Cara Uji Kecepatan Blog / Website dan Cara Mempercepat Akses Blog

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Kecepatan dari website merupakan hal yang sangat penting untuk kepuasan pengunjung. Jika website memiliki kecepatan yang lambat maka pelanggan akan menilai website Anda memiliki kualitas yang buruk. Tentunya hal tersebut sangat merugikan website Anda apalagi website untuk bisnis seperti toko online. Pengunjung akan meninggalkan website Anda dan beralih mengunjungi website lain.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui kecepatan blog atau website. Saat ini sudah banyak alat dan cara untuk mendeteksinya. Hal tersebut tentunya membawa dampak positif kepada pemilik website. Masih banyak orang yang mengabaikan hal ini, namun dampaknya begitu besar terhadap website yang Anda miliki. Hasil pengecekan tersebut dapat Anda jadikan evaluasi untuk menilai apakah ada yang salah pada pengembangan website yang dilakukan.

Untuk Anda yang belum mengetahui cara uji kecepatan website sebaiknya lakukan hal yang akan dijelaskan di bawah ini agar tidak menjadi dampak buruk nantinya. Melakukan uji kecepatan website tidak akan menimbulkan kerugian untuk Anda, sebaliknya Anda akan mendapatkan keuntungan karena melakukan hal tersebut. Berikut ini terdapat cara uji kecepatan blog atau website dan cara meningkatkan kecepatannya.

 

Pengaruh Kecepatan Website

Cara Uji Kecepatan Blog / Website dan Cara Mempercepat Akses Blog
 

Bukan merupakan hal yang baru jika kecepatan website merupakan hal yang paling penting saat ini. Alasan mengenai hal tersebut adalah pengunjung website tidak akan mau menunggu lama agar website dapat bekerja. Bahkan dalam hitungan beberapa detik saja jika website tidak muncul maka pengunjung akan beralih mencari website lain. Hal ini juga mempengaruhi peringkat SEO website tersebut. Di bawah ini beberapa hal yang dapat terpengaruh dengan kecepatan website.

 

  • Kesan Pertama Pengunjung

    Jika kesan pertama sudah buruk, maka kesan tersebut akan menempel lama di benak pengunjung. Konsekuensinya, mereka tidak akan kembali dan bahkan bisa saja berbicara kepada orang lain mengenai pengalaman buruk yang dialami. Berbanding terbalik jika kecepatan web Anda cepat dan mudah diakses. Secara serta merta mereka akan terkesan dan bisa saja merekomendasikan website Anda.

  • Peringkat SEO Website

    Faktor yang paling mempengaruhi peringkat website adalah kualitas konten, relevansi, dan otoritas. Sebenarnya kecepatan website bukanlah pengaruh utama dari peringkat SEO sebuah website. Namun hal tersebut dapat menjadikan pengaruh yang buruk karena Google akan lebih memilih website yang memiliki kecepatan optimal untuk dinilai. Hasilnya adalah website yang memiliki kecepatan lambat akan berada pada peringkat bawah.

  • Pendapatan yang Diperoleh

    Pengunjung tidak akan mau menunggu website yang memiliki kecepatan lambat. Mereka akan cepat beralih ke website lain untuk membeli atau melihat produk yang ditawarkan. Nah hal tersebut tentunya sangat berpengaruh terhadap pendapatan yang Anda peroleh. Belum saja pengunjung melihat produk yang Anda tawarkan, mereka sudah beralih ke website lain.

  • Penilaian Publik

    Website yang lambat kerap dikaitkan dengan isu keamanan. Website Anda bisa mendapatkan penilaian atau prasangka sebagai website yang berbahaya dan tidak aman. Anda tidak boleh meremehkan opini pengunjung, apalagi jika opini tersebut berhasil menjadi opini publik yang menyebar dan berdampak pada persepsi orang terhadap website Anda secara umum. Dampaknya tidak main-main, kredibilitas website Anda bisa hancur.

Baca Juga  :   Pilih Blogspot atau WordPress. Berikut ini Perbedaannya!

