Mengenal Apa itu SEO (Search Engine Optimization) ?

Business, Search Engine Optimization / 0 | | 0

Mungkin dibenak pertama mendengar kata SEO adalah google, padahal sebenarnya banyak mesin pencari di Internet. Seperti Bing, Baidu, Yahoo dan Google sendiri. Sedikit bercerita mengenai mesin pencari pertama kali dikenal pada pertengahan era 90-an. Optimasi mesin pencari ini tumbuh bersma-sama dengan hadirnya internet mulai dai Archie, Gopher, Exicet dan ALIWEB dan mesin pencari itu telah tiada, hingga muncul mensin pencari Google di era sekarang ini.

Co-founder situs terkenal Search Engine land, Danny Sullivan berpendapat jika frasa search engine optimization (SEO) pertama kali diperkenalkan juga dipopulerkan oleh Bruce Clay, sebuah perusahaan optimasi pemasaran internet pada tahun 1997. Dengan adanya mesin pencari ini kita sebagai pengguna dapat mencari apa saja yang kita inginkan, mencari ilmu, mencari resep makanan dan semua pertanyaan-pertanyaan yang ada di benak anda, mungkin anda juga sekarang mencari “Apa itu SEO”?

Baca Juga : Perbedaan Antara SEO dan SEM

Kini pun pemilik website berlomba-lomba memberikan konten yang unik dan tentunya memberikan konten yang dicari oleh pengguna, tentunya ini sangat menguntungkan keduabelah pihak pembaca mendapatkan apa yang ia cari dan pemilik website/blog dapat monetize dengan google adsense.

Lalu apa itu SEO yang sesungguhnya ?

SEO merupakan singkatan dari “search engine optimization” (pengoptimalan mesin pencari) atau “search engine optimizer”. SEO ini adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan trafik kunjungan dengan mesin pencari dengan kata kunci tertentu misalnya “Cara Membuat Kue Bolu”, “Cara Instal WordPress” dll tentunya ada di halaman pertama google atau bisa di bilang 10 besar pencarian pertama Google.

Secara prinsip semakin baik posisi sebuah website semakin besar pula mendapatkan trafik, apabila ada di halaman pertama google dan peringkat satu tentunya itu sangat baik, karena kemungkinan menjadi trafik sangat besar, dan sebagai pemilik website harus tau bagaimana mencari riset kata kunci yang mendatangkan trafik .

Untuk mengoptimalkan website di mesin pencari Google ada beberapa metode yang sangat penting, yaitu SEO On Page maupun SEO Off Page. Mungkin di artikel selanjutkan akan dibahas bagaimana mengotimalkan SEO On Page maupun Off Page dan juga macam-macam algotitma google dan trik beserta tips bagaimana berada dihalaman pertama google dengan mudah. Semoga bermanfaat

Related Post :