Mengenal Apa Itu DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) dan Cara Mengeceknya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Bagi para pemilik situs web, pasti tidak asing dengan DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority). Mengingat dunia SEO penuh dengan metrik yang mempengaruhi cara tim mengarahkan strategi. Otoritas atau authority memainkan peran sentral dalam hal ini karena otoritas mempengaruhi pengguna manusia yang mencari solusi dan bot mesin pencari yang merayapi situs web.

Otoritas sendiri adalah ukuran kualitatif properti web apa pun yang secara signifikan mempengaruhi visibilitas dan peringkat properti secara keseluruhan di mesin telusur. Dengan demikian, otoritas adalah fokus penting bagi sebagian besar pakar SEO, dan memang demikian. Taktik SEO yang paling umum, seperti menghasilkan konten informatif dan pembuatan tautan, dilakukan dengan tujuan meningkatkan otoritas.

Hanya saja, otoritas tidak dapat menjamin visibilitas pencarian dan Anda juga memerlukan relevansi kontekstual dengan kueri, tetapi ini merupakan indikator yang cukup kuat untuk kinerja SEO Anda secara keseluruhan. Dengan kata lain, ada berbagai jenis otoritas, namun, tidak ada ukuran tunggal, kuantitatif, dan andal untuk otoritas situs web. Meski ada upaya untuk mengukur dan mengartikulasikan apa itu otorita’ dan bagaimana Google dan mesin pencari lainnya menghitung dan mempertimbangkannya.

 

Mengenal Apa Itu DA (Domain Authority)

Sangat penting untuk menentukan apa itu DA (Domain Authority) dan apa yang tidak termasuk didalamnya untuk mengarahkan strategi digital Anda ke arah yang benar. Domain Authority (DA) adalah metrik yang pertama kali dikembangkan oleh Moz yang memprediksi seberapa besar kemungkinan sebuah domain muncul di SERP dibandingkan dengan pesaingnya. Penting untuk digaris bawahi bahwa Google tidak menggunakan Domain Authority sebagai faktor peringkat untuk memutuskan cara memberi peringkat situs web.

Jadi bukan metrik yang akan meningkatkan peringkat Anda di halaman hasil mesin pencari/search engine results page (SERP). Namun, otoritas domain adalah indikator bagus yang akan membantu Anda menilai kinerja situs web Anda dalam kaitannya dengan pesaing. Saat ini, metrik ini tidak hanya digunakan oleh Moz saja, karena alat SEO yang berbeda seperti SEMrush telah mengembangkan metrik otoritas mereka sendiri yang merupakan algoritma yang menggunakan data dari tautan balik, domain rujukan, atau lalu lintas pencarian, antara lain, untuk menentukan skor Otoritas. Meskipun ini bukan faktor peringkat resmi yang digunakan oleh Google, ini adalah metrik yang berguna untuk mengetahui kesehatan situs Anda dalam kaitannya dengan pesaing Anda.

 

Mengenal Apa Itu PA (Page Authority)

Mengenal Apa Itu DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) dan Cara Mengeceknya
 

PA atau Page Authority adalah skor Moz yang dapat memprediksi bagaimana peringkat halaman tertentu di mesin pencari. Skor halaman web apa pun untuk SERP dapat berkisar hingga 100 dan skor tinggi dapat meningkatkan peringkat halaman juga. Puluhan faktor berkontribusi dalam menentukan otoritas halaman halaman web. Jika berbicara tentang Domain Authority maka ada model pembelajaran mesin yang digunakan untuk mengidentifikasi algoritma yang dapat menghubungkan otoritas halaman situs web di ribuan SERP.

Lalu jika Anda ingin mengetahui bagaimana Page Authority dihitung, maka pada dasarnya skor sebuah halaman untuk otoritas dihitung pada skala logaritmik 100 poin. Siapa pun dapat meningkatkan skor ini bahkan dari 20 menjadi 80 dengan mudah. Moz terus memperbarui algoritma Page Authority dan oleh karena itu skor halaman juga dapat berfluktuasi dari waktu ke waktu. Biasanya, metrik kompetitif dipertimbangkan dalam memutuskan untuk menentukan kinerja halaman daripada skor konkret. Jadi, tidak ada Page Authority yang baik dan buruk dari sebuah halaman, melainkan studi banding.

 

Baca Juga  :      Cara Cek Backlink Website Kompetitor dengan Mudah dan Cepat

 

Cara Mengecek dan Menghitung DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority)

DA akan dihitung untuk keseluruhan domain dan sub-domainnya, sehingga otoritas halaman dihitung pada halaman individual. Untuk mengidentifikasi PA suatu halaman, data diambil dari indeks web Mozscape dan dapat mencakup jumlah tautan, skor MozTrust. MozRank dan banyak faktor kecil lainnya yang terkait dengan halaman. Di sini untuk menghitung penggunaan kata kunci peringkat halaman dan optimasi konten tidak diperhitungkan. Anda dapat mengetahui DA dari situs web manapun menggunakan Moz Link Explorer, MozBar toolbar SEO gratis Mo), atau di bagian Analisis SERP dari Penjelajah Kata Kunci. Metrik Otoritas Domain juga dimasukkan ke dalam semua kampanye Moz Pro, API Moz, dan lusinan platform SEO dan pemasaran online di seluruh web.

