Cara Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri Saat Wawancara Kerja

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Bagi seorang pelamar kerja pastinya akan menjalani tahap wawancara kerja. Hal itu dilakukan oleh seorang Human Resource Development (HRD) kepada calon karyawannya. Wawancara ini dimaksudkan agar HRD tahu bagaimana karakter, potensi serta sikap dari calon karyawan. Penting untuk melakukan suatu wawancara kerja agar mendapatkan tenaga kerja atau karyawan yang tidak hanya memiliki kemampuan yang baik tetapi juga karakter dan kepribadian yang baik juga.

Pada saat tes wawancara sebuah perusahaan, tentu saja, ada banyak pertanyaan yang akan diajukan kepada Anda, salah satunya adalah pertanyaan mengenai kelebihan dan kekurangan yang Anda miliki. Pertanyaan kelebihan dan kekurangan saat interview pada dasarnya dibutuhkan oleh tim HRD sebuah perusahaan untuk mengukur kepribadian, cara kerja, pandangan, dan bagaimana cara berkomunikasi seorang kandidat dalam lingkungan kerja dan kepada atasannya kelak.

Tentunya Anda akan menjawab pertanyaan yang diajukan dengan tepat dan berharap dapat diterima pada perusahaan tersebut. Menjawab pertanyaan saat wawancara tidak boleh asal-asal an dan terkesan menjatuhkan diri Anda karena akan sangat berpengaruh terhadap penilaian dari HRD. Poin penting dari penilaian wawancara yaitu jawaban atas kekurangan dan kelebihan diri Anda. Berikut ini terdapat pembahasan bagaimana cara menjawab pertanyaan tentang kelebihan dan kekurangan.

 

 

Tips Menjawab Pertanyaan Kelebihan dan Kekurangan

Cara menjawab kelebihan dan kekurangan diri saat wawancara
 

Pertanyaan yang paling sering ditanyakan pada saat wawancara kerja adalah “Apa kelebihan Anda?” yang otomatis akan bertanya lagi tentang kekurangan Anda. Kebanyakan orang saat ditanya tentang kelebihan akan sangat antusias karena sudah dipersiapkan sejak awal. Namun sebaliknya ketika menjawab pertanyaan tentang kekurangan maka akan kebingungan dan akhirnya menjawab dengan asal. Padahal jawaban ini paling ditunggu sebagai bentuk keyakinan bahwa Anda manusia biasa dan mampu untuk memberikan perubahan. Agar tidak terjebak dengan pertanyaan seperti ini, ikuti empat tips jitu untuk menjawab kelemahan yang ada dalam diri Anda dengan tepat agar memiliki nilai yang berkualitas di hadapan HRD :

  • Mengutamakan kejujuran

    Kejujuran sangat penting ada dalam diri Anda termasuk saat menjawab pertanyaan interview “apa kelemahanmu?” . Anda harus memberikan jawaban yang percaya diri seperti saat Anda menyampaikan kelebihan. Karena semua orang tentu memiliki kelemahan hanya saja bagaimana mengatasinya. Serta apakah kelemahan Anda berpengaruh terhadap kualitas kinerja atau tidak. Jadi point utama buat konsep jawaban dengan sejujur-jujurnya.

  • Jangan rendah diri untuk mengungkapkan

    Tak sedikit kandidat yang memoles jawaban sedemikian rupa sehingga terdengar ganjil agar tetap terlihat bagus. Hal ini dikarenakan Anda tidak ingin terlihat memiliki pribadi yang buruk sebagai seorang manusia. Padahal mengungkapkan kelemahan tidak menjadikan Anda rendah diri. Buang jauh jauh pikiran negatif yang ada di benak Anda jika mengungkapkan hal-hal apa yang menjadi kelemahan sendiri.

  • Tidak tepat untuk berbalik menyalahkan orang lain

    Etika yang buruk saat menjawab pertanyaan interview mengenai “apa kelemahanmu?” yaitu pendapat Anda yang justru melibatkan orang lain untuk disalahkan. Misalkan Anda mudah marah karena orang lain yang sulit untuk diatur. Atau Anda tidak suka bersosialisasi karena orang di sekeliling tidak bisa diajak bekerjasama. Tentu ini adalah pemikiran yang sangat keliru. Karena bagaimanapun kelemahan Anda menjadi tanggung jawab Anda. Dimana harus bisa diubah agar dapat menyesuaikan dengan budaya kerja tempat Anda bekerja.

  • Berikan jawaban yang proporsional

    Anda harus memberikan jawaban dengan pernyataan yang proporsional. Maksudnya penyampaian Anda tidak terlalu singkat ataupun tidak terlalu panjang. Karena jika Anda memberikan pernyataan singkat maka pandangannya bahwa Anda bukanlah sosok yang kritis. Berbeda jika Anda memberikan pernyataan panjang menjadikan Anda terlalu berlebih-lebihan. Dan kedua hal ini tidak baik untuk dilakukan.

  • Tidak Mengarang Jawaban

    Anda juga perlu mengusahakan untuk tidak pernah mengarang jawaban, tetapi usahakan pula untuk tidak sok tahu. Pewawancara tidak mungkin bertanya mengenai beberapa hal yang begitu teknis mengenai perusahaan yang sedang Anda lamar tersebut.
    Jika nantinya pewawancara menanyakan hal yang begitu teknik mengenai perusahaan, bisa jadi pewawancara tersebut justru sedang mencari kekurangan Anda dengan pertanyaan tersebut. Yang perlu Anda ingat adalah jangan pernah sok tahu ataupun tidak tahu. Anda dapat mencoba menjawabnya dengan “mungkin terdapat hal yang saya kurang begitu tahu, jika diperkenankan, apakah boleh saya mengetahuinya?”

