Daftar Negara Dengan Internet Tercepat di Dunia

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Di dunia modern saat ini, hampir semua orang di belahan bumi manapun pasti menggunakan internet lebih dari sebelumnya. Banyak orang dengan latar belakang berbeda menggunakan internet untuk mencari melakukan kegiatan belajar, mengobrol atau menonton video. Bahkan kita juga dapat melakukan hal yang sama dan lebih banyak lagi seperti membayar tagihan, bekerja dari jarak jauh, atau bahkan bertemu teman baru, berbisnis dan berjualan secara online

Internet saat ini lebih cepat dari sebelumnya, berkat teknologi baru yang tentunya memungkinkan kita untuk menonton acara TV dan film di ponsel kita, mengunduh file besar, berkolaborasi dengan rekan satu tim, atau membuka banyak tab untuk melakukan banyak tugas. Di negara-negara maju, sudah tidak ada lagi penggunaan modem dial-up, di-boot setiap kali hanya karena anggota keluarga mengangkat telepon, atau berurusan dengan unduhan yang memakan waktu berjam-jam hingga atau berhari-hari.

Jika Anda berinvestasi pada internet tercepat di lingkungan Anda, Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa negara lain di seluruh dunia memiliki kecepatan yang lebih cepat. Meskipun Anda membayar harga premium untuk layanan tingkat atas, beberapa kecepatan internet tercepat di dunia bahkan mungkin tidak tersedia di negara Anda. Berikut ini beberapa negara di dunia yang terkenal dengan kecepatan internet mereka.

 

Alasan Membutuhkan Internet Cepat di Luar Negeri

Daftar Negara Dengan Internet Tercepat di Dunia
 

Kecepatan internet menjadi masalah yang lebih signifikan ketika Anda membutuhkannya untuk dapat melakukan pekerjaan Anda. Apakah Anda seorang digital nomad, bepergian untuk bekerja atau sekadar bekerja dari rumah, koneksi yang baik dapat meningkatkan produktivitas dan menjadikan Anda pemain tim yang andal. Di sisi lain, internet yang lambat dapat menyebabkan miskomunikasi dan menyebabkan stres. Alasan Anda mungkin membutuhkan internet cepat di luar negeri meliputi:

  • Menyerahkan tugas sekolah saat belajar di luar negeri
  • Berhubungan dengan akomodasi Anda seperti menyewa tempat penginapan saat bepergian
  • Mendownload tiket penerbangan Anda
  • Tetap berhubungan dengan keluarga atau teman
  • Bekerja di luar negeri sebagai digital nomad
  • Menghadiri konferensi di luar negeri
  • Bepergian untuk bisnis

 

Baca Juga  :    Tips Cara Mendapatkan Paket Internet Unlimited Provider Telkomsel, Indosat, XL, dll

 

Pertimbangan Internet Saat Di Luar Negeri

Selain kecepatan internet, ada pertimbangan lain saat Anda berencana bekerja di luar negeri. Ini termasuk pengawasan, ketidaksetaraan akses jaringan, pembatasan kebebasan berbicara, pembatasan media sosial dan jika ada larangan VPN seperti pertimbangan dibawah ini :

 

  • Pengawasan

    Ini mengacu pada negara-negara yang mengizinkan pengawasan penelusuran dan komunikasi online. Banyak pemerintah memiliki kemampuan untuk memantau aktivitas online Anda yang mana akan menjadi penting untuk diperhatikan jika Anda bekerja dari negara lain.

  • Ketimpangan Akses Jaringan

    Kebalikan dari netralitas internet, di mana penyedia layanan Internet harus mengizinkan akses ke semua konten dan aplikasi, apa pun sumbernya. Ketidaksetaraan akses jaringan berarti negara-negara ini dapat mendukung atau memblokir produk atau situs web. Saat Anda bekerja atau mengunjungi negara lain, akan sangat membantu untuk mengetahui apakah hasil pencarian Anda miring.

  • Kebebasan berbicara

    Kebebasan berbicara mengacu pada hak untuk mengungkapkan pendapat Anda tanpa sensor, pengekangan atau hukuman. Jika Anda berada dalam profesi yang melibatkan menulis atau menyampaikan pendapat, seperti jurnalis, penting untuk mengetahui bagaimana undang-undang ini berbeda di negara lain.

  • Pembatasan Media Sosial

    Banyak aplikasi dan situs media sosial diblokir di berbagai negara. Jika Anda seorang influencer atau spesialis media sosial yang berencana bepergian ke negara lain, mengetahui batasan ini akan memungkinkan Anda untuk merencanakannya saat bekerja di luar negeri.

  • Larangan VPN

    Jaringan pribadi virtual atau VPN memungkinkan Anda mengubah alamat IP dan merutekan ulang lalu lintas melalui jaringan negara yang berbeda. Jika suatu negara memiliki salah satu batasan di atas, Anda mungkin bisa mengatasinya menggunakan VPN. Namun, beberapa pemerintah di negara mungkin telah menyadari hal ini dan sekarang melarang VPN.

 

Baca Juga  :    Mengenal Apa Itu Internet Clean Pipe Technology : Fungsi dan Manfaatnya Dalam Perlindungan Online

 

Daftar Negara Dengan Internet Tercepat di Dunia

Daftar Negara Dengan Internet Tercepat di Dunia
 

Mengikuti daftar negara dengan internet tercepat tentunya akan beragam dari waktu ke waktu. Ini terjadi karena adanya peningkatan atau bahkan hingga penurunan kecepatan internet di masing- masing negara. Tetapi berikut ini beberapa negara yang memang telah dikenal dengan jaringan koneksi internet mereka yang cepat, seperti :

 

  • Taiwan

    Taiwan adalah negara dengan rata-rata Internet tercepat. 23.773.876 penduduknya dapat menikmati kecepatan unduh rata-rata 85,02 Mbps dan film 5GB dapat diunduh dalam 8 menit 2 detik. Meskipun negara ini memudahkan akses Internet, mereka berpartisipasi dalam pengawasan web dan membatasi ucapan berpendapat.

