Mengenal Apa itu Fitur Dompet Digital Whatsapp yang akan Hadir di Indonesia?

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

WhatsApp dikabarkan dalam waktu dekat akan membuka atau menghadirkan Dompet digital di Indonesia setelah sebelumnya diluncurkan secara resmi di Indonesia. WhatsApp yang merupakan salah satu sister companynya facebook ini sedang melakukan pendekatan dengan beberapa perusahaan yang menyediakan metode pembayaran digital di Indonesia.

Baca Juga : Halaman Pembayaran IDCloudhost

Masih terkendala Regulasi di Indonesia

Berbeda dengan yang ada di India, di Indonesia Dompet digital WhatsApp tidak akan menawarkan pembayaran peer-to-peer secara langsung, melainkan menggandeng layanan dompet digital lokal yang sudah eksis di Indonesia. Hal ini dikarenakan ketatnya regulasi mengenai lisensi dompet digital yang ada di Indonesia yang membuat dompet digital WhatsApp saat ini hanya sebagai integrasi dengan beberapa situs saja.

Menyingkapi perihal ini yang akan hadir di Indonesia, Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Filianingsih Hendrata mengatakan WhatsApp Payment belum ada audiensi terkait perizinan.

“Saat ini kalau asing ini menjadi PJSP (Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran) di Indonesia harus tunduk kepada ketentuan Pemrosesan Transaksi Pembayaran, yakni harus berbadan hukum Indonesia dan mengajukan izin sebagai PJSP,” ujar Filianingsih

Onny Widjanarko selaku Kepala Departemen Komunikasi BI juga mengatakan untuk bisa beroperasi di Indonesia, pihak yang menjadi penyelenggara jasa sistem pembayaran seperti sebagai prinsipal, switching, penerbit kartu kredit, kartu debit dan uang elektronik, digital wallet, acquiring dan payment gateway harus memiliki izin atau persetujuan BI.

Adapun Beberapa penyedia dompet digital Indonesia yang kabarnya sedang didekati WhatsApp adalah GoPay milik GoJek, Dana, dan Ovo milik Lippo Group. Selain itu juga dompet digital WhatsApp akan terintegrasi juga dengan beberapa perusahaan BUMN seperti bank Mandiri untuk pembayaran digital lainnya yang dalam hal ini akan memungkinkan terintegrasi juga dengan beberapa Bank yang ada di Indonesia.

Baca Juga : Pembayaran Layanan IDCloudHost via GO-PAY

Dompet Digital itu bernama WhatsApp Pay

WhatsApp Pay yang merupakan dompet digitalnya WhatsApp ini memiliki kemampuan dalam melakukan transfer uang antar-pengguna. Fitur pembayaran pada WhatsApp Pay seperti yang kita ketahui sudah digunakan di India. Kabar di atas sejalan dengan pernyataan CEO Facebook, Mark Zuckerberg, yang mengatakan bahwa layanan pembayaran digital WhatsApp akan diperluas ke sejumlah negara.

Nah menurut kamu, kalau IDCloudhost terintegrasi dengan WhatsApp Pay bagaimana? Apakah akan mempermudah nantinya ? Bagaimana menurut kamu ?

Related Post :

popup image