PA juga dihitung menggunakan pembelajaran mesin seperti DA dan karenanya dapat berfluktuasi juga, karena data yang dimasukkan ke dalam algoritma pembelajaran mesin dapat berubah dari satu waktu ke waktu lainnya. Jadi, pengguna harus mengambil DA sebagai metrik relatif, ketika mereka membandingkannya dengan halaman lain dan nilai absolut tidak boleh dipertimbangkan untuk memeriksanya. Metrik DA dapat digabungkan ke dalam lusinan SEO dan platform pemasaran online di seluruh web.

 

Baca Juga  :     Internal Link: Panduan Lengkap untuk Optimasi SEO Ditahun 2021

 

Cara Meningkatkan DA (Domain Authority)

Mengingat kerumitan di balik skor DA, sebenarnya tidak ada level pasti yang menentukan skor baik atau buruk. Namun, jika Anda ingin menjadi yang terdepan dalam persaingan, maka Anda harus bertujuan untuk mendapatkan skor DA yang lebih tinggi dari domain pesaing Anda. Ada tiga cara prinsip untuk melakukan ini, yaitu :

  • Mengaudit profil tautan Anda

    Profil tautan adalah daftar semua tautan balik ke situs web Anda, untuk membantu membuat skor Anda lebih tinggi, Google lebih suka jika tautannya berasal dari situs otoritas tinggi. Menggunakan alat SEO akan membantu Anda mengetahui tautan mana yang sehat dan mana yang harus diubah.

  • Buat konten yang menarik

    Adanya metrik keterlibatan, seperti rasio pentalan atau lalu lintas organik, dapat membuat perbedaan besar pada skor Anda. Oleh karena itu, untuk meningkatkan peringkat Anda, Anda perlu membuat konten berkualitas untuk menarik orang ke situs Anda dan menjaga mereka tetap di sana.

  • Dapatkan backlink berkualitas tinggi

    Melakukan ini adalah bagian penting untuk meningkatkan skor DA Anda. Anda dapat memanfaatkan metode skycrapper untuk melakukan ini secara efektif. Ini adalah metode pemasaran konten yang melibatkan penilaian konten pesaing Anda dan memastikan konten Anda lebih baik. Dengan begitu, kemungkinan besar mendapatkan backlink yang lebih berharga.

 

Baca Juga  :    Tutorial Mengedit DNS Zone Domain (Account Reseller)

 

Cara Meningkatkan PA (Page Authority)

Mengenal Apa Itu DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) dan Cara Mengeceknya
 

Selain harus memahami cara meningkatkan DA, maka layaknya paket yang lengkap, Anda harus juga memahami bagaimana caranya meningkatkan PA (Page Authority) juga karena kedua hal ini akan selalu saling menopang. Ada beberapa cara populer dan paling sering digunakan untuk meningkatkan PA yang bisa Anda terapkan yaitu :

  • Membuat uat halaman di domain dengan otoritas tinggi.
  • Pastikan konten halaman yang Anda pilih sangat detail, relevan, dan asli.
  • Pastikan halaman Anda berfungsi penuh dan dioptimalkan untuk SEO.
  • Sertakan tautan internal ke dan dari halaman.
  • Hasilkan banyak tautan masuk berkualitas tinggi, baik dalam hal otoritas sumber eksternal dan relevansi tautan yang mana harus mengarah ke halaman yang Anda pilih.
  • Hapus semua tautan buruk yang mengarah ke situs Anda dari halaman yang dipilih.

 

Baca Juga  :    Exsternal Link (Backlink): Panduan Lengkap untuk Optimasi SEO Tahun 2021

 

Kesimpulan dan Penutup

Meskipun keduanya penting untuk visibilitas pencarian Anda, otoritas domain (DA) layak mendapatkan lebih banyak perhatian dan prioritas daripada otoritas halaman (PA). Karena ini adalah investasi jangka panjang yang lebih besar, ia memiliki potensi yang lebih besar dan menghilangkan masalah menempatkan semua telur otoritas Anda dalam satu keranjang. Namun, tetap penting untuk mempertimbangkan otoritas halaman sebagai alat yang berguna, jika Anda memiliki konten yang menonjol atau halaman tertentu yang ingin Anda tekankan atau bersaing dalam hasil pencarian, Anda dapat membangun otoritas halamannya untuk memberikan dorongan ekstra.

Apa pun situs web Anda dan tujuannya, Anda tetap harus mencoba meningkatkan lalu lintas web untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Selain itu, untuk mengetahui apakah halaman web Anda akan mendapat peringkat yang baik oleh Google atau tidak, Anda dapat memeriksa otoritas halaman halaman web Anda. Perhatikan skor otoritas halaman dan lakukan sebanyak mungkin untuk meningkatkannya. Selain itu, ada banyak cara lain untuk meningkatkan otoritas halaman, jadi kenali dan terapkan kemudian untuk meningkatkan skor. Otoritas domain (DA) dan otoritas halaman (PA) adalah dua faktor terpenting untuk SERP dan kelanjutan bagi situs web Anda.

Related Post :