 

Sesuatu yang terjadi pasti disebabkan oleh faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Tidak terkecuali dengan kecepatan website ini, terdapat beberapa faktor yang harus diketahui. Dengan mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan hal tersebut maka Anda dapat memperbaiki dan mengantisipasi agar hal tersebut tidak terjadi lagi. Beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan website adalah :

  • Server Hosting yang digunakan oleh website.
  • Koneksi internet yang digunakan.
  • Penggunaan file gambar/Image serta multimedia yang berukuran besar.
  • Penggunaan plugin atau add ons tambahan yang “Over” dan tidak sesuai dengan Spesifikasi (CPU & Ram) pada hosting yang digunakan sebuah website.
  • Source tema website yang digunakan.

 

Baca Juga :    Tips Menggunakan WordPress Hosting Gratis untuk Blog & Website

 

Cara Menguji Kecepatan Website

Cara menguji kecepatan website merupakan hal yang cukup mudah dilakukan. Dengan mengunjungi jasa uji kecepatan pada website yang tersedia dan lakukan cek kecepatan website di sana. Terdapat tools yang dapat Anda gunakan untuk mengecek kecepatan website yaitu Google PageSpeed Insights dan GTMetrix adalah 2 website yang masih menjadi website populer untuk pengujian kecepatan. Selain itu terdapat tools lain yang dapat Anda gunakan yaitu :

 

  1. GTMetrix

    GTMetrix memiliki tagline “Analyze your site’s speed and make it faster” , tools ini menyediakan fitur untuk mengukur kecepatan sebuah web dan juga menganalisa website anda. website ini menjabarkan secara detail parameter yang menjadi kunci penting kecepatan sebuah website sehingga kita dapat dengan mudah mengetahui parameter apa yang membuat website memuat dengan lambat. Kunjungi website dari GTmetrix di GTmetrix. GTmetrix juga memberikan tips dan solusi agar website memiliki kecepatan loading yang tinggi. Fitur yang dapat ditemukan di GTMetrix antara lain :

    • Track History with Graphs
    • Analyze on an actual Android device
    • Test from Multiple Regions
    • Playback Page Loads with Videos
    • Set up Monitored Alerts
    • Save Report Data
  2. Google Pagespeed

    Google pagespeed adalah tools buatan dari google yang berguna untuk mengukur kecepatan sebuah website, dengan google pagespeed kita dapat mengetahui skor kecepatan website versi desktop dan juga mobile. selain itu terdapat juga informasi tentang apa saja yang perlu ditingkatkan agar web memiliki loading yang cepat. kunjungi Google pagespeed.
    Berikut adalah langkah-langkah mengecek speed website di Google PageSpeed Insights.

    • Buka website Google PageSpeed Insights
    • Masukkan URL website pada kolom pengujian yang tertera di halaman tersebut.
    • Klik Analyze.
    • Tunggu hingga proses pengujian selesai.
    • Jika selesai, Anda akan mendapatkan laporan pengujian kecepatan.
  3. Web Site Optimization

    Hadir dengan sejumlah fitur, seperti web page, speed report, calculates total object sizes, global report, external files calculation, analysis & recommendations, serta loading time, memungkinkan Anda dapat mengetahui berapa loading time untuk membuka situs Anda, serta bagaimana caranya untuk meningkatkan performa. Anda dapat mengunjungi websitenya di websiteoptimization(dot)com.

  4. Pingdom

    Pingdom adalah salah satu website yang menyediakan fitur memindai kecepatan loading suatu website dengan parameter yang cukup lengkap dan juga salah satu website pengukur kecepatan loading website yang paling terpercaya. Saat ini layanan Speed Test dari Pingdom menyediakan 5 tempat di berbagai negara di dunia untuk test kecepatan sebuah website jika menggunakan layanan gratis dari mereka. Anda dapat mengunjunginya di Pingdom untuk langsung melakukan pengecekan. Fitur yang bisa ditemukan antara lain :

    • Trace riwayat performa sebuah website.
    • Test kecepatan akses dari berbagai lokasi di dunia.
    • Tips untuk meningkatkan kinerja sebuah website.
    • Memeriksa semua bagian dari suatu halaman website.

