Cara Posting Terjadwal di Instagram Dengan Mudah Tanpa Ribet

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Merancang dan menjadwalkan posting Instagram Anda terlebih dahulu adalah salah satu cara termudah untuk menghemat waktu di platform ini. Semakin kompleks upaya pemasaran Instagram Anda, semakin bermanfaat pula penggunaan alat penjadwalan. Itu karena konten yang konsisten dan berkualitas tinggi lebih mudah untuk direncanakan, dibuat, dan dibagikan ketika telah diotomatiskan.

Tentunya setiap orang memiliki strategi pemasaran Instagram yang kompleks pula seperti adanya pertimbangan tertentu dalam memilih alat penjadwalan Instagram untuk kebutuhan mereka. Baik jika Anda menggunakan profil bisnis atau creator, perlunya penjadwalan Story, video, IGTV hingga tingkat detail apa yang Anda butuhkan dari analitik Anda, akan berbeda pada tiap pengguna.

Mengingat kegunaan yang berbeda- beda tadi, begitu pula cara untuk membuat dan menjadwalkan sebuah konten Instagram. Karena tiap caranya akan berbeda tergantung akun pengguna Anda di Instagram. Berikut cara membuat jadwal posting di Instagram dengan cepat dan mudah.

 

Cara Posting Terjadwal di Instagram dengan Creator Studio

Cara Posting Terjadwal di Instagram Dengan Mudah Tanpa Ribet
 

Cara ini akan sesuai jika Anda memiliki bisnis atau profil creator di Instagram, Anda dapat menggunakan Creator Studio asli Facebook untuk membuat dan menjadwalkan posting Anda dari desktop komputer Anda. Untuk influencer dengan akun jenis creator, Creator Studio sebenarnya adalah satu-satunya tempat Anda dapat menjadwalkan posting Anda. Instagram merancang alat ini dengan mempertimbangkan influencer, yang berarti bahwa fitur gratis dan tanpa embel-embelnya difokuskan pada kemudahan penggunaan untuk profesional yang berorientasi pada pertumbuhan.

Di sisi lain, jika Anda adalah merek dengan akun bisnis atau hanya pengguna yang mencari cara menghemat waktu Anda saja, Anda dapat memilih antara Creator Studio dan sejumlah alat pihak ketiga dengan yang lebih canggih lainnya. Dibawah ini langkah-langkah berikut untuk menggunakan Creator Studio :

 

  • Tautkan akun Instagram Anda ke Creator Studio

    Buka Creator Studio dan ikuti petunjuknya atau Anda dapat menggunakan petunjuk Facebook untuk menautkan Instagram Anda ke Creator Studio. Perhatikan langkah-langkahnya akan berbeda jika akun Instagram Anda sudah ditautkan ke halaman Facebook atau belum.

  • Klik pada Create Posting

    Setelah Anda siap, klik ikon Instagram di bilah atas, lalu klik buat pos. Kemudian klik Instagram Feed. Disini Anda juga memiliki opsi untuk memposting ke IGTV.

  • Unggah foto visual Anda

    Sekarang setelah Anda membuat postingan, Anda dapat memilih foto untuk diupload sebagai postingan ke feed Anda. Anda dapat mengunggah banyak dan membuat kiriman carousel serta Anda juga dapat mengunggah video. Untuk melakukannya, klik tautan Add Content berwarna biru di kotak abu-abu, dan pilih file untuk diunggah.

  • Buat postingan Anda

    Kemudian tulis teks caption Anda, gunakan tagar yang tepat, tandai akun yang relevan dan tambahkan lokasi Anda jika Anda ingin. Selain juga dapat menggunakan emoji, Anda juga dapat mengandalkan Advanced Settings mematikan komentar atau beberapa teks alternatif untuk orang dengan gangguan penglihatan.

  • Jadwalkan postingan Anda

    Pada sudut kanan bawah, klik panah di samping tombol Publish biru, dan pilih Schedule. Anda juga dapat mengklik Publish Now atau Save as Draft. Karena Creator Studio tidak akan memberi Anda banyak panduan tentang waktu terbaik untuk memposting, sebaiknya periksa analisis Instagram Anda sendiri untuk mengetahui kapan audiens Anda online, atau membaca tentang waktu terbaik untuk memposting ke Instagram.

 

Baca Juga   :     Tips dan Trick Agar Instagram Tidak Mudah Di Hack atau Diretas

 

Cara Posting Terjadwal di Instagram untuk Business Profile

Jika Anda menggunakan akun business profile, maka Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menjadwalkan postingan Instagram Anda. Selain kemampuan untuk menjadwalkan posting terjadwal, keuntungan dari profil bisnis dibandingkan profil biasa termasuk analitik tingkat lanjut. Tidak hanya Instagram Insights, tetapi juga akses ke analitik pihak ketiga, yang memiliki kelebihannya sendiri serta kemampuan untuk menjalankan iklan, menambahkan link ke Stories Anda, dan sebagainya.

