Rekomendasi Aplikasi Edit File Terbaik dan Terbaru untuk Laptop & PC

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Saat ini ada banyak aplikasi pengeditan yang tersedia, mulai dari untuk mengedit foto, video bahkan hingga file dan dokumen. Sebuah perangkat lunak pengeditan dan manajemen dokumen terbaik dapat meningkatkan kemampuan serta pengaturan manajemen dokumen Anda. Penggunaan aplikasi ini juga semakin lebar dan mencakup segala ragam pengguna baik untuk bisnis, sekolah maupun personal.

Perangkat lunak pengeditan dan manajemen dokumen telah menjadi semakin umum karena penggunanya bisa saling berbagi file. Selain juga dapat difungsikan secara berbagi, file yang telah diedit juga dapat diedit oleh pengguna lain dan dapat disimpan sebagai dokumen bersama. Cara ini memang sangat praktis apabila sebuah file memerlukan banyak pandangan dan koreksi dari sebuah tim yang berkerjasama dalam proyek tersebut.

Hanya saja tidak tertutup kemungkinan timbulkan masalah di mana beberapa format dokumen perlu dikerjakan atau bahkan digabungkan, ditandatangani, atau diedit. Ini membuat kantor, perusahaan, instansi atau lembaga yang memerlukan aplikasi pengeditan file harus mencari cara yang sesuai untuk melakukan kolaborasi edit file. Berikut adalah beberapa opsi, alternatif, atau add-on terkemuka yang mungkin perlu Anda pertimbangkan untuk diadopsi untuk meningkatkan kemampuan manajemen dokumen Anda.

 

Jenis- Jenis Edit File

Rekomendasi Aplikasi Edit File Terbaik dan Terbaru untuk Laptop & PC
 

 

Pada dasarnya Anda dapat mengedit properti file, atau mengupload konten sebagai versi baru dari file yang sudah ada. Oleh karenanya ada beberapa cara untuk mengedit konten yang mana opsi ini tersedia kapan pun serta cocok untuk jenis file apa saja. Berikut jenis- jenis editing file yang biasanya bisa Anda temukan :

 

  • Edit Offline

    Cara ini memungkinkan Anda mendownload file ke komputer Anda sehingga Anda dapat mengeditnya di sana. Yakni dengan mengunci file di pustaka untuk mencegah orang lain mengeditnya secara bersamaan serta tersedia untuk setiap macam file.

  • Edit Online

    Pengeditan online memungkinkan Anda mengedit file tanpa terlebih dahulu menyimpannya secara offline. Hanya saja cara ini tersedia untuk file Microsoft Office 2003 atau yang lebih baru sehinga pengguna lama mungkin harus lebih update.

  • Edit Sebaris

    Editing ini memungkinkan Anda mengedit file teks biasa, HTML, atau XML secara langsung di pustaka dokumen. Tersedia untuk hampir banyak tipe file yang semuanya bisa dibuat dengan fitur Buat di pustaka.

  • Edit di Google Dokumen

    Metode ini memungkinkan Anda bekerja dengan file di Google Dokumen (Google Docs). Sama seperti cara Edit Offline, cara ini mengunci file di perpustakaan saat sedang diedit serta tersedia untuk dokumen, presentasi, dan format spreadsheet yang didukung.

 

Baca Juga :      Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik dan Terbaru untuk Android dan iOS (Smartphone)

 

Rekomendasi Aplikasi Edit File Terbaik

Rekomendasi Aplikasi Edit File Terbaik dan Terbaru untuk Laptop & PC
 

Jika Anda mencari aplikasi edit file yang bisa digunakan di laptop dan PC hingga smartphone, Anda akan menemukan banyak pilihan yang bisa Anda coba. Mulai dari edit file sederhana hingga kompleks yang mengatasi Anda dalam mengumpulkan dan merapikan dokumen serta file Anda. Beberapa diantaranya yang bisa Anda coba adalah :

 

  • Microsoft 365

    Microsoft Office biasanya adalah platform yang paling pertama dipikirkan orang dalam hal rangkaian menunjang produktivitas kantor, dengan Microsoft 365 berbasis cloud (sebelumnya bernama Office 365) sebagai inkarnasi terbaru. Banyak faktor yang membuat Office menjadi pemimpin pasar adalah karena data yang komprehensif dapat dicakup oleh berbagai aplikasi dan dipindahkan ke banyak aplikasi, sehingga membuat pekerjaan lebih efisien dan praktis.
    &nbspl

    Dengan Word, Excel, Powerpoint, dan Outlook yang membentuk program inti, telah dapat mencakup segala sesuatu mulai dari dokumen, spreadsheet, presentasi, dan email yakni merupakan sebagian besar kebutuhan kantor yang paling penting. Selain itu, OneDrive juga menawarkan penyimpanan dan pencadangan online untuk menjaga keamanan file Anda.