Baca Juga :   Kumpulan Blogger Indonesia yang Menginspirasi dan Terbaik

 

Cara Meningkatkan Kecepatan Website

Cara Uji Kecepatan Blog / Website dan Cara Mempercepat Akses Blog
 

Setelah menguji kecepatan dari website Anda tentunya untuk yang masih baru mengetahui hal ini akan kebingungan bagaimana meningkatkan kecepatan dari websitenya. Tentunya Anda tidak mau hal ini berlangsung lama karena akan menurunkan kualitas website dan trafik pengunjung yang turun. Hal tersebut dibuktikan dengan ulasan oleh Neil Patel. 53% dari visitor yang menggunakan smartphone meninggalkan website yang loadingnya di atas 3 detik.

Namun masalah yang terjadi saat ini banyak orang yang menggunakan smartphone untuk mencari suatu hal di internet. Oleh karena itu terdapat cara untuk meningkatkan kecepatan website di antaranya :

 

  1. Tes Kecepatan Website

    Hal tersebut telah dijelaskan pada diatas bagaimana cara mengecek kecepatan website dan tools yang dapat digunakan. Hanya tinggal melakukan langkah-langkah dengan benar maka Anda dapat mengetahui seberapa cepat website Anda. Teliti dengan benar hasil dari uji kecepatan tersebut agar Anda tidak salah mengambil keputusan.

  2. Pemilihan Hosting

    Hosting yang berkualitas memiliki server dengan setting optimal. Seringkali hanya dengan pindah ke hosting yang lebih bagus saja, loading website Anda bisa lebih cepat 1-4 detik. Hal yang perlu diingat adalah kebutuhan hosting anda akan meningkat seiring dengan banyaknya visitor yang datang. Semakin banyak visitor, semakin banyak resource yang diperlukan. Jika website Anda sudah mulai banyak dikunjungi dan mulai terasa lambat, ada baiknya dicoba juga untuk upgrade paket hosting Anda.

  3. Optimasi Image

    Seringkali dijumpai pemilik blog atau website menggunakan gambar berukuran besar yang memberatkan loading pada website. Disarankan jangan menggunakan gambar berukuran lebih dari 1 mb. Untuk dimensi gambar sebuah artikel menggunakan 600-800 pixel saja. Jika memang ukurannya terlalu besar dapat disisipkan link untuk membukanya.

  4. Gunakan Plugin Seperlunya

    Jangan menggunakan banyak plugin yang dapat memberatkan kinerja dari website Anda. Gunakan plugin seperlunya tetapi sangat perlu digunakan dalam sebuat website. Contoh plugin yang dapat diterapkan pada website Anda :

    • Plugin SEO. Bisa gunakan Yoast, All In One SEO, SEO Framework, atau Rank Math.
    • Plugin keamanan dasar seperti plugin Loginizer, wordfence, atau sejenisnya.
    • Plugin tambahan lain yang bisa Anda instal berdasarkan fungsinya yang benar-benar diperlukan atau menunjang website atau blog Anda saja.

 

Hapus plugin yang dirasa kurang diperlukan dan dapat memperlambat kinerja website Anda. Namun perhatikan juga, jika plugin tersebut berguna sesuai fungsi maka masih bisa tetap digunakan.

Baca Juga :    Kumpulan Blogger Perempuan Indonesia yang Menginspirasi & Terbaik

 

Kesimpulan dan Penutup

Dari ulasan diatas Anda dapat memanfaatkan beberapa tools untuk melakukan pengujian kecepatan website. Seringkali jarang terpikirkan mengapa website sering mengalami penurunan trafik pengunjung yang sebenarnya disebabkan oleh kecepatan website itu sendiri. Pengunjung rata-rata tidak akan mau menunggu lama, bahkan jika lebih dari 3 detik saja pengunjung dapat beralih pada website lain.

Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkan hal tersebut karena sudah terdapat cara-cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kecepatan website. Lakukan perbaikan dengan segera jika Anda menginginkan trafik pengunjung dan peringkat dari website Anda naik. Pengujian kecepatan ini dapat Anda lakukan minimal sebulan sekali agar tidak menimbulkan dampak yang buruk pada website Anda.

Related Post :

popup image