Cara Membuat Barcode & QR Code dengan Mudah dan Cepat secara GRATIS

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Saat Anda berbelanja di swalayan, tentu sudah tidak asing lagi dengan keberadaan mesin scanner di meja kasir. Mesin tersebut digunakan untuk mendeteksi barcode barang yang ingin Anda beli sehingga akan tercatat dan terhubung langsung dengan komputer. Pertanyaannya, bagaiaman cara membuat Barcode dan cara membuat QR Code?

Perlu Anda ketahui bahwa QR Code sendiri sudah sering digunakan di Jepang. Mereka berpendapat bahwa QR Code mempunyai kemampuan yang jauh lebih canggih jika dibandingkan dengan Barcode. QR Code tersebut dianggap dapat menyimpan data yang lebih besar ketimbang Barcode sebagai penanda barang biasa.

Di Indonesia sendiri, sudah ada banyak produk yang memiliki Barcode maupun QR Code untuk menunjang keperluan bisnis hingga registrasi. Lalu tahukah Anda bahwa QR Code maupun Barcode tersebut dapat dibuat sendiri? Bagaimana cara membuatnya? Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara membuat Barcode dan cara membuat QR Code, ada baiknya untuk mengetahui juga apa itu Barcode dan QR Code lebih lanjut.

 

Apa Itu Barcode

Cara Membuat Barcode & QR Code dengan Mudah dan Cepat secara GRATIS
 

Barcode atau yang lebih sering disebut dengan kode batang merupakan data optik berbentuk garis maupun bar yang dapat dibaca oleh mesin. Kode-kode tersebut berguna untuk membedakan satu jenis produk dengan produk lain. Saat ini sendiri, kebanyakan swalayan sudah menjual produk yang memiliki Barcode.

Lantas, bagaimana cara membuat Barcode tersebut? Tentu saja ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk membuatnya. Apabila Anda ingin mengetahuinya, maka simak dahulu pembahasan mengenai penerus Barcode dulu ya. Simak apa itu QR Code pada penjelasan di bawah ini.

Baca Juga :     Daftar Payment Gateway Indonesia Terbaik dan Murah untuk Bisnis / Website

 

Apa itu QR Code

Sistem kode selain Barcode yang saat ini sudah sering digunakan adalah QR Code. QR Code merupakan kode yang terdiri dari kumpulan persegi yang menempel satu sama lainnya sampai membentuk persegi yang lebih besar. Apabila Barcode hanya terdiri dari satu dimensi saja, yakni garis fertikal dengan jarak tertentu, maka berbea dengan QR Code. Sistem kode yang memiliki kepanjangan Quick Response Code ini dapat dipindai atau discan dalam dua dimensi. Baik itu secara horizontal maupun secara vertikal.

Hingga saat ini, sudah banyak orang yang menggunakan QR Code untuk banyak hal. Baik itu transaksi keuangan sampai mengirim pesan tertentu. QR Code juga sudah banyak digunakan oleh berbagai jenis perusahaan seperti periklanan, retail, logistic, hingga industrial. Bahkan hanya dengan handphone saja kita sudah dapat memindai kode tersebut.

Dengan melakukan pemindaian tersebut, maka Anda sudah bisa melakukan berbagai hal. Seperti registrasi formulir secara online, melakukan pembayaran, menyimpan kontak, mengunduh file, hingga menyalin tulisan. Tak hanya itu, saat ini QR Code juga dapat menampung data dalam kapasitas yang lebih besar daripada Barcode. Jadi, apakah Anda ingin mempelajari cara membuat QR Code juga? Sebelumnya simak apa saja perbedaan Barcode dengan QR Code lebih lanjut di berikut ini.

Baca Juga :   Peluang Bisnis Frozen Food : Tips, Triks, dan Cara Berjualan

 

Perbedaan Barcode dengan QR Code

Bagi Anda yang ingin membuat sebuah kode untuk berbagai keperluan maka tentukan dahulu ingin membuat Barcode atau QR Code. Terdapat beberapa perbedaan antara kedua sistem kode tersebut. Beberapa perbedaannya antara lain :

 

  • Barcode hanya memiliki kode satu dimensi, sementara QR Code memiliki dua dimensi.
  • Barcode dapat Anda gunakan untuk menyimpan dan membaca data angka dan huruf. Sementara QR Code lebih dari itu, QR Code dapat membaca dan menyimpan banyak data. Mulai dari angka, huruf, kanji, dan sebagainya.
  • Barcode memiliki kapasitas yang terbatas, sementara QR Code memiliki kapasitas yang lebih banyak.
  • Barcode hanya dapat menampung data secara horizontal. Sedangkan QR Code bisa digunakan untuk menampung data baik secara vertikal maupun horizontal.

