Ide Bisnis yang Paling Menjanjikan dan Menguntungkan di Tahun 2021

Business, Tips & Tricks / 0 | | 0

Pandemi COVID-19 menghadirkan banyak tantangan tersendiri dalam menjaga, menjalankan dan membangun bisnis. Mulai dari menemukan pendanaan bisnis skala kecil, penutupan bisnis jangka pendek, karantina, dan pemakaian masker sebagai cara perlindungan hingga penurunan tajam dalam lalu lintas ekonomi, pariwisata dan banyak lagi.

Jadi tidak diragukan lagi banyak pengusaha yang menyerah tahun ini yang membuat sektor ekonomi nasional maupun global hancur. Terlepas dari semua ini, data menunjukkan bahwa 2021 akan menjadi waktu yang tepat untuk terjun ke bisnis yang bisa dimulai dari langkah kecil. Jika Anda mempertimbangkan untuk memulai bisnis kecil pada tahun 2021, ada beberapa tren yang perlu dipertimbangkan sebelum membuat rencana bisnis Anda.

Seperti tren bekerja dari jarak jauh akan berlanjut lama setelah pandemi selesai. Ini tentunya menghemat banyak hal semisal penjualan toko konvensional bisa menutup toko mereka dan menjualnya secara online. Mengingat digitalisasi dan banyaknya hal berpindah secara online, akan sangat menghemat bagi mereka yang mempunyai bisnis. Berikut ini beberapa ide bisnis menjanjikan dan menguntungkan yang bisa Anda coba di tahun 2021.

 

Ide Bisnis yang Paling Menjanjikan dan Menguntungkan

Ide Bisnis yang Paling Menjanjikan dan Menguntungkan di Tahun 2021
 

Apakah Anda siap untuk memulai bisnis? Apakah Anda sudah menemukan jenis bisnis yang sesuai dengan budget dan kemampuan Anda? Dibawah ini beberapa ide dan peluang bisnis yang cukup menjanjikan dan menguntungkan yang bisa Anda terapkan di tahun 2021.

 

  • Data Analyst

    Dengan munculnya big data semakin banyak perusahaan yang perlu memahami tumpukan informasi untuk menyesuaikan strategi bisnis mereka secara keseluruhan. Seorang analis data adalah seseorang yang memiliki keahlian teknis untuk melakukan ini, seringkali memiliki latar belakang di bidang ekonomi, matematika, atau keuangan. Analis data yang bekerja untuk perusahaan besar dan internasional dapat menghasilkan pemasukan yang cukup tinggi karena bidang ini sangat dibutuhkan.

  • Ahli SEO

    Pengoptimalan Search Engine Optimization (SEO) adalah kebutuhan mutlak bagi semua orang yang ingin relevan di web dan dunia maya. Seorang ahli SEO yang cakap dapat mengubah bisnis yang sekarat menjadi operasi yang makmur dalam hitungan bulan. Tidak heran jika para profesional SEO terbaik dapat memperoleh penghasilan sebanyak pengembang perangkat lunak berpengalaman.

  • Konsultan Media Sosial

    Bisnis ini sangat ideal untuk seseorang yang tahu bagaimana menggunakan media sosial untuk mencapai tujuan bisnis. Anda dapat berspesialisasi (misalnya dalam menjalankan iklan Facebook) atau Anda dapat menjadi seorang generalis yang dapat menavigasi LinkedIn, cerita Snapchat, Twitter, dan lainnya mengingat alat- alat media sosial mempermudah pekerjaan ini. Sementara beberapa konsultan media sosial dapat menghasilkan banyak uang, sebagian besar hanya dapat memperoleh gaji rata-rata tergantung dimana Anda mendapatkan job ini.

  • Penulis Konten (Content Writer)

    Bisnis dari semua ukuran merangkul pemasaran konten sebagai cara utama mereka untuk menarik pelanggan dan membangun posisi mereka sebagai pemimpin pasar. Seorang penulis konten harus dapat dengan cepat mencerna topik kompleks dan mengubahnya menjadi posting menarik yang dioptimalkan dengan baik untuk mesin pencari. Karena itu, ini adalah ide bisnis bagus untuk orang yang mengetahui bagaimana trend online dari waktu ke waktu serta dapat menuangkannya dalam bentuk tulisan.

  • Blogging

    Blogging masih hidup dan berkembang dari tahun- tahun awal kemunculannya hingga saat ini. Sedangkan untuk memulai blogging sangatlah mudah serta gratis dengan menggunakan platform seperti Blogger atau WordPress. Hanya saja Anda harus mencurahkan segala kemampuan Anda untuk menarik minat pembaca dan pengunjung, selain memang adanya persaingan. Ada lebih dari satu miliar situs web dan blog, dan lebih dari 200 juta diantaranya adalah aktif. Pengetahuan yang baik tentang SEO sangat penting, seperti halnya pengetahuan membuat konten yang sangat baik. Blogger top bisa mendapatkan pemasukan tinggi meski hanya bekerja sekitar 20 jam setiap minggu.
     

