Manfaat Website Sekolah Gratis di Era Digital

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Kebutuhan teknologi saat ini semakin pesat. Orang lebih cenderung menggunakan teknologi dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Karena teknologi mampu memberi kemudahan dalam menjalankan roda kehidupan. Hal ini didukung dengan adanya layanan yang mudah dan murah.

Salah satu kebutuhan teknologi dalam bidang informasi saat ini adalah layanan website sekolah gratis. Website merupakan situs dimana setiap orang dapat mengakses informasi berkaitan apa yang dibutuhkan. Website biasanya digunakan oleh suatu lembaga, organisasi, atau individu untuk memberikan informasi berkaitan dengan informasi yang dibutuhkan. Contohnya adalah website sekolah gratis.

Website sekolah gratis sangat urgent keberadaannya di era digital seperti saat ini. Mengapa demikian? Hal ini karena website sekolah gratis sangat bermanfaat. Hampir semua orang tua saat ini, menginginkan anaknya mendapatkan layanan pendidikan terbaik untuk tumbuh kembang buah hatinya. Namun, karena kesibukan dan rutinitas mereka tidak sempat jika harus mendatangi setiap sekolah di kotanya. Jadi, pembuatan website sekolah gratis bisa menjadi salah satu alternatif yang efektif dan efisien.

Baca Juga : Pentingnya Web Hosting di Dunia Online

Lalu manfaat apa saja yang bisa didapat dari membuat website sekolah gratis? Cek selengkapnya berikut ini!

Apa Saja Manfaat Membuat Website sekolah Gratis?

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan:

1. Eksistensi sekolah

Nama institusi, organisasi, ataupun lembaga perlu disosialisasikan kepada masyarakat luas. Hal ini bertujuan agar masyarakat mengenal institusi tersebut. Salah satunya sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan. Pembuatan website adalah langkah tepat agar sosialisasi dapat sampai ke publik dengan efektif dan efisien. Dengan biaya yang murah tentunya.

Selain itu, website sekolah gratis juga memungkinkan sekolah untuk bekerja sama dengan sekolah lain. Misalnya, sekolah A memiliki program ekstra kulikuler PMR. Sekolah A tanpa sengaja melihat profil sekolah B, yang menang lomba PMR di tingkat provinsi. Pihak sekolah A yang menginginkan PMR di sekolahnya maju, akhirnya menjalin komunikasi dan kerjasama. Mereka membuat latihan gabungan dengan mengundang PMI yang sering terjun langsung ke lokasi tanggap bencana.

Tidak berhenti sampai disitu, kegiatan semacam ini biasanya menjadi motor penggerak bagi sekolah lain untuk bergabung. Sehingga eksistensi sekolah akan naik di mata masyarakat sekitar. Hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi orang tua dalam mempercayakan pendidikan buah hatinya.

Baca Juga : Dapatkan Google Apps for Education GRATIS

2. Kemudahan bagi orang tua

Semua orang tua menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Salah satunya dalam hal pendidikan. Namun, tidak semua orang tua memiliki waktu yang cukup untuk mencari sekolah, sebagai ajang pendidikan lanjutan untuk anak-anaknya. Terutama untuk orang tua karier. Mereka cukup kesulitan mengatur waktu mencari sekolah yang tepat untuk anak-anaknya. Ditambah kurangnya komunikasi langsung dengan anak. Di satu sisi, orang tua perlu mencari tahu profil sekolah yang terbaik untuk anaknya, namun di sisi lain waktu seolah tidak mengizinkan.

Untuk itu perlu adanya jalan tengah agar semua berjalan berimbang. Salah satu alternatif yaitu dengan membuka website sekolah gratis favoritnya. Kemudahan teknologi informasi saat ini bisa menjadi sarana yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Salah satunya dengan membuat website sekolah gratis. Website sekolah gratis memungkinkan orang tua mengakses informasi berkaitan dengan kebutuhan pendidikan anak-anaknya. Berapa hal yang akan diperoleh orang tua dari website tersebut adalah:

