Mengenal Apa itu Branding dan Tips & Trick Branding untuk Bisnis Anda

Business, Marketing / 0 | | 0

Apa yang Anda pikirkan jika mendengar istilah branding? Bagi Anda yang mengenal istilah apa itu branding tentu sudah tidak asing lagi. Branding ini umumnya dilakukan oleh berbagai industri. Mulai dari makanan, minuman, pakaian, dan masih banyak lagi. Semuanya digunakan agar bertujuan untuk mengenalkan produk.

Bagi Anda yang ingin memiliki bisnis yang cukup dikenal, maka tentu Anda membangun citra positif terhadap merk branding dengan tepat. Hal ini agar merk bisnis Anda tidak kalah saing dengan kompetitor yang lainnya. Untuk itu jangan sungkan mengetahui lebih dalam mengenai apa itu branding dan segera menerapkan beberapa tips maupun trik branding untuk bisnis.

Apa yang anda katakana saat mendengar Indomie?, mungkin anda berpikir bahwa itu adalah mie instan bahkan andaikan produk itu asalnya dari merek lain. Hal ini berkaitan dengan merek indomie yang sangat kuat industrinya, andaikan anda ingin membangun image positif di binis anda sebaiknya anda bangun citra positif dan kuat untuk merek bisnis. Salah satunya dengan menggunakan strategi branding.

Melalui artikel ini Anda bisa memahami lebih dalam apa itu branding, pentingnya branding dalam bisnis, serta tips dan triknya untuk bisnis. Dengan begitu, Anda bisa mulai membangun branding dengan tepat dan produk Anda bisa dikenal oleh banyak orang. Simak informasi apa itu branding selenkapnya di bawah ini!

 

Mengenal Apa Itu Branding Lebih Dalam

Mengenal Apa itu Branding dan Tips & Trick Branding untuk Bisnis Anda | IDCloudhost

 

Sebelum mulai membangun branding dengan tepat, Anda perlu mengetahui apa itu branding atau apa itu merk. Menggacu pada American Marketing Association, merk merupakan sebuah istilah nama dengan desain, symbol, atau karakteristik lainnya dari sebuah jasa maupun produk. Merk sendiri digunakan untuk membedakannya dengan yang lain.

Dengan demikian, branding tersebut adalah segala usaha yang digunakan untuk membuat sebuah brand. Kata lainnya, proses yang dilakukan menentukan visi, misi, juga logo yang bisa dikategorikan seperti branding.

Baca Juga : Mengenal Brand Awareness, Tujuan dan Cara Meningkatkannya

Dari pengertian merk di atas, maka apa itu brandingmerupakan segala usaha dalam menciptakan sebuah brand/merk. Hal ini termasuk dalam menentukan visi, misi, ataupun logo yang dikategorikan sebagai branding. Unsur-unsur tersebut perlu Anda perhatikan dengan baik ketika melakukan apa itu branding. Yakni:

  1. Visi misi

    Visi dan juga misi merupakan sebuah pondasi dari merk jasa maupun produk yang Anda miliki. Kedua hal tersebut bisa diartikan sebagai suatu hal yang saling berkaitan satu sama lain.
     
    Visi sendiri merupakan sebuah tujuan jangka panjang yang ingin Anda capai dari merk yang Anda buat. Sedangkan misi merupakan sebuah solusi yang dapat memecahkan masalahnya.

  2. Logo dan jargon

    Bisa dikatakan bahwa logo merupakan wajah dari sebuah merk. Untuk itu, dalam membuatnya Anda memerlukan beberapa elemen, termasuk warna, tulisan, bentuk dan beberapa hal lain yang bisa diidentifikasikan dengan mudah dan jelas oleh target pasar Anda nantinya.
     
    Jika logo diciptakan dengan citra visual dari sebuah merk, maka berbeda dengan jargon. Jargon juga dibutuhkan agar calon pelanggan nantinya lebih paham mengenai merk seperti apa yang ingin Anda tawarkan.

  3. Website

    Jika dahulunya Anda menampilkan informasi merk dengan menggunakan iklan televise, brosur, atau pamflet, maka berbeda dengan era sekarang yang sudah dikatakan sebagai era digital. Anda memerlukan sebuah situs website resmi agar merk Anda bisa terkenal dengan lebih mudah.
     
    Sebagai tambahan, Anda tidak harus menggunakan website ini sebagai toko online namun Anda bisa saja menggunakannya sebagai profil perusahaan. Di sana nantinya Anda bisa menampilkan berbagai jasa maupun produk yang ingin Anda tawarkan. Yang terpenting Anda memiliki konten yang mudah dipahami agar brand Anda semakin diminati.