 

 

Baca Juga : Cara Membuat Pidato Perpisahan Sekolah dan Contohnya  

 

Contoh Kelebihan dan Kekurangan Diri

Cara menjawab kelebihan dan kekurangan diri saat wawancara
 

Ada baiknya sebelum memulai wawancara kerja adalah menyiapkan jawaban yang akan ditanyakan oleh HRD. Pastikan bahwa kelebihanmu yang Anda tulis adalah kelebihan yang dapat dipakai langsung di dunia kerja. Selain itu, pastikan juga bahwa kekurangan yang Anda tuliskan adalah kekurangan yang tidak membawa pengaruh signifikan terhadap performa Anda saat bekerja. Anda juga dapat menambahkan beberapa pengalaman yang pernah Anda alami sebelumnya ketika menjawab pertanyaan tentang kelebihan dan kekurangan diri sendiri.

 

  • Contoh Kelebihan

  1. Percaya Diri

    Kelebihan yang pertama yang bisa menjadi pilihan jawabanmu adalah percaya diri. Sampaikan jawaban ini dengan energi yang positif dan gestur yang baik. Pastikan bahwa Anda tidak merasa arogan dan berlebihan saat menjawab bahwa Anda memiliki sifat yang percaya diri. Cukup dengan memberi contoh seperti Anda selalu memiliki keyakinan pada diri sendiri atas hasil kerjamu dan saat mengambil keputusan.

  2. Kemampuan Komunikasi

    Kemampuan komunikasi juga merupakan aspek penting yang menjadi pertimbangan saat Anda mendaftar suatu pekerjaan. Dengan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, Anda akan lebih mudah menjalin hubungan kerja yang baik sehingga koordinasi juga akan berjalan dengan baik. Kelebihan ini sebenarnya bisa Anda tunjukkan melalui cara menjawab setiap pertanyaan saat sedang wawancara. Tunjukkan bahwa Anda tidak berbicara secara bertele-tele, lugas, dan mudah dimengerti oleh orang lain.

  3. Bekerja Dalam Tim

    Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda perlu menyebutkan bahwa Anda mudah jika diajak bekerja sama. Meskipun Anda suka bekerja sendiri, ketika Anda bekerja di kantor, Anda akan dihadapkan dengan berbagai macam pekerjaan yang mengharuskan bekerja dengan orang lain. Sehingga, banyak perekrut yang membutuhkan orang-orang dengan kemampuan kerja sama yang baik agar koordinasi bisa berjalan dengan baik. Anda bisa menjawabnya dengan pengalamanmu ketika sedang mengorganisir suatu acara di kampus bersama teman-temanmu.

  • Contoh Kekurangan

  1. Belum Banyak Pengalaman

    Kalau Anda adalah fresh graduate yang belum memiliki banyak pengalaman kerja, wajib hukumnya bagimu untuk memperlihatkan ketertarikan atas pekerjaan yang Anda lamar. Anda bisa menjabarkan tentang langkah-langkah yang sudah pernah Anda ambil untuk menunjang karirmu nanti. Misalnya Anda pernah mengikuti seminar tentang penulisan untuk menunjang karirmu sebagai content writer.

  2. Kurang Percaya Pada Orang Lain

    Jika Anda menjawab kekuranganmu adalah kesulitan mempercayai orang lain, pastikan Anda tidak menyampaikannya secara negatif. Sampaikan dengan tenang dan berhati-hati agar tidak menimbulkan kesan yang buruk. Anda bisa menyebutkan bahwa sifatmu tersebut hanya berlaku bagi orang-orang yang tidak Anda kenal. Anda juga bisa mengatakan bahwa sifatmu tersebut justru malah membuatmu lebih berhati-hati dalam mengambil langkah atau menentukan suatu keputusan.

  3. Tidak Dapat Membagi Pekerjaan Dengan Orang Lain

    Anda mungkin memang suka bekerja sendiri, tapi Anda juga butuh bantuan orang lain sebagai makhluk sosial. Anda mungkin akan terdengar sebagai orang yang hebat karena serba cekatan saat mengerjakan suatu pekerjaan sendirian. Tapi, Anda akan kesulitan jika Anda ingin naik pangkat menjadi manajer karena butuh kerja sama dari tim untuk melakukan suatu pekerjaan. Atasi kelemahan ini dengan menjawab bahwa saat ini Anda sedang berusaha untuk lebih mempercayai orang lain atau kesadaran bahwa Anda mendapatkan banyak manfaat jika membagi-bagi tugas.

 

Baca juga : Daftar Merek Laptop Terbaik dan Terbagus di tahun 2020  

 

Kesimpulan dan Penutup

Kunci utama dari wawancara kerja yaitu jujur dan terkesan tidak menjatuhkan kualitas diri Anda. Tunjukkan kelebihan Anda yang benar-benar sudah Anda kuasai serta yang paling penting tidak perlu melebih-lebihkan jawaban tentang kelebihan ini. Untuk menjawab kekurangan pun juga harus disertai kejujuran tetapi tunjukkan bahwa kekurangan Anda bukanlah penghalang dalam bekerja dan akan memperbaiki kekurangan tersebut dengan segera.

Selain jawaban yang cerdas juga harus disertai sikap yang baik seperti sopan, nada bicara yang tegas. Tidak lupa penampilan juga diutamakan karena terdapat perusahaan yang melakukan penilaian terhadap penampilan calon pekerjanya. Paling penting sebelum melakukan wawancara kerja adalah berdoa dan meminta doa restu dari orang tua.

Related Post :

popup image