iPhone 12 : Spesifikasi, Fitur, Keunggulan dan Harganya di Indonesia

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Pada 13 Oktober 2020 kemarin Apple memperkenalkan iPhone andalan terbaru mereka yakni iPhone 12 dan iPhone 12 mini, yang menawarkan fitur-fitur canggih dengan harga yang terjangkau. Dijual bersama dengan iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max yang lebih mahal, iPhone 12 dan 12 mini ideal untuk siapa saja yang tidak membutuhkan fitur kamera Pro.

iPhone 12 6,1 inci adalah penerus iPhone 11, sedangkan iPhone 12 5,4 inci adalah ukuran yang sepenuhnya baru dan menandai iPhone terkecil yang diperkenalkan Apple sejak iPhone SE 2016. Selain ukuran layar dan ukuran baterai, kedua ponsel secara teknis identik. Dengan ukurannya yang kecil, iPhone 12 mini akan ideal bagi mereka yang lebih menyukai iPhone yang bisa digunakan dengan satu tangan.

Semua model iPhone tahun ini menampilkan layar Super Retina XDR OLED untuk pertama kalinya, dengan desain edge-to-edge dengan pengecualian identifikasi ID Wajah dan bezel kecil di tepinya. Selebihnya tidak ada perbedaan dalam kualitas tampilan antara model iPhone 12 standar dan model Pro. Disinlah para pengemar dan pemakai setia Apple harus bijak menentukan seri mana yang ingin mereka beli mengingat perbedaan yang tidak terlalu jauh.

 

Spesifikasi iPhone 12

iPhone 12 : Spesifikasi, Fitur, Keunggulan dan Harganya di Indonesia
 

iPhone 12 mini 5,4 inci memiliki resolusi 2430 x 1080 dengan 476 piksel per inchi dan iPhone 12 6,1 inchi memiliki resolusi 2532 x 1170 dengan 460 piksel per inchi. Layar HP ini menawarkan dukungan HDR dengan kecerahan puncak 1200 nit, Warna Lebar untuk warna yang hidup dan nyata, Haptic Touch untuk umpan balik, dan True Tone untuk menyesuaikan suhu warna layar dengan pencahayaan sekitar untuk pengalaman menonton yang lebih alami.

Apple merombak desain jajaran iPhone 12 tahun ini, memperkenalkan tepi datar (flat edges) yang merupakan penyimpangan dari tepi bulat model sebelumnya dan memiliki desain yang serupa dengan iPad Pro. Bagian depan iPhone dilindungi oleh penutup Ceramic Shield baru yang menggantikan kaca penutup standar. Apple mengatakan Ceramic Shield tersebut diresapi dengan kristal nano-keramik dan menawarkan kinerja jatuh 4x lebih baik.

Bagian belakang iPhone juga dibuat dari kaca, dengan dua bagian perangkat mengapit penutup aluminium sekelas kualitas yang dipakai oleh standarisasi dari aerospace-grade. Pilihan warna iPhone 12 ini hadir dalam lima warna biru, hijau, hitam, putih, dan merah. Seperti model iPhone 12 Pro, model iPhone 12 menawarkan tahan air dan debu IP68 dan dapat bertahan hingga terendam dalam air 6 meter hingga 30 menit.

 

Baca Juga :    IPhone SE (2020) : Spesifkasi, Keunggulan, dan Harga di Indonesia

 

Fitur dan Keunggulan iPhone 12

Perusahaan yang didirikan oleh mendiang Steve Jobs ini selalu datang dengan berbagai tawaran inovasi seperti kamera, storage dan lain- lain. Simak fitur- fitur yang sedang di highlight oleh banyak penggemar iPhone berikut ini.

 

Konektivitas

Semua model iPhone 12 dalam jajaran tahun ini mendukung konektivitas 5G untuk dapat mengunduh dan mengunggah lebih cepat, streaming video berkualitas lebih baik, permainan yang lebih baik, dan panggilan FaceTime 1080p definisi tinggi. Cakupan 5G tersedia di seluruh dunia, tetapi hanya perangkat iPhone 12 yang dijual di Amerika Serikat yang mendukung mmWave 5G, yang merupakan teknologi 5G tercepat yang tersedia.