Namun sebelum memulai penjadwalan postingan Anda, maka sebaiknya Anda harus melakukan langkah dasar. Pertama, ubah akun Anda menjadi profil bisnis (business profile) lalu tambahkan profil bisnis Instagram Anda ke platform manajemen media sosial Anda. Adapun langkah- langkah selanjutnya untuk membuat jadwal posting bagi akun business profile yang bisa Anda coba dengan aplikasi Hootsuite.

Buat postingan Instagram Anda dengan cara  :

 

  • Buka dasbor Hootsuite Anda, klik ikon Create, lalu pilih Post
  • Pada kolom Post To, pilih akun Instagram pilihan Anda dari daftar
  • Sekarang lanjutkan dan unggah feed visual Anda atau pilih dari perpustakaan konten Anda. Anda juga dapat menulis teks yang mendorong engagement, menambahkan hashtag, menandai akun yang relevan, dan menambahkan lokasi Anda
  • Draf Anda akan muncul sebagai pratinjau di sebelah kanan
  • Jika Anda belum menyiapkan gambar untuk Instagram, lanjutkan dan klik Edit Image untuk memotong visual Anda ke rasio aspek yang diperlukan yaitu: 1,91: 1 atau 4: 5, menggunakan filter dll

 

sedangkan untuk menjadwalkan postingan Anda :

  • Selanjutnya adalah membuat jadwal postingan dengan mengklik tombol Schedule for Later (Jadwalkan untuk Nanti) pada kanan bawah lalu pilih waktu dan tanggal yang Anda inginkan untuk menayangkan pos Anda.
  • Tentukan waktu yang tepat untuk menjadwalkan postingan Anda. Tetap perhatikan bahwa algoritma Instagram akan memprioritaskan postingan terbaru dan akan menampilkannya.

 

Baca Juga  :    Cara Download Video Instagram (Feed dan Instastory) dengan Mudah dan Cepat

 

Daftar Aplikasi Penjadwal Instagram Gratis Terbaik

Meskipun ada banyak aplikasi yang dapat membantu Anda membuat jadwal postingan Anda, di bawah ini beberapa aplikasi penjadwal postingan gratis paling populer yang banyak digunakan :

 

  • Combin Scheduler
  • Semrush
  • Tailwind
  • Sked Social
  • Onlypult
  • Later
  • Buffer
  • Hootsuite
  • Sendible
  • SproutSocial
  • ScheduGram
  • ViralTag
  • Iconosquare
  • CoSchedule

 

Baca Juga  :     Cara Sukses Branding Melalui Social Media Instagram, Facebook dan TikTok

 

Manfaat Posting Instagram Terjadwal

Cara Posting Terjadwal di Instagram Dengan Mudah Tanpa Ribet
 

Merancang jadwal posting Instagram tentu mempunyai niat tersendiri seperti penghematan waktu. Berikut ini beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan jika membuat jadwal postingan Instagram :

 

  • Alih-alih menghabiskan waktu untuk memposting setiap hari, Anda akan dapat merencanakan penerbitan otomatis beberapa posting Instagram sehingga menghemat waktu Anda.
  • Aplikasi penjadwalan ini mempermudah penerbitan postingan Anda.
  • Alat penjadwalan Instagram ini akan memberikan foto Anda filter, palet warna, dan caption yang serupa dan karenanya akan membantu Anda membangun konsistensi di seluruh posting Anda.
  • Dengan bantuan penerbitan otomatis Instagram, Anda dapat memposting lebih sering dan dengan demikian mendorong keterlibatan.
  • Menjadwalkan posting Instagram akan membantu Anda membuat keseimbangan dengan posting Anda.

 

Baca Juga  :    Ukuran Gambar Postingan Instagram Feed, Story, Ads yang Umum Digunakan

 

Kesimpulan dan Penutup

Dengan semua alat yang tersedia untuk membuat dan mengunggah konten Instagram, Anda mungkin mendapatkan keuntungan menggunakan Creator Studio untuk memposting dapat diunduh, gratis dan mudah digunakan. Bahkan ada alat yang juga memiliki alat yang dirancang khusus untuk Instagram dan Facebook dan tidak bergantung pada akses API pihak ketiga yang dapat diubah atau dicabut kapan saja.

Creator Studio juga merupakan satu-satunya alat yang saat ini tersedia untuk menjadwalkan video IGTV. Jika Anda sering menjadi pembuat konten untuk IGTV, alat ini akan membantu Anda dengan strategi konten Anda. Namun jika Anda ingin mencoba aplikasi yang lain, Anda dapat mencoba aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Related Post :