Langkah Mengembangkan Bisnis Anda di Dunia Digital

Diskusi / 0 | | 0

Perlu Langkah yang tepat untuk Mengembangkan Bisnis Anda di Dunia Digital. Pada artikel kali ini kita akan membahas details mengenai Langkah Mengembangkan Bisnis Anda di Dunia Digital. Kira kira apa saja yang kita perlukan, mulai dari langkah awal hingga langkah advance yang lebih baik bisa kita gunakan untuk mengembangkan bisnis Anda di dunia Digital :

Membangun Rumah Bisnis Anda

Mari kita mulai dengan membangun ‘rumah bisnis’ Anda di dunia digital. Seperti layaknya membangun toko pertama Anda, Anda akan mempertimbangkan banyak hal dari mulai sumberdaya, tenaga, waktu, dan target atau tujuan yang ingin dicapai. Mulailah dengan melakukan listing apa saja yang akan Anda lakukan dalam mengembangkan bisnis di dunia digital. Setelah menentukan bentuk ‘rumah bisnis’ Anda, Anda bisa segera membangun rumah bisnis Anda pada platform yang diinginkan. Anda mungkin akan memerlukan banyak waktu untuk mempelajari karakteristik rumah bisnis Anda, dan bagaimana mengelola dan mengoperasikan rumah bisnis Anda. Anda dapat menemukan banyak sumber informasi di internet yang dapat Anda baca untuk membantu Anda.

Baca Juga : Manfaat Google Bisnisku untuk Bisnis Anda

Mempromosikan Rumah Bisnis Anda

Bagaimana Anda membuat pelanggan dapat menemukan bisnis Anda secara online? Ada beberapa cara untuk melakukannya dengan menggunakan digital. Mari kita mulai dengan mesin pencari. Ketika orang-orang mengetik sesuatu di mesin pencari, mereka membiarkannya tahu persis apa yang mereka cari. Jika Anda menawarkan produk dan layanan yang relevan dengan kata kunci yang mereka cari, mesin pencari akan menampilkan bisnis Anda dalam hasil pencarian.

Ketika Anda menelusuri website lain untuk melihat berita, cek skor olahraga, isi resep, menonton video dan umumnya isi banyak dan banyak konten menarik di seluruh web. Di samping semua konten ini Anda mungkin melihat iklan. Iklan ini disebut iklan display atau Display Ads. Display Ads dapat muncul dimana saja secara online, dan di dalam berbagai format seperti teks, gambar, video, dan iklan yang dapat Anda Klik dan berinteraksi. Display Ads dapat menjadi cara yang bagus untuk pesan Anda agar ditampilkan diluar Website atau halaman lain, di luar dari website Anda sendiri. Selain itu Anda dapat memilih orang yang di inginkan untuk melihat iklan Anda, dan Anda dapat memilih situs atau halaman apa yang Anda inginkan.

Media sosial telah menjadi fenomena budaya, berkembang menjadi kebutuhan pemasaran. Media sosial juga membantu menyebarkan brand awareness melalui blog, update, video atau bentuk konten lainnya yang kemudian dapat dibagi dengan teman mereka, yang selanjutnya dapat dibagi dengan teman mereka dan sebagainya. Hal ini tidak hanya membuat calon pelanggan Anda teredukasi tentang bisnis Anda tetapi juga menarik lebih banyak prospek pelanggan dengan menghasilkan lebih banyak kesadaran/minat terhadap brand Anda, dan bahkan menghasilkan potensi konten untuk menjadi viral. Dengan mengupload konten di media sosial juga cenderung mendorong peningkatan tingkat lalu lintas ke website, yang berpotensi menghasilkan lebih banyak konversi dan peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian mesin pencari. Anda juga dapat memasang iklan di media sosial, dengan target audience yang spesifik sesuai sasaran pasar bisnis Anda.

Baca Juga : Memanfaatkan Perbedaan Social Media Untuk Pemasaran

Anda mungkin familiar dengan email, Anda dapat bertukar informasi dengan rekan seperti layaknya bertukar surat pada masa lampau. Email dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan bisnis Anda, yaitu dengan menggunakan email marketing. Email marketing akan menjadi saraa promosi yang efektif jika Anda memiliki database alamat email pelanggan Anda yang sudah terkategori secara spesifik, sehingga Anda dapat mengirimkan email yang lebih personal dan relevan. Melalui email marketing Anda dapat mengirimkan penawaran produk/promo kepada calon pelanggan Anda, maupun menjalin hubungan baik dengan para pelanggan melalui newsletter. Jika Anda mengirimkan email marketing, hindari spamming dengan memborbardir pelanggan Anda dengan promosi tanpa adanya bahan lain yang memberikan keuntungan bagi mereka. Ini akan membuat menurunnya loyalitas pelanggan Anda dan cenderung mengabaikan email Anda selanjutnya.

Video menjadi konten yang kuat dan sangat diminati oleh pelanggan internet belakangan ini. Anda mungkin banyak melihat suatu video yang unik yang menarik begitu banyak penonton hingga akhirny amenjadi viral. Jika kita ingat kembali studi kasus HijUp, mereka memperoleh banyak exposure setelah mengeluarkan berbagai video tutorial. Yang perlu Anda perhatikan adalah, iklan dalam bentuk video tidak selalu harus berupa hardsell (jualan secara langsung) saja, tetapi bisa juga dengan konten yang bermanfaat dari segi edukasi yang berkaitan dengan kebutuhan pelanggan Anda, atau bisa juga dengan konten yang dapat menyentuh emosi viewers sehingga meningkatkan loyalitas ereka terhadap brand bisnis Anda.

Menganalisa dan Mengembangkan Rumah Bisnis Anda di Dunia Digital

Hal pertama yang harus diingat: jangan berharap terlalu banyak atau terlalu cepat. Kerena untuk mendapatkan perhatian publik secara online kepada bisnis Anda diperlukan waktu menyiapkan kehadiran bisnis Anda secara digital dan itu membutuhkan waktu yang tidak singkat. Selain itu mesin pencari juga membutuhkan waktu untuk menemukan bisnis Anda, dan bagimana Anda menerapkan dan meningkatkan rencana pemasaran digital Anda. Jadi, cobalah untuk tidak menetapkan tujuan yang terlalu kabur dan tidak realistis bagi bisnis Anda.

Selanjutnya bagian yang penting dari rencana online adalah untuk mengukur apa yang sudah Anda lakukan dan dapat pastikan untuk bekerja. Hal ini disebut analisis, dan dapat menunjukkan kepada Anda bagaimana orang-orang dapat menemukan situs web Anda dan apa saja yang mereka lakukan ketika mereka sampai di website. Umumnya dengan mengetahui dari mana pengunjung online Anda datang, dapat membantu Anda mengetahui pemasaran / online marketing mana bekerja dan memberikan keuntungan untuk bisnis Anda dan mana yang tidak. Anda dapat memfokuskan usaha Anda di bagian yang menunjukkan performa yang baik.

Teknologi baru dan strategi baru muncul cukup banyak setiap hari. Sama halnya , ketika terdapat hal-hal baru yang mengalami perubahan dalam industri Anda, pastikan dunia online Anda tetap up to date.
Apakah hal yang Anda tawarkan kepada pelanggan merupakan tren atau versi terbaru didalam Industri bisnis Anda?

Related Post :