Model iPhone 12 yang dijual di negara lain terbatas pada konektivitas 5G Sub-6GHz yang lebih lambat tetapi lebih banyak tersedia. Di A.S., kecepatan 5G bisa setinggi 4Gbps, bahkan di daerah berpenduduk padat. Gigabit LTE didukung saat 5G tidak tersedia, dan untuk menghemat masa pakai baterai saat menggunakan 5G, Mode Data Cerdas kembali ke koneksi LTE saat kecepatan 5G tidak diperlukan. Selain itu iPhone 12 dan 12 mini mendukung WiFi 6 dan Bluetooth 5.0, plus pihak Apple juga menyertakan chip U1 Ultra Wideband untuk spatial awareness dan interaktivitas dengan perangkat lain yang menyertakan fitur U1 seperti HomePod mini.

 

Baca Juga :    Rekomendasi Smartphone atau HP Gaming Terbaik di tahun 2020

 

Chipset

Ada chip A14 baru di dalam model iPhone 12 dan ini adalah chip pertama dalam industri ponsel cerdas yang dibangun di atas proses 5 nanometer untuk peningkatan kinerja dan efisiensi. Apple mengatakan bahwa CPU 6-core dan GPU 4-core di A14 50 persen lebih cepat daripada chip smartphone pesaing tercepat. Chip A14 mencakup Neural Engine 16 inti yang menawarkan peningkatan kinerja sebesar 80 persen untuk tugas pembelajaran mesin.

Secara umum iPhone 12 dan 12 mini mirip dengan model Pro dalam banyak hal, tetapi kamera adalah faktor pembeda utama. Sementara model Pro menyertakan pengaturan kamera tiga lensa dengan Pemindai LiDAR dan lonceng dan peluit lainnya, iPhone 12 dan 12 mini memiliki pengaturan kamera lensa ganda yang lebih sederhana dan kurang canggih.

Meski begitu, masih ada peningkatan kamera yang signifikan pada model iPhone 12 baru dibandingkan dengan iPhone 11. Ada kamera Ultra Wide f / 2.4 dan kamera Wide yang memiliki aperture f / 1.6 baru yang memungkinkan cahaya 27 persen lebih banyak untuk lebih baik demi kinerja dalam kondisi cahaya redup bersamaaan dengan zoom optik 2x dan zoom digital 5x.

Chip A14 mendukung fitur fotografi komputasi baru dengan Deep Fusion yang lebih baik dari sebelumnya untuk foto yang lebih baik dengan tekstur yang lebih banyak dan lebih sedikit noise. Pada pilihan mode Malam yang lebih baik dengan kontras yang lebih baik pada gambar. Terdapat fitur Smart HDR 3 yang menyesuaikan white balance, kontras, tekstur, dan saturasi pada foto untuk mendapatkan gambar yang lebih terlihat natural.

 

Baca Juga :     Daftar Game IOS Terbaik dan Dapat di Download / Mainkan Offline

 

Pilihan Kamera iPhone 12

iPhone 12 : Spesifikasi, Fitur, Keunggulan dan Harganya di Indonesia
 

 

Apple baru saja mengumumkan jajaran iPhone 12 yang memperkenalkan sejumlah besar teknologi kamera yang mereka tanamkan di antara iPhone baru. Jika Anda menggunakan iPhone yang saat ini memiliki satu kamera, atau bahkan sepasang, Anda akan melihat peningkatan kamera yang luar biasa di produk terbaru Apple kali ini.

