Marketing Campaign : Pengertian dan Tips Memaksimalkannya

Business, Marketing / 0 | | 0

Kampanye pemasaran atau marketing campaign yang efektif sering kali membedakan perusahaan yang tumbuh dengan cepat dari perusahaan yang tumbuh lambat atau macet. Disaat yang sama pula, kedua perusahaan tersebut melayani pasar yang sama dan menawarkan barang dagangan yang serupa pula. Dari sini, marketing campaign memegang peranan penting untuk menonjol dari pesaing yang sama.

Perusahaan- perusahaan besar seperti Coca-Cola atau Unilever adalah contoh perusahaan yang berhasil dalam pasar massal yang sangat kompetitif dalam hal penyediaan barang- barang konsumen. Meskipun mereka pasti asti menghasilkan produk yang kompetitif, mereka mengungguli saingan mereka karena adanya bantuan marketing campaign yang tepat.

Jika Anda berharap bisnis Anda tetap bertumbuh maka Anda harus menjadi pemasar, pengiklan, dan promotor bisnis yang efektif. Faktanya, Anda akan cenderung tumbuh sejauh Anda menguasai pemasaran dari produk- produk Anda. adapun marketing campaign adalah hasil dari penelitian dan riset yang cermat, dipikirkan dengan matang, dan berfokus pada detail dan eksekusi, daripada bertumpu pada satu ide besar. Merencanakan marketing campaign sendiri dimulai dengan memahami posisi Anda di pasar dan diakhiri dengan detail seperti susunan kata dalam iklan.

 

Pengertian Marketing Campaign

Marketing Campaign : Pengertian dan Tips Memaksimalkannya
 

Marketing campaign adalah sekumpulan aktivitas strategis yang mempromosikan sasaran atau sasaran bisnis. Kampanye pemasaran dapat digunakan untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek secara keseluruhan. Agar mencapai hasil yang paling efektif, kampanye direncanakan dengan cermat dan aktivitasnya bervariasi. Untuk pemasaran yang lebih baik, marketing campaign menggunakan berbagai saluran, platform, dan media untuk memaksimalkan dampaknya dimata umum.

Sebuah bisnis dapat menjalankan kampanye pemasaran yang memanfaatkan media cetak, media sosial, iklan online, email, demo langsung, dan banyak lagi. Setiap kampanye akan berbeda-beda tergantung pada tujuan yang ingin dicapai. Namun, pesan dan corak kampanye tertentu akan sangat terkait dengan corak merek bisnis perusahaan sehingga bisa menjadikannya sebagai kampanye pemasaran yang cukup efektif.

 

Baca Juga  :     Apa itu Word of Mouth : Pengertian, Cara Kerja, Manfaat dan Strateginya dalam Bisnis

 

Cara Memaksimalkan Marketing Campaign

Upaya untuk menjalankan kampanye pemasaran yang sukses, sebuah bisnis harus meluangkan waktu untuk merencanakan secara ekstensif karena bisnis ingin terlihat proaktif dan unik di niche pasar mereka. Untuk menggambarkan bisnis secara positif atau untuk mempromosikan produk dengan sukses, pemasar perlu membuat dan melaksanakan rencana marketing campaign yang diteliti dengan baik.

Pemasar perlu mengetahui tujuan akhir kampanye pemasaran mereka seperti apakah kampanye bertujuan untuk menghasilkan prospek? Apakah marketing campaign tersebut dirancang untuk meningkatkan keterlibatan di saluran media sosial atau untuk mempromosikan produk baru? Terkadang kampanye pemasaran digunakan dengan tujuan tertentu bahkan marketing campaign perlu memiliki satu tujuan utama sebagai alasan untuk eksis dalam pasar dan agar berhasil.

Sebelum meluncurkan kampanye pemasaran, pemasar juga harus mengumpulkan informasi tentang pasar. Mereka harus mengetahui segala sesuatu yang berkaitan dengan produk mereka, pelanggan, dan pesaing dalam ceruk pasar mereka. Dengan menggunakan informasi ini, pemasar dapat memilih pesan dan ajakan bertindak yang sesuai dalam kampanye mereka.

Saat merencanakan marketing campaign, penting untuk memutuskan kerangka waktu untuk kampanye pemasaran. Berapa lama harus dijalankan di berbagai saluran dan berapa biayanya? Tujuannya adalah untuk memastikan kampanye harus menjangkau jumlah orang terbesar dalam demografis target. Tim pemasaran kemudian dapat menentukan metrik yang sesuai untuk menilai keberhasilan kampanye, dan mencari strategi pemasaran tambahan yang membuat marketing campaign lebih tepat lagi.