  • Singapura

    Singapura memiliki Internet tercepat kedua dengan kecepatan unduh rata-rata 70,86 Mbps dan kecepatan unduh film 9 menit dan 38 detik untuk 5G. Mirip dengan Taiwan, Singapura juga memiliki pengawasan web dan membatasi berpendapat bebas.

  • Swedia

    Negara Skandinavia Swedia menempati peringkat ketiga untuk kecepatan internet. Tidak hanya mereka memiliki kecepatan unduh rata-rata 55,18 Mbps dan kecepatan unduh film 12 menit dan 22 detik, tetapi mereka tidak memiliki batasan pada akses Internet. Swedia tidak memiliki pengawasan web, tidak ada batasan pada bebas berpendapat, memiliki netralitas internet dan tidak ada batasan pada media sosial. Jika Anda berencana untuk bekerja di sini, seharusnya tidak ada masalah Internet yang menghalangi Anda.

  • Denmark

    Bertetangga dengan Swedia, Denmark memiliki Internet tercepat keempat. Warganegara ini dapat menikmati kecepatan rata-rata 49,19 Mbps dan mampu mengunduh film 5 GB dalam 13 menit dan 53 detik. Namun, tidak seperti Swedia, mereka memiliki pengawasan web di Denmark.

  • Jepang

    Menempati daftar kelima dalam daftar adalah Jepang. Jepang memiliki kecepatan Internet rata-rata 42,77 Mbps. Waktu rata-rata untuk mengunduh film 5GB adalah 15 menit 58 detik. Ini sedikit di atas 2 menit lebih lambat dari Denmark, tetapi masih jauh di atas rata-rata dari semua negara yang dianalisis. Jepang memang memiliki pengawasan web serta pembatasan ucapan untuk bebas berpendapat.

  • Luksemburg

    Luxemburg, yang dikenal sebagai pusat manajemen investasi yang kuat di Eropa, terus mengikuti kemajuan teknologi. Mereka memiliki Internet tercepat ke-6, dengan kecepatan 41,69 Mbps. Waktu rata-rata untuk mengunduh film 5GB di Luksemburg adalah 16 menit dan 23 detik. Meskipun warga negara memiliki netralitas internet dan tidak ada batasan pada ucapan berpendapat atau media sosial, meski mereka memiliki pengawasan web.

  • Belanda

    Walaupun termasuk negara kecil, Belanda memiliki sambungan Internet yang kuat. Mereka memiliki kecepatan unduh rata-rata 40,21 Mbps dan hanya membutuhkan 16 menit dan 59 detik untuk mengunduh film 5GB. Mirip dengan Luksemburg, Belanda juga memiliki pengawasan web.

  • Swiss

    Dikenal sebagai negara yang damai, Swiss tidak memiliki batasan apa pun pada internetnya. Penduduk negara ini dapat menikmati kecepatan rata-rata 38,85 Mbps. Dibutuhkan sekitar 17 menit dan 34 detik untuk mengunduh film 5GB. Jika Anda ingin mencari pengalam di negara Pegunungan Alpen ini, Anda dapat mencoba bekerja di luar negeri di Swiss.

  • Norway

    Negara Skandinavia lainnya, Norwegia memiliki Internet tercepat kesembilan. Ketika Anda sedang beristirahat dari mengunjungi Fjord, Anda dapat mengunduh petunjuk panduan perjalanan Anda dengan kecepatan 38,85 Mbps. Unduh film 5GB di penghujung hari sibuk Anda dalam 17 menit dan 34 detik.

  • Spanyol

    Jika Anda berkunjung ke Spanyol, Anda dapat tenang mengetahui bahwa mereka memiliki kecepatan internet tercepat kesepuluh pada 36,06 Mbps. Kebutuhan yang hendak diunduh bisa dilakukan dalam waktu singkat, dengan video 5GB hanya membutuhkan waktu 18 menit dan 56 detik untuk diunduh. Meskipun Spanyol memiliki netralitas bersih dan tidak membatasi penggunaan media sosial, mereka memiliki pengawasan web dan pembatasan ucapan berpendapat.

 

Baca Juga  :     Apa itu ISP (Internet Service Provider) : Layanan, Fungsi, dan Tujuannya

 

Kesimpulan dan Penutup

Penting untuk diingat bahwa daftar diatas tersebut hanya menginformasikan kecepatan internet rata-rata di setiap negara, yang berarti bahwa beberapa negara bahkan memiliki kecepatan internet yang lebih cepat dari tahun ke tahun. Bahkan beberapa negara sedang meluncurkan kecepatan koneksi hingga 1.000 Mbps, yang 10 kali lebih cepat daripada kecepatan rata-rata Taiwan. Jadi diharapkan daftar negara dengan internet tercepat di dunia akan mendapatkan peningkatan dalam waktu dekat dan kita bahkan mungkin melihat kecepatan rata-rata beberapa ratus MB / s.

Kecepatan hingga 500 Mbps menjadi lebih umum di negara-negara paling maju di dunia, tetapi seringkali mahal dan sebagian besar konsumen tidak memerlukan koneksi internet berkecepatan tinggi, jadi mereka memilih alternatif yang lebih murah. Saat kita melangkah lebih jauh ke era digital, harga internet juga kemungkinan akan lebih rendah dan rata-rata kecepatan internet global kemungkinan akan meningkat setiap tahun, bahkan lebih cepat lagi seiring dengan berkembangnya teknologi baru.

Related Post :

popup image