  • Profil sekolah
    Dari profil ini orangtua dapat mengetahui identitas sekolah. Seperti logo, slogan sekolah, dan lainnya.
  • Visi-misi sekolah
    Orang tua dapat mengetahui bagaimana pandangan ke depan suatu lembaga pendidikan. Sehingga bisa menjadi pertimbangan orang tua dalam mempercayakan pendidikan anak-anaknya.
  • Sambutan kepala sekolah
    Kepala sekolah sebagai pemimpin suatu lembaga pendidikan, akan memberikan sedikit gambaran mengenai lembaga pendidikan yang dipimpinnya.
  • Prestasi sekolah
    Prestasi dibagi menjadi dua, yaitu prestasi akademik dan prestasi non-akademik. Prestasi akademik mencakup prestasi siswa dalam belajar. Prestasi non-akademik mencakup prestasi siswa di luar bidang pendidikan. Sekolah juga menampilkan prestasi yang pernah dicapai untuk menarik minat siswa baru. Hal ini juga berkaitan dengan beasiswa yang sekolah tawarkan kepada calon siswa baru.
  • Kegiatan ekstrakulikuler sekolah
    Tidak semua siswa terbaik dengan program akademik yang ditawarkan sekolah. Beberapa lebih tertarik pada program luar akademik. Seperti ekstra kulikuler suatu lembaga pendidikan.
  • Alamat sekolah dan kontak person
    Satu hal lagi yang menjadi kemudahan bagi orang tua. Adanya alamat sekolah memudahkan orang tua untuk berkunjung ke sekolah yang menjadi pertimbangannya. Sehingga orang tua dapat memastikan layanan pendidikan yang dapat diberikan oleh lembaga pendidikan tersebut. Kemudahan lainnya adalah adanya kontak person orang tua dengan sekolah, sehingga orang tua dapat menghubungi sekolah yang bersangkutan.

3. Kemudahan bagi siswa

Website sekolah gratis memberikan kesempatan siswa untuk mengakses informasi, seperti. Jadwal pembayaran SPP, informasi beasiswa, dll. Sehingga siswa tidak perlu menunggu pengumuman. Hal ini karena semua sudah ada di website. Siswa bisa mengakses kapan saja dan dimana saja, dengan didukung koneksi internet yang memadai.

4. Pusat informasi bagi calon siswa

Calon siswa, akan lebih banyak mencari informasi berkaitan dengan sekolah yang akan mereka pilih untuk menempuh pendidikan selanjutnya. Mereka akan membuka beberapa website berkaitan dengannya sekolah yang populer di kota mereka. Membandingkan dengan sekolah lain untuk memilih sekolah lanjutan terbaik. Calon siswa juga mendiskusikan sekolah terbaik pilihan mereka dengan orangtua sebelum mengambil keputusan. Sehingga jika sekolah tidak memiliki wedsite sekolah, orang tua cenderung kesulitan dalam mencari informasi tentang lembaga pendidikan pilihan anaknya.

5. Edukasi masyarakat

Masyarakat dapat membuka website yang ingin mereka ketahui. Masyarakat dapat mengetahui perkembangan dunia pendidikan melalui website sekolah gratis. Masyarakat akan memberikan penilainya, sehingga ketika diminta rekomendasi untuk sekolah lanjutan, masyarakat cenderung memberikan sekolah yang menurut penilaian mereka baik. Selain itu, masyarakat juga memiliki kesempatan untuk berdiskusi dengan orangtua siswa yang melanjutkan pendidikan. Dan membandingkan sekolah tersebut dengan profil di website sekolah gratis.

6. Menghemat biaya administrasi

Jika setiap tahun sekolah harus mencetak ribuan brosur dalam mensosialisasikan sekolah pada calon siswa baru. Maka sekarang sekolah bisa menekan anggaran percetakan brosur. Sekolah lebih bisa menghemat biaya dengan hanya membuat brosur online. Sekolah juga tidak perlu khawatir dalam mengiklankan dam mempromosikan sekolah. Selain itu, sekolah juga bisa memberikan pengumuman, hasil nilai, surat edaran, undangan melalui website sekolah gratis.

Pembuatan website merupakan sarana informasi yang sangat penting saat ini. Keberadaan memberikan kemudahan bagi banyak pihak. Untuk itu sekolah perlu memiliki website sebagai penunjang. Sekolah bisa membuat website sendiri atau mencari penyedia layanan pembuatan website. Salah satu penyedia layanan website adalah https://idcloudhost.com/ekabima

Related Post :