 

Baca Juga :     Apa itu Data Mining : Definisi, Fungsi, Metode dan Penerapannya

 

Cara Membuat Barcode atau QR Code dari Website dan Aplikasi

Cara Membuat Barcode & QR Code dengan Mudah dan Cepat secara GRATIS
 

 

Saat Anda ingin membuat Barcode ataupun QR Code maka, Anda perlu mengetahui dulu seperti apa cara membuat Barcode dan cara membuat QR Code dengan benar. Anda dapat menggunakan alat ataupun media yang memang dapat mengubah simbol yang dapat dibaca menjadi sebuah kode.

Di bawah ini merupakan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat Barcode ataupun QR Code melalui website ataupun aplikasi :

 

  • Cara membuat QR Code di website gratis

    a.) Anda dapat mengunjungi website berkut www(dot)qrcode.kaywa(dot)com/. Selanjutnya, Anda bisa memilih jenis kode yang ingin digunakan, seperti kupon, url, maupun contact. Selanjutnya, Anda bisa mengetikkan tulisan yang ingin dibuat kode.
     

    b.) Jika kode tidak ingin dibuat berubah-ubah, maka Anda dapat memilih static. Kode berhasil dibuat dan Anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan.
     

    c.) Opsi lain Anda bisa menggunakan situs dari QR Code Generator, yakni www(dot)qr-code-generator(dot)com. Kemudian Anda bisa memasukkan tautan yang ingin dibuat kodenya. Anda bahkan bisa menentukan warna dari QR Code yang ingin digunakan serta menyisipkan kode yang ingin dibuat.
     

    d.) Selanjutnya, Anda juga bisa memilih situs www(dot)qrcode-monkey(dot)com kemudian buat dengan format PDF, PNG, atau lainnya. Mulai dari resolusi rendah hingga tinggi, Anda bahkan bisa mendesain bentuk kode sesuai keinginan.
     

    e.) Terakhir, Anda juga bisa membuatnya melalui www(dot)qrstaff(dot)com. Di sana juga menawarkan fitur yang tidak kalah canggih dengan yang lain. Anda bisa membuat kode dengan cara yang sederhana dan ringan kemudian menyimpannya dengan berbagai jenis format.

  • Cara membuat Barcode dengan aplikasi dan website gratis

    a.) Anda bisa menggunakan aplikasi Barcode Architect, kemudian buat berbagai macam Barcode dengan cara yang mudah. Dalam membuatnya juga tidak ada watermark tertentu sehingga Anda bisa bebas menggunakannya.
     

    b.) Selain itu, Anda juga bisa memakai aplikasi Barcode Generator & Scanner. Anda bahkan bisa menggunakannya secara offline dengan mudah. Terlebih format kodenya juga tersedia cukup banyak.
     

    c.) Terdapat pula aplikasi Barcode Generator. Anda bisa menggunakannya dengan pemahaman yang mudah. Tersedia 11 macam format kode yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan.
     

    d.) Selanjutnya, Anda bisa menggunakan website berikut http://www(dot)barcode(dot)graphics/. Melalui website tersebut Anda bisa mengubah tulisan enjadi kode dan atur ukuran sesuai dengan keinginan.
     

    e.) Anda juga bisa membuat Barcode melalui website http://www(dot)barcode-generator(dot)org/. Dari website tersebut Anda juga dapat membuat QR Code sesuai dengan kebutuhan.

 

Baca Juga :     Cara Menjadi Beauty Blogger/Vlogger yang Baik dan Benar di Indonesia

 

Kesimpulan dan Penutup

Dari penjelasan diatas Anda dapat mengetahui cara membuat Barcode dan QR Code yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan gratis. Anda sendiri bebas memilih Barcode ataupun QR Code. Namun, alangkah lebih baiknya jika Anda menggunakannya untuk keperluan perdagangan maka pilih saja Barcode yang masih digunakan awan secara global.

Akan tetapi, Anda juga bisa menggunakan QR Code yang dapat menampung berbagai jenis data, bahkan alamat website. Sementara hal tersebut tidak dapat dilakukan oleh Barcode. Melalui cara membuat Barcode dan QR Code di atas, Anda tidak perlu lagi khawatir dan kerepotan dalam membuat berbagai keperluan kode. Apapun keperluan Anda yang berkaitan dengan kode, maka Anda bisa membuatnya sendiri dengan beberapa cara yang sudah dijelaskan di atas.

Related Post :

popup image