Itulah beberapa hal mengenai branding yang perlu Anda ketahui. Selanjutnya setelah Anda mengerti apa itu branding lebih dalam, maka Anda juga perlu mengetahui tips dan trik membangun branding dengan tepat. Simak pada ulasan di bawah ini!

 

Pengertian Dari Strategi Branding?

Mengenal Apa itu Branding dan Tips & Trick Branding untuk Bisnis Anda | IDCloudhost

 

Anda bisa menciptakan banyak brand sesuai kemauan anda, namun brand yang anda ciptakan tidak bakal semuanya melejit ata bahkan hanya untuk pencitraan sekejap. Hal itu memicu munculnya opini juga ekspektasi kebanyakan orang atas diciptakannya merek tersebut. saat menjalankan bisnis, anda pasti berkeinginan brand yang diciptakan bisa mempunyai masa depan yang setara dengan berbagai banyak merek di atas yang sudah terkenal.

Baca Juga : Bagaimana Memaksimalkan Website untuk Brand (Produk Khusus)

Menginginkan hal tersebut tidak bisa anda dapatkan tanpa usaha, ada banyak usaha bahkan anda harus bekerja keras dalam menyampaikan kualitas dan citra produk pada merek tersebut tetap baik dan bisa dipercaya oleh masyarakat. Jadi menggunakan strategi branding bisa menjadi solusinya.

 

Pentingnya Strategi Branding Dalam Bisnis Anda

Banyak merek yang telah dike-nal oleh masyarakat secara luas sudah berdiri lama, misalkan Indomie tadi. Namun, merek dari mie instan tidak akan ada di posisinya seperti sekarang ini tanpa adanya usaha branding yang bisa dilakukan dengan cara turun-temurun. Strategi branding memberikan manfaat yang luar biasa untuk kemajuan bisnis anda, sebab strategi branding mempunyai peranan penting yaitu:

  1. Merek semakin terkenal dengan mudah, strategi branding ketika dilakukan dengan tepat akan menciptakan merek anda semakin terkenal.
  2. Membawa bisnis anda menuju posisi yang kuat di dalam industri, bisnis memang digunakan dalam jangka panjang, maka usaha anda harus diperkuat dengn strategi branding yang terbaik juga. Hal ini supaya bisnis anda bisa meraih posisi yang bagus dalam pasar sehingga menempatkan produk anda berada strategis pada industrinya.
  3. Kepercayaan akan mereka terus meningkat, brand yang sudah dikenal secara positif oleh masyarakat luas akan semakin dipercaya serta lebih mudah mereka dalam menarik pelanggan yang baru. Hal lainnya, konsumen yang lama akan semakin betah menjalankan bisnis dengan anda kalau kualitas juga citra merek yang diberikan tetap terjaga.
  4. Mendukung pemasaran dari merek itu sendiri, berbagai usaha dalam pemasaran akan semakin mudah kalau mempunyai brand yang terpercaya di masyarakat, banyaknya konsumen yang puas dan kembali lagi menggunakan produk anda bisa menjadi salah satu cara melakukan promosi tidak langsung, yang mana mereka konsumen anda tanpa anda suruh akan mengajak konsumen yang lainnya untuk membeli produk anda.

 

Tips dan Trik Ampuh dalam Membangun Sebuah Brand

Mengenal Apa itu Branding dan Tips & Trick Branding untuk Bisnis Anda | IDCloudhost

 

Setelah mengetahui apa itu branding, maka Anda wajib mengetahui juga seperti apa saja tips dan trik ampuh dalam membangun branding yang tepat. Beberapa poin di bawah ini dapat membantu Anda dalam memperkuat brand dibandingkan dengan kompetitor yang lainnya.

  1. Berikan tujuan di balik arti brand Anda

    Sudah disebutkan bahwa salah satu unsur dalam apa itu brandingadalah jargon. Namun hal ini tidaklah cukup, pasalnya untuk membuat sebuah brand yang dapat diterima oleh masyarakat tidak bisa sampai disitu saja. Terlebih jika sudah ada banyak perusahaan yang melakukannya.
     
    Untuk itu, Anda bisa menambahkan atau menyebutkan apa saja yang menjadi tujuan dibalik brand Anda dibuat. Anda bisa menyertakan keunikannya tanpa kehilangan nilai dari brand tersebut. Hal ini dilakukan agar Anda dapat mempertahankan kedudukan dari brand itu sendiri.