 

Baca Juga  :    Cara Sukses Branding Melalui Social Media Instagram, Facebook dan TikTok

 

Komponen Penyusunan Marketing Campaign

Marketing Campaign : Pengertian dan Tips Memaksimalkannya
 

Komponen dari kampanye pemasaran meliputi tahap perencanaan, evaluasi bagaimana hasil kampanye akan diukur, menentukan target pasar, bagaimana kampanye akan disampaikan, bagaimana mencapai hasil, dan terakhir, menilai seberapa baik kampanye tersebut dilakukan. Berikut penjelasannya satu- persatu :

  • Perencanaan dan target

    Selama tahap perencanaan, penting untuk menemukan tujuan kampanye pemasaran dan memahami apa yang ingin dicapai. Setelah ini ditentukan dan ditargetkan dalam marketing campaign maka lebih mudah untuk membangun visi dan memahami langkah-langkah selanjutnya yang diperlukan.

  • Pengukuran pasaran

    Sangat penting membuat kriteria pengukuran untuk dapat menganalisis secara efektif bagaimana kampanye pemasaran telah dilakukan. Beberapa alat ukur dapat berupa jumlah penjualan, pre-order, sentimen dan antusiasme konsumen untuk produk, share di media sosial, atau bagaimana kampanye dipersepsikan dalam pemberitaan media.

  • Identifikasi target pasar

    Menentukan target pasar sangat penting untuk memastikan bahwa produk yang tepat akan dipasarkan ke klien yang tepat yang merupakan salah satu landasan pemasaran. Aspek penting dalam memilih pasar sasaran adalah memahami tahap apa konsumen dalam proses pembelian. Tergantung pada produk yang hendak Anda luncurkan, maka jika produk tersebut merupakan produk teknologi inovatif baru, target pasar harus berpusat di sekitar inovator atau pengguna awal yang bersedia dan berusaha mencoba teknologi dan produk baru pula.

  • Anggaran dan dana

    Tidak semua kampanye pemasaran membutuhkan anggaran tambahan, tetapi banyak yang masih membutuhkannya. Pertimbangkan biaya biro iklan, periklanan, dan jasa freelance, jika sesuai, lalu kemudian tuliskan angka-angka anggaran ini ke dalam analisis ROI untuk kampanye Anda.

  • Penyampaian marketing campaign

    Penyampaian kampanye sasaran harus berbentuk seputar jenis konsumen yang menjadi sasaran. Jika target pasar terdiri dari inovator atau pengguna awal, mungkin penyampaian kampanye pemasaran akan lebih cocok untuk media yang berputar di sekitar media sosial. Sedangkan jika target pasar tidak selaras dengan teknologi, penyampaian kampanye pemasaran berteknologi rendah mungkin lebih cocok.

  • Desain marketing campaign

    Rupa desain dalam marketing campaign adalah faktor krusial yang patut diberikan perhatian lebih. Baik itu desain situs web yang rapi, logo di akhir iklan video, atau infografis interaktif, pastikan desain Anda profesional dan sesuai dengan tujuan kampanye.

  • Hasil

    Untuk dapat mencapai hasil, penting untuk sering mengacu pada tujuan yang telah ditetapkan sejak awal kampanye. Mungkin tidak ada formula baku atau tetap yang ditetapkan untuk mencapai hasil, karena setiap kampanye pemasaran sangat bervariasi. Namun, meninjau kembali dan mungkin mengkalibrasi ulang upaya pemasaran agar selaras dengan tujuan sangat penting untuk mencapai hasil yang diinginkan.

  • Penilaian marketing campaign

    Setelah kampanye pemasaran mencapai hasil seperti yang sudah Anda targetkan, penting untuk menilai hasil kampanye dan mengevaluasi keefektifannya. Penilaian juga dapat dicapai dari sumber eksternal melalui umpan balik dari konsumen tentang produk yang sudah Anda pasarkan tadi.

 

Baca Juga  :     Strategi Pemasaran Produk/Layanan untuk Bisnis + Contohnya

 

Kesimpulan dan Penutup

Membuat, merancang dan menjalankan marketing campaign, tidaklah mudah, tetapi ini adalah bagian berharga dan integral untuk menumbuhkan brand dan bisnis yang sukses. Kampanye akan membantu memisahkan kiriman tertentu dari upaya promosi umum dan menyentuh audiens Anda dengan cara yang kreatif dan menarik. Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, pertimbangkan apa yang akan berharga bagi audiens Anda karena bagaimanapun mereka adalah sumber kehidupan kampanye dan perusahaan Anda.

Oleh karenanya, marketing campaign diatur dengan upaya strategis untuk mempromosikan tujuan perusahaan tertentu, seperti meningkatkan kesadaran akan produk baru atau menangkap umpan balik pelanggan. Ini menjadikan marketing campaign biasanya bertujuan untuk menjangkau konsumen dengan berbagai cara dan melibatkan kombinasi media, termasuk namun tidak terbatas pada email, iklan cetak, iklan televisi atau radio, pay-per-click, dan media sosial. Apabila Anda ingin membuat kampanye Anda sendiri, jangan lupa untuk melakukan riset dan kebutuhan mendasarnya terlebih dahulu agar lebih maksimal.

Related Post :