  • WPS Office

    WPS Office adalah rangkaian aplikasi penunjang produktivitas kantor lengkap dengan berbagai fitur pengeditan dan manajemen dokumen. Meskipun tersedia untuk diunduh ke PC Windows, penyedia edit file juga mendukung untuk penggunaan seluler seperti iOS dan Android. Sementara versi PC memiliki versi gratis tipe dasar dan versi berbayar yang lebih canggih, versi seluler WPS Office yang gratis dan didukung oleh iklan non-intrusif meskipun Anda dapat membayar langganan untuk lebih personal tanpa adanya gangguan iklan.
     

    Baca Juga :    Aplikasi Bluestacks : Pengertian, Fungsi, Keunggulan, Fitur, dan Cara Downloadnya

  • Adobe Document Cloud

    Adobe Document Cloud bekerja dengan jenis file PDF berpemilik, daripada berbagai jenis file umum seperti yang dilakukan beberapa aplikasi lainnya. Namun dalam bisnis, file PDF adalah tipe file umum yang banyak digunakan, jadi masuk akal untuk memiliki paket perangkat lunak khusus yang tidak hanya dapat berfungsi untuk tipe file seperti ini tetapi juga memungkinkan fitur pengeditan terluas.

  • Evernote

    Aplikasi Evernote mengkhususkan diri dalam pencatatan, pengarsipan dan berbagi, dan telah diadopsi secara luas di tempat kerja dan oleh individu selama beberapa tahun belakangan ini. Terlepas dari riasan digitalnya, Evernote dapat memproses catatan tulisan tangan serta kuitansi dan file audio dan membuat semuanya dapat diakses di desktop dan perangkat seluler. Aplikasi ini juga memiliki faktor kolaborasi dengan pengguna lain serta dapat mengerjakan buku catatan bersama yang diperbarui secara instan saat mengedit.
     

    Evernote tersedia untuk bisnis dengan model dasar, plus dan premium. Dengan memperluas penyimpanan pada penawaran gratis, dan memudahkan untuk berbagi konten, mendigitalkan dokumen penting, menampung pendapat/brainstorming yang berpusat pada gambar, dan melacak keuangan.

  • PandaDoc

    Manajemen dokumen yang berfokus pada penjualan, aplikasi PandaDoc mendeskripsikan diri mereka sebagai aplikasi manajemen dokumen masa depan. Berkemampuan dalam melaporkan statistik setiap keuntungan bisnis dari waktu ke waktu, ini tentunya dapat membantu perusahaan dan bisnis dalam melihat perkembangan usaha dan pencapaian target mereka. Menurut layanan edit file ini, klien melaporkan 50% lebih sedikit penggunaan dokumen, 30% tingkat penutupan lebih tinggi, dan nilai 15% lebih tinggi per tingkat tertutup berkat PandaDoc.
     

    Fitur-fitur aplikasi ini termasuk editor dokumen yang dilengkapi dengan templat bertema untuk pencitraan merek yang konsisten, pustaka konten dan gambar untuk menyimpan aset yang dapat digunakan kembali, kalkulator biaya dan margin, analitik dokumen untuk menunjukkan berapa lama orang menghabiskan waktu untuk setiap item, konfigurasi, harga dan penawaran (CPQ ) alat dan banyak lagi.

 

Baca Juga :      Aplikasi PDF Reader Gratis Paling Ringan untuk Windows, Mac OS, dan Linux

 

Kesimpulan dan Penutup

Biasanya sebelum dunia menerapkan banyak penggunaan digitalisasi dalam hampir semua sektor kehidupan terlebih lagi bisnis dan perusahaan, banyak file ditulis dan dibukukan. Tentunya cara ini tidak hanya merepotkan, tapi juga tidak praktis dan efisien. Belum lagi pengumpulan file model lama ini rentan dalam banyak hal mulai dari kehilangan hingga tidak dapat di edit bersama dengan leluasa.

Oleh karena itu, dengan adanya digitalisasi dalam sektor perusahaan, perkantoran, bisnis hingga personal, kumpulan file yang biasanya detail dan kompleks dapat disimpan atau dikumpulkan dalam satu wadah seperti aplikasi. Disini para pengguna pun dapat melakukan pengeditan file, menambah, mengurangi atau merancang file sesuai dengan yang mereka butuhkan. Maka dari itu aplikasi edit file menjadi sangat populer terlebih lagi para pengguna yang melakukan pengumpulan file dapat melakukannya secara online serta membagikannya kepada anggota tim juga secara online.

Related Post :