Mengenal Apa itu Software Engineering : Definisi dan Manfaat Dalam Bisnis

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Berbagai macam divisi dalam jenis pekerjaan pada setiap perusahaan. Mulai dari Divisi pelayanan, divisi finance, divisi bisnis , Divisi IT,hingga divisi HRD dan Manajemen. Namun, ada pula yang bekerja sebagai software engineering dalam pekerjaanya. Berbagai macam pekerjaan dari latar belakang teknik yang biasanya memiliki gaji yang cukup tinggi.

Mungkin tidak banyak orang yang masih asing dengan istilah ini. Akan tetapi, untuk mereka yang setiap saat atau yang sudah lama berada di dalam dunia komputer, jika mendengar kata software engineering tentu mereka sudah tidak asing.

Biasanya ada yang menyebutkan software engineering merupakan salah satu jobdesk di divisi  IT dan pengembangan perangkat lunak. Nah, penasaran dengan apa itu Software Engineering? Yuk, simak atikel berikut ini.

 

Mengenal Apa Itu Software Engineering

 

Apa yang dimasksud dengan software? Pengertian software adalah suatu bagian dari sistem komputer yang tidak memiliki wujud fisik dan tidak terlihat karena merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer berupa program yang dapat menjalankan suatu perintah.

Selain itu, pengertian software juga merupakan suatu data yang diprogram, diformat, dan disimpan secara digital, tidak berbentuk fisik tapi dapat dioperasikan oleh penggunanya melalui perangkat komputer.

Sebuah software atau perangkat lunak merupakan jembatan penghubung yang menghubungkan antara pengguna dengan hardware sehingga dapat melakukan suatu perintah tertentu. Jadi, tanpa adanya software maka komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak bisa menjalankan perintah apapun dari user. Jadi software engineering adalah orang yang bekerja membuat perangkat lunak.

 

Manfaat Software Engineering

 

Dalam bisnis, Software engineering memiliki berbagai macam manfaat tersendiri. Biasanya, software engineering ini merupakan suatu disiplin ilmu yang biasanya disebut dekat rekayasa perangkat lunak, yang membahas terakit seluruh aspek produksi perangkat lunak mulai dari tahap analisa kebutuhan pengguna, menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna, desain, code program, pengujian sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan.

Nah, hal ini menyatakan bahwa software engineering tidak hanya terkait dengan cara membuat code program tetapi juga berkaitan dengan proses lainnya. Software engineering sendiri memiliki tujuan untuk membantu dalam memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah tetapi memiliki kinerja yang tinggi, handal dan tepat waktu.

Selain itu, juga untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis platform dengan biaya perawatan yang rendah. Dengan pernyataan tersebut maka tak heran jika software engineering sering dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis.

Mengingat manfaat software telah mampu menciptakan peluang bisnis baru seperti misalnya start-up yang semakin tumbuh dan berkembang yang menciptakan beraneka ragam model bisnis digital yang baru.

Ketika anda menemukan ide terkait inovasi bisnis digital dan teknologi pasti membutuhkan software engineering yang kreatif dan inovatif. Terlebih saat ini banyak masyarakat di Indonesia menggunakan smartphone dan internet yang juga mendorong untuk pelaku bisnis agar lebih berkreasi lagi.

Baca Juga : Software Untuk Membuat Sebuah Website (Text Editor)

 

1. Mendukung kegiatan bisnis yang otomatisasi

Software Engineering sangat membantu dalam kegiatan bisnis yang otomatis. Maksudnya adalah kegiatan bisnis yang berkaitan menjalankan bisnis ataupun aktivitas yang terjadi pada kantor atau perusahaan yang mana biasa disebut dengan office automation dan business automation.

Dalam mendukung office automation dapat seperti misalnya proses automatisasi pada kantor terkait dari absensi karyawan, payroll, bahkan dapat mampu memantau kinerja karyawan. Sedangkan dalam mendukung business automation seperti misalnya adanya software enterprise resource planning yang sangat mendukung proses automatisasi bisnis, dari inventory control, proses produksi, finance sampai dengan customer relational management atau CRM sekalipun.

Untuk membangun software yang mendukung untuk office automation dan business automation, didalam software engineering terdapat metode khusus untuk melakukan perancangan sistem yaitu metode SDLC (system development life cycle). Dimana didalam SDLC memuat beberapa hal mulai design system, development system, testing dan implementation.

 

2. Membentuk financial technology

Seperti yang kita ketahui bahwa diera digital ini memberikan dampak yang begitu besar khususnya untuk mendukung kegiatan dalam berbisnis. Software engineering dalam bisnis mampu menghasilkan atau membentuk financial technology yang mana teknologi informasi diterapkan pada bidang keuangan.

Dengan begitu maka akan membantu seseorang ketika ingin mengakses produk-produk keuangan, mempermudah transaksi dan meningkatkan literasi keuangan. Tentunya hal ini bermanfaat untuk proses bisnis dalam melakukan segala transaksi keuangan, baik itu penjualan ataupun pembelian.

 

3. Mendukung strategi bisnis yang tepat

Software engineering dalam bisnis tentunya memberikan manfaat untuk mendukung adanya strategi bisnis yang tepat. Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa didalam software engineering ini terdapat enterprise resource planning yang secara tidak langsung akan memberikan dampak pada strategi bisnis.

Hal ini dalam enterprise resource planning ini mendukung adanya proses automatisasi bisnis seperti inventory control, proses produksi, finance bahkan CRM. Sehingga ketika hal tersebut diterapkan dalam bisnis maka strategi bisnis yang telah dibuat akan berjalan lebih tepat dibanding tanpa menggunakan software engineering.

 

4. Mendukung kinerja tim yang efektif

Selain mendukung strategi bisnis yang tepat software engineering dalam bisnis juga mampu mengendalikan atau mendukung terkait kinerja tim yang efektif. Kinerja tim ini memerlukan suatu manajemen yang mana akan diperlukan dalam membentuk suatu software engineering ini.

Karena software engineering dapat diterapkan sebagai office automation yang mampu memantau kinerja tim yang ada dalam bisnis. Sehingga hal tersebut akan mendorong seluruh pihak yang terkait dalam bisnis untuk bekerja dengan efektif sesuai dengan pembagian tugas yang telah dibuat.

Software engineering dalam bisnis sebenarnya tidak hanya memiliki manfaat seperti yang telah dijelaskan di atas, yang mana software engineering ini memiliki manfaat yang luas dan mampu meraih kesuksesan bisnis seseorang jika mampu menerapkannya dengan baik.

Contohnya anda dapat membantu seseorang untuk membuat bisnis start-up atau bisnis lainnya yang berkaitan dengan teknologi khususnya software engineering. Demikianlah informasi terkait manfaat software engineering dalam bisnis, semoga dapat bermanfaat.

Baca Juga : Mengenal Softaculous – Software Auto Installer

 

Kesimpulan dan Penutup

Dalam memahami setiap jenis pekerjaan, terutama pada software engineering merupakan sebuah pekerjaan yang tergolong cukup banyak saat ini. Apalagi jika dilihat perkembangan digital yang kian hari kian pesat hingga banyak muncul startup di indonesia.

Software merupakanPengertian software adalah suatu bagian dari sistem komputer yang tidak memiliki wujud fisik dan tidak terlihat karena merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer berupa program yang dapat menjalankan suatu perintah.

Nah, Software engineering berarti orang yang melakukan pekerjaan untuk mengembangkan perangkat lunak. Jika anda seseorang yang hobi melakukan programming anda dapat melamar pekerjaan sebagai software engineering.

Related Post :

popup image