  2. Menjaga konsistensi brand

    Salah satu tanda bahwa brand dapat bertahan lebih lama adalah konsistensinya dalam berbagai hal. Hal ini mencakup desain logo, ide, warna, ataupun gaya bahasa. Dengan Anda menjaga konsistensi dari brand tersebut maka sebuah brand akan lebih mudah untuk diingat.
     
    Menjaga konsistensi brand juga tak hanya dalam hal desain logo brand tersebut. Akan tetapi, hal ini juga menyangkut kualitas produk sebuah brand yang ada. Terlebih jika produk Anda sudah memiliki competitor yang cukup signifikan.

  3. Manfaatkan sosial media untuk promosi

    Selain sebagai salah satu strategi dalam pemasaran, sosial media nyatanya cukup bagus untuk melakukan branding sebuah produk. Paling tidak Anda memiliki satu akun sosial media untuk melakukan branding. Dengan begitu, setiap kali pelanggan yang menggunakan merk Anda bisa menandainya di sosial media.
     
    Tentu saja orang lain akan mudah mengenali produk yang Anda miliki. Anda juga bisa menaikkan omset penjualan menggunakan sosial media. Gunakan saja sosial media sebagai wadah untuk melakukan promosi. Caranya yakni dengan membagikan konten-konten yang menarik, agar produk Anda juga bisa dilihat oleh pengguna akun sosial media yang lainnya.

  4. Memberi apesiasi pada pelanggan

    Jika Anda sudah memiliki beberapa pelanggan setia, maka jangan ragu untuk memberi mereka sebuah apresiasi. Anda bisa mengungkapkan rasa terimakasih kepada konsumen kemudian memberikan sistem poin kepada mereka. Saat pelanggan sudah berhasil mengumpulkan sejumlah poin, maka mereka berhak memperoleh hadiah.
     
    Hadiah yang Anda beri pun bisa bermacam-macam, baik itu berupa hadiah fisik maupun voucher diskon. Hal ini tentu sudah sering Anda lihat dan ketahui pada sebuah swalayan maupun toko tertentu.

  5. Perhatikan kompetitor Anda

    Dalam mengetahui apa itu branding, tips dan trik yang satu ini bisa Anda lakukan setelah menggunakan beberapa tips dan trik branding di atas. Anda bisa melakukannya dengan mengawasi seperti apa gerakgerik para pesaing. Hal ini dilakukan agar Anda mengetahui bagaimana sebuah merk dibangun dengan lebih unik.
     
    Jika Anda tidak melakukannya, bisa saja strategi branding yang Anda gunakan terlalu mirip dengan kompetitor lainnya. Hal ini tentunya sangat merugikan, pasalnya dapat membuat target pasar menjadi semakin kebingungan.

  6. Gunakan influencer marketing

    Hal ini merupakan sebuah strategi promosi yang cukup populer dengan penggunaan sosial media Instagram. Untuk melakukan tips dan trik branding ini, Anda bisa bekerjasama dengan para influencer sehingga mereka akan mempromosikan produk Anda.
     
    Dengan followers Instagram yang cukup banyak dan signifikan, maka Anda bisa meningkatkan branding secara efektif dan cepat. Teknik influencer marketing ini sendiri sangat cocok Anda gunakan saat merilis sebuah produk baru. Dengan begitu, produk Anda bisa menjadi populer dengan jangkauan yang cukup luas.

  7. Sponsorship

    Sponsorship adalah salah satu cara yang bisa digunakan dalam meningkatkan sebuah brand. Namun begitu, tidak semua pelaku bisnis memiliki modal yang cukup dalam memberikan sponsor dalam sebuah acara. Padahal, memberikan sponsor dalam suatu acara bisa jadi cara ampuh untuk meningkatkan apa itu branding.
     
    Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan kupon, maupun voucher promo kepada calon pelanggan yang ada. Dengan begitu, mereka akan langsung tertarik dan penasaran dengan brand yang Anda miliki.

Branding memang segala usaha yang Anda lakukan dalam membangun sebuah merk. Dengan mengetahui apa itu branding serta beberapa tips dan trik meningkatkan branding di atas, tentu Anda akan semakin mudah untuk melakukan branding.

Beberapa tips dan trik dalam melakukan branding di atas perlu Anda perjuangkan agar brand yang Anda miliki mampu dikenal oleh banyak orang. Dengan begitu, mereka akan senantiasa mengingat brand Anda saat membutuhkan apa saja yang mereka perlukan.

Dalam melakukan branding sendiri perlu Anda laukan dengan konsisten. Jadi, jangan heran jika Anda memerlukan waktu yang cukup panjang. Hal ini tak lain agar Anda mampu menjangkau konsumen dengan cara-cara seperti yang telah dijelaskan di atas.

Related Post :

popup image