Manfaat dan Prinsip Mengolah Identitas Digital

Informasi / 0 | | 0

Aktif di dunia internet membuat Anda meninggalkan jejak identitas digital. Adanya perkembangan teknologi internet yang semakin maju membuat identitas Anda seperti KTP, pastor, akte kelahiran yang dulunya dalam bentuk kertas, sekarang dapat diubah menjadi identitas digital. Semua identitas tersebut sangat penting dan dijaga kerahasiaannya. Oleh karena itu Anda wajib mengolah identitas digital dengan baik.

Identitas digital adalah sistem yang diciptakan dengan tujuan mempermudah dalam melakukan proses dokumentasi identitas warga negara. Mengolah identitas digital sangat mudah karena keamanannya sudah canggih. Anda perlu tahu bahwa identitas digital tidak bisa hilang, tidak dapat dipalsukan maupun dicuri. Anda tidak khawatir lagi saat menyimpan identitas pada sistem digital.

Manfaat Mengolah Identitas Digital

Menurut lembaga riset Deloitte terdapat beberapa manfaat menggunakan identitas digital. Banyak masyarakat yang belum mengetahui manfaat identitas digital sehingga mereka ragu untuk membuatnya. Hilangkan keraguan tersebut dengan mengetahui manfaat identitas digital. Berikut merupakan manfaat mengolah identitas digital yang perlu diketahui.

  1. Dilindungi oleh sistem keamanan paling canggih
    Identitas digital warga disimpan pada server terpercaya, dilengkapi dengan sistem yang canggih. Pengguna bisa mengetahui siapa saja yang dapat melihat identitas digital. Bila ada kegiatan seperti pencurian data identitas atau pemalsuan maka bisa diketahui dengan cepat.
  2. Privasi identitas terjaga
    Anda pasti berpikir bahwa identitas digital bisa diakses oleh siapa saja namun, Anda salah karena identitas digital hanya dapat dilihat oleh orang tertentu sesuai dengan pilihan. Terdapat pengaturan khusus untuk menentukan siapa saja yang boleh mengakses informasi identitas digital Anda.
  3. Lebih praktis
    Seperti yang telah Kita ketahui bahwa identitas digital tersimpan pada satu server. Pengecekan identitas bisa dilakukan secara langsung pada internet tanpa harus mengeluarkan lembaran kertas. Oleh sebab itu identitas digital ini dinyatakan lebih praktis. Bahkan ketika melakukan transaksi belanja, Anda tidak perlu mengisi formulir. Cukup menunjukkan identitas digital saja, belanja bisa diproses dengan cepat.
  4. Transparan
    Manfaat mengolah identitas digital selanjutnya yaitu pengguna dapat mengetahui adanya perubahan data. Jika ada oknum yang tidak bertanggung jawab ingin mengubahnya maka, Anda bisa mencegahnya.
  5. Membangun ekonomi digital
    Pembangunan ekonomi digital mulai dilakukan oleh Negara. Dengan adanya identitas digital akan terbangun jaringan yang kuat, jaringan tersebut dilakukan antara pembuat identitas digital, pengguna identitas serta pihak lainnya. Hal ini dapat membantu perekonomian digital makin berkembang, sampai akhirnya memudahkan transaksi elektronik pada masa depan. (Baca Juga : Bagaimana Era Digital Membantu Bisnis Anda Go Online)

Itulah beberapa manfaat mengolah identitas digital. Manfaatnya cukup banyak, sehingga Anda menjadi tertarik bukan? Buatlah identitas digital Anda sekarang juga. Lebih lengkap lagi, identitas digital telah dilengkapi dengan tanda tangan digital.
Indonesia telah memiliki e-KTP yang dilengkapi dengan tanda tangan elektronik beserta sertifikat resmi dari pemerintah.

Fungsinya untuk alat autentikasi serta verifikasi penandatangan.

Tanda tangan elektronik memiliki kekuatan hukum, sehingga dilindungi oleh pemerintah. Selain tanda tangan di e-KTP, Anda juga bisa membuat tanda tangan elektronik sendiri seperti di PrivyID. Layanan pengembang identitas digital ini dapat membuat tanda tangan elektronik dengan sertifikasi resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Negara Indonesia.

Mengolah Identitas Digital yang Baru

Sebagai pengguna identitas digital baru, Anda harus mengetahui prinsip mengolah identitas digital. Tujuannya Agar pengguna bisa mengatur identitas digitalnya dengan aman. Sistem identitas digital memiliki 5 prinsip utama yang harus diketahui oleh penggunanya. Berikut merupakan prinsip sistem identitas digital.

  1. Manfaat sosial (social good)
    Menurut Deloitte identitas digital mengandung manfaat sosial, manfaat ini membuat pengguna busa mengakses identitas digital dimana saja. Identitas digital bisa diberikan oleh siapapun sesuai dengan keinginan penggunanya.
  2. Melindungi privacy (privacy-enhancing)
    Selanjutnya prinsip kedua yaitu sistem identitas digital menawarkan perlindungan data dan privasi pengguna. Prinsip ini menjaga keamanan identitas, wajib memberikan pelayanan penyimpanan data dengan aman dan terpercaya. (Layanan Certificate SSL untuk Keamanan Website)
  3. Berpusat pada pengguna (user centric)
    Terdapat hubungan prinsip pertama dan ketiga, menurut aturan prinsip ketiga bahwa pengguna berhak atas identitas digital yang dimilikinya. Maksudnya pengguna bisa menyimpan, mengirimkan dan mengendalikan identitas digitalnya sesuai dengan kepentingannya. Jelas sekali pengguna bisa memberikan identitas digital kepada orang lain, sehingga orang lain dapat mengakses identitas pribadi pengguna seluruhnya. Bila tidak beruntung identitas pengguna bisa disalahgunakan, nah saran saja untuk pengguna identitas digital harus menggunakan server keamanan yang bagus supaya terjamin keamanannya.
  4. Sistem layak dan bisa bertahan lama (vivable and sustainable)
    Prinsip mengolah identitas digital berikutnya yaitu gunakanlah sistem keamanan server yang layak. Utamakan pada sistem identitas digital yang bisa bertahan lama agar tidak memperbarui secara sering dan berkala. Menciptakan sistem digital tidak boleh asal, sebaiknya memikirkan penggunaan identitas digital bagi kehidupan jangka panjang.
  5. Terbuka dan fleksibel (Open and flexible)
    Prinsip terakhir yaitu sistem identitas digital harus terbuka sesuai dengan standar. Sistem harus mampu mengintegrasikan teknologi baru kemudian diubah menjadi mudah digunakan oleh pemilik identitas digital.

Menggunakan sistem yang fleksibel, artinya pengguna bisa memperbarui data identitas digital secara pribadi bila ada perubahan. Meski bisa dirubah sendiri namun, orang lain tidak dapat mengubahnya. Demikian prinsip mengolah identitas digital yang harus diketahui oleh Anda. Lebih baik memilih pembuat identitas digital yang mengembangkannya menurut 5 prinsip di atas. Dijamin pengembangan berdasarkan prinsip identitas digital menghasilkan kepuasan bagi penggunanya. Selain manfaat identitas digital, pengguna juga merasa identitas digitalnya aman terjaga.

Related Post :

popup image