 

  • Satu Kamera iPhone SE (2020) dan iPhone XR

    iPhone SE muncul awal tahun ini dengan banderol harga $ 399, dan iPhone XR seharga $ 499. Keduanya memiliki kamera lebar”12 megapiksel f / 1.8. Meskipun tidak persis sama, seri XR memiliki sensor yang lebih besar, sedangkan iPhone SE tampaknya lebih kecil, mirip dengan iPhone 8. Tidak ada fitur ultrawide atau lensa telefoto, atau teknik Deep Fusion yang mewah.
    Jepretan mode potret Anda juga terbatas pada apa yang dapat ditebak oleh algoritma pembelajaran mesin Apple tentang kedalaman foro, karena tidak ada kamera kedua untuk memverifikasi. Namun, masing-masing seri menawarkan lensa enam elemen dengan stabilisasi gambar optik, perekaman video 4K60, dan mode potret dasar.

  • Dua Kamera iPhone 12 dan iPhone 12 Mini

    iPhone 12 dan iPhone 12 mini masing-masing dilengkapi dengan dua kamera, tetapi mungkin yang lebih penting, kamera utama tunggal telah diubah. Meskipun masih menawarkan 12 megapiksel seperti ponsel sebelumnya, lensa terbaru sekarang memiliki 7 elemen dan aperture f / 1.6 yang lebih besar yang memungkinkan cahaya 27 persen lebih banyak mengenai sensor itu dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Ini berarti kualitas gambar yang lebih cerah, tidak berisik atau buram dalam cahaya redup dan kedalaman bidang sedikit kurang.

 

Baca Juga :     Tutorial Cara Download Video Facebook di Android & IOS Dengan Mudah & Cepat

 

iPhone 12 Pro Max

Kamera utama iPhone 12 Pro Max sepertinya akan menjadi peningkatan penting dibandingkan kamera utama di model iPhone 12 lainnya yang merupakan peningkatan dari jajaran SE dan iPhone 11. Kamera selebar aperture 12 megapiksel f / 1.6 Max 12 Pro memiliki sensor 47 persen lebih besar, yang menurut Apple diterjemahkan menjadi peningkatan 87 persen dalam foto dengan cahaya rendah.

Sebagai tambahan, kamera utama juga memiliki sensor-shift optical image stabilization yang berarti sensor kamera bergerak di dalam kamera mampu mengimbangi gerakan apa pun ketika sedang menangkap foto. Secara teori, penambahan atau upgrade ini seharusnya membuat foto dan video lebih stabil.

 

Harga dan Ketersediaan

iPhone 12 6,1 inchi akan tersedia untuk pre-order pada hari Jumat, 16 Oktober dengan launching ke-dua pada hari Jumat, 23 Oktober. Harga akan dibuka mulai dari $ 799 untuk penyimpanan 64GB, dengan 128 dan 256GB tersedia dengan biaya tambahan. iPhone 12 mini 5,4 inci akan tersedia untuk pre-order pada hari Jumat, 6 November dan peluncuran selanjutnya pada hari Jumat, 13 November. Harga iPhone 12 mini mulai dari $ 699 untuk penyimpanan 64GB, dengan opsi penyimpanan 128 dan 256GB.

Harga awal $ 699 dan $ 799 untuk model iPhone 12 hanya untuk pelanggan Verizon dan AT&T di Amerika Serikat, karena Verizon dan AT&T menawarkan diskon perangkat $ 30 untuk pelanggan yang sudah ada dalam kemitraan dengan Apple. Untuk model pembelian biasa atau pembelian bebas SIM yang dibeli dari T-Mobile atau Sprint, harga iPhone 12 mini mulai dari $ 729 dan iPhone 12 mulai dari $ 829.

Model iPhone 12 baru akan diluncurkan di Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Australia, Cina, Jerman, dan lebih dari 30 negara dan wilayah lainnya mulai 16 Oktober, dengan pra-order akan dimulai pada pukul 5:00 Waktu Pasifik . Untuk info lebih lanjut tentang jajaran iPhone 12 Pro yang diperkenalkan bersama dengan iPhone 12 dan 12 mini, Anda bisa melihat website resmi mereka.

 

 

Related Post :