhapus secara permanen.
  • Menggunakan Software Pihak Ketiga

    Cara ini dianggap yang paling ampuh apabila Anda sudah tidak memiliki cara lain untuk menghapus file atau folder tersebut. Software ini dijamin ampuh untuk menghapus file atau folder yang tidak bisa dihapus. Tenang, software ini termasuk ringan dan mudah digunakan. Beberapa tool yang dapat digunakan untuk menghapus file membandel adalah Free Unlocker, File Unlocker, Tizer Unlocker, MoveOnBoot, Delete Doctor serta Wise Force Deleter. Biasanya dengan menggunakan salah satu dari dua software tersebut, folder atau file yang tadinya tidak bisa dihapus, dapat dihapus dengan mudah.

 

Baca Juga :    Tips Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca di PC, Laptop, dan Smartphone

 

Kesimpulan dan Penutup

Itulah penjelasan mengenai penyebab dan cara agar file atau folder di laptop atau komputer Anda yang tidak dapat dihapus. Jangan terlalu panik terlebih dahulu untuk mengatasinya karena pasti terdapat cara yang efektif untuk Anda gunakan. Gunakanlah cara yang paling mudah terlebih dahulu. Tetapi, jika hasilnya masih belum efektif maka cobalah cara lain.

Ikutilah cara-cara diatas dengan benar maka Anda pasti akan berhasil untuk menghapus file atau folder tersebut. Selain itu juga terdapat software pihak ketiga yang ampuh untuk menghapus file atau folder yang tidak dapat dihapus. Contohnya adalah Unlocker. Anda hanya tinggal klik sebanyak dua kali di software Unlocker, kemudian pilih direktori tempat file yang tidak bisa dihapus lalu klik “OK”. Selanjutnya, pilih opsi “Delete” yang ada di tombol Dropdown lalu klik “OK” kembali. Tunggu beberapa saat jika sudah selesai dan berhasil maka akan tampil jendela baru yang bernama “The Object was Deleted”. Jendela tersebut sebagai tanda bahwa File telah terhapus kalian tinggal pilih “OK” untuk mengakhiri.

 

Related Post :