    Baca Juga  :    Daftar Template Website Bisnis Online & SEO Friendly Terbaik di Tahun 2021

  • Menjual Produk Handmade atau Craft

    Jika Anda adalah orang yang kreatif dan suka menciptakan sesuatu dengan tangan Anda, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk menjual karya- karya Anda di pasar online seperti Etsy. Platform ini memang diciptakan untuk mewadahi mereka yang mempunyai bakat seni dan craft tangan yang bisa Anda jelajahi baik untuk menjual karya Anda atau membeli karya dari orang lain.

  • Videographer Drone

    Jika Anda suka mengemudikan drone, mungkin Anda harus mempertimbangkan untuk bekerja sebagai videografer drone. Anda bisa pergi ke tempat-tempat menarik, bertemu orang-orang dari berbagai latar belakang serta mengembangkan portofolio yang bisa memberi peluang yang lebih besar lagi. Drone profesional sangat mahal, tetapi Anda dapat memulai dari yang kecil dengan drone berukuran sedang dan kamera GoPro dan melanjutkan karya Anda dari sana.

  • Bisnis Katering

    Saat ini, memulai bisnis katering adalah tentang menemukan ceruk atau kesempatan yang tepat. Anda dapat mengkhususkan diri pada semua jenis makanan yang Anda suka, semua jenis klien, dan semua jenis tempat maupun semua jenis acara. Selain itu Anda juga dapat menentukan paket makanan maupun hari serta waktu bekerja Anda secara mandiri.

  • Pengembang Aplikasi Seluler

    Aplikasi seluler lebih populer dari sebelumnya karena semua orang bergantung pada aplikasi serta bersedia membayar mahal untuk dapat membantu mengelola hidup mereka dari ponsel cerdas mereka. Jika Anda memiliki ide bagus dan tahu cara membuat kode atau belajar membuat kode, Anda dapat menjalankannya dan membuat aplikasi sendiri. Apabila Anda hanya punya ide, ada banyak pengembang perangkat lunak yang ingin berkolaborasi dengan orang-orang dalam pembuatan aplikasi.

  • Web Developer

    Selama akan ada web, akan ada kebutuhan pengembang web. Pengembangan web modern membutuhkan lebih dari sekedar menguasai HTML dengan CSS dan mungkin juga harus mempelajari PHP atau JavaScript. Setiap pengembang web yang ingin bersaing harus terbiasa dengan berbagai kerangka kerja, teknologi pendukung, dan tren. Mengambil kursus online berbiaya rendah adalah tempat yang baik untuk memulai bisnis ini jika Anda tertarik mencobanya.

 

Baca Juga   :     Tips Mengelola Bisnis bagi UKM dan Startup di Masa Pandemi (Covid-19)

 

Tips Menjalankan Usaha dan Bisnis

Ide Bisnis yang Paling Menjanjikan dan Menguntungkan di Tahun 2021
 

Hampir sama dengan semua jenis bisnis lainnya, setiap usaha dan bisnis yang dilakukan hendaknya dilakukan dengan sepenuh hati, dedikasi, disiplin serta pertimbangan yang matang. Tetapi tidak dapat dipungkiri, trend saat ini semakin maju yang membuat bisnis dan usaha juga turut harus mengikutinya. Beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan adalah :

 

  • Memanfaatkan media sosial

    Saat ini siapa saja menggunakan media sosial baik untuk berhubungan, berkomunikasi maupun mempromosikan sesuatu. Bahkan brand besar sekalipun juga mempunyai akun media sosial mereka sendiri untuk dapat terhubung dengan konsumen mereka. Jadi manfaatkan cara ini untuk juga memberitahu khalayak umum mengenai usaha Anda.

  • Mempergunakan Jasa Influencer

    Orang- orang biasanya cenderung membeli sesuatu ketika mereka melihat yang orang yang relate dengan mereka juga mempergunakan produk yang sama. Inilah yang membuat adanya istilah influencer yang mana mereka akan membantu brand dengan mempromosikan produk dari brand tersebut dengan pendekatan yang lebih akrab tidak seperti iklan konvensional di televisi. Mungkin Anda dapat mempertimbangka cara ini untuk membuat produk Anda lebih dikenal dengan cara pendekatan yang akrab.

 

Baca Juga  :     Cara Membuat Bisnis Plan (Business Plan) yang Baik dan Benar untuk Bisnis dan UMKM

 

Kesimpulan dan Penutup

Biaya mendirikan bisnis baru tidak pernah semudah ini, apalagi untuk bisnis berbasis online. Teknologi telah membuat memulai bisnis Anda sendiri mudah, terjangkau, dan memungkinkan yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis online adalah telepon, komputer, dan koneksi internet. Dengan kebangkitan ekonomi digital dan ekonomi individu, semakin banyak orang yang ingin memulai bisnis dan menjadi bos bagi diri mereka sendiri.

Sebuah survei menunjukkan bahwa lebih dari 63% dari 20-an ingin memulai bisnis mereka sendiri untuk pertama kalinya. Sedangkan yang Anda butuhkan hanyalah ide bisnis yang tepat untuk menjadi besar. Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi bahkan hobi dapat berubah menjadi ide bisnis kecil terbaik dengan sedikit pemasaran online. Oleh karena itu carilah bisnis yang sesuai minat dan kemampuan Anda.

Related Post :