Mengenal Apa Itu Widget dan Manfaat Menggunakannya

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Beberapa aplikasi dan website menawarkan pengguna mereka ekstensi dari sebuah program atau jasa. Maka ekstensi digunakan ketika seseorang memerlukan fungsionalitas lebih dari program atau perangkat lunak yang sudah disediakan, sehingga ekstensi dibutuhkan. Sebuah ekstensi dapat langsung diunduh ke komputer pengguna dan disimpan di desktop yang tersedia dalam bentuk yang kecil, interface pengguna yang terbatas, dan inilah yang disebut sebagai widget.

Baik penyedia jasa maupun pengguna suatu aplikasi atau situs biasanya menggunakan widget karena mudah bahkan dianggap sebagai alat yang esensial. Karena kemudahannya, widget kini bahkan bisa diadaptasi untuk penggunaan handphone. Tak mengherankan kalau banyak widget dikembangkan khusus untuk handphone dan lainnya dikembangkan sebagai ekstensi website yang tidak dapat diakses pengguna mobile.

Dalam dunia Android, kata widget berarti self contained code atau kode mandiri yang menampilkan program, atau bagian kecil dari program, dan terkadang merupakan shortcut untuk aplikasi yang lebih besar. Biasanya widget ditemukan di halaman web, dekstop komputer, hingga smartphone, namun tahukah Anda bagaimana widget bisa mempengaruhi banyak hal? Pertama kali muncul di Android versi 1.5 dan mendapatkan trafik yang ramai, sejak rilisnya HTC Hero, widget menjadi fungsional namun tampilannya tidak menarik. Dari saat itu, pengembang telah membuat widget dengan berbagai fungsi yang luar biasa hingga rasanya akan sangat sulit membayangkan Android tanpa widget.

 

Alasan Mengapa Umum Widget Digunakan di Situs Web

Mengenal Apa Itu Widget dan Manfaat Menggunakannya
 

 

Selain awalnya digunakan dalam situs web, widget digunakan pada dasarnya untuk memperbaharui website Anda dan menjadikannya lebih menarik perhatian dengan cara-cara sederhana. Fokus menggunakan widget adalah pada bagaimana cara meningkatkan pengunjung berinteraksi dengan website Anda agar mereka mendapatkan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Cara tersebut dapat meningkatkan trafik website dan jika Anda memiliki bisnis maka Anda bisa meningkatkan pertumbuhan website Anda juga dengan bantuan widget. Interaksi pengguna nantinya akan membantu memberikan Anda kesempatan untuk mengumpulkan data mereka, serta menggunakan data tersebut untuk keputusan bisnis yang lebih strategis, sekaligus meningkatkan pengalaman pembeli Anda.

Penggunaan widget bisa membantu Anda dalam mengembangkan website yang lebih interaktif dimana penambahannya akan membantu menuntun pengunjung untuk ke rubrik atau bagian baru dari situs Anda. Jika Anda ingin konten yang Anda buat dilihat oleh banyak orang, tentu saja Anda harus memikirkan berbagai cara dalam menampilkan konten tersebut.

 

Baca Juga  :  Cara Membuat Blog di Platform Blog Besar

 

Salah satu kasus dan contoh umum adalah pengunjung akan mengikuti link yang Anda masukkan pada suatu buletin dan membawa mereka pada artikel untuk mengatur strategi. Dari sini pengunjung tersebut akan segera menyadari bahwa ada link, contohnya seminar, yang dijadwalkan dan dipasarkan berada pada sidebar. Namun, jika pengunjung tersebut merasa tidak ada yang bisa dieksplor lagi, mereka akan meninggalkan website Anda.

Rsahasinya adalah semakin lama Anda bisa membuat seseorang bertahan pada situs web Anda, semakin mungkin mereka menjadi klien Anda. Manfaat lain yang Anda dapatkan adalah waktu yang mereka habiskan di website menjadi salah satu faktor pemeringkatan di pencarian Google. Selalu mencari cara agar pengunjung tertarik dan menghabiskan waktu di website Anda adalah hal yang baik untuk membuat trafik dan peringkat Anda semakin naik.

 

Baca Juga  :     Cara Mengatasi Serve Scaled Images di Website WordPress

 

Keuntungan dan Manfaat Menggunakan Widget di Situs Web

Mengenal Apa Itu Widget dan Manfaat Menggunakannya
 

 

Sejak diperkenalkan, widget menjadi sangat populer karena widget memberikan banyak sekali manfaat baik bagi pengunjung maupun pemilik website. Sehingga jika Anda mencoba untuk mencari cara untuk mengembangkan website Anda menjadi lebih interaktif dan menarik Anda bisa mencoba widget. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan widget.

  • Mudah dan murah untuk di instal dan digunakan

    Kelebihan menggunakan widget, pertama adalah ini merupakan solusi yang mudah dan murah. Ini tidak terlepas, untuk menambahkan widget tidak seperti menginstall hal rumit lainnya mengingat widget bukanlah modifikasi masif bagi website. Belum lagi widget juga tidak memerlukan downtime apapun sehingga Anda tidak perlu menggunakan mode maintenance ketika mengaplikasikan atau menginstalnya. Anda dapat menambahkan widget dengan cepat dan widget siap digunakan. Lebih baik lagi, mayoritas widget yang ada juga gratis karenanya Anda tidak mengeluarkan biaya untuk manfaat yang diberikan.

  • Membantu meningkatkan fungsionalitas website

    Mungkin keuntungan terbesar dari widget adalah, fungsionalitas tambahan bagi website Anda. Apapun yang Anda tambahkan entah itu kalender, tech support otomatis, kolom tanya jawab dan lainnya, widget membuat website Anda lebih interaktif dan memiliki banyak pilihan dibanding sebelumnya. Karena widget selalu memberikan peningkatan terhadap fungsionalitas website Anda. Bahkan widget mampu mengotomasi beberapa proses atau alur kerja tertentu misalnya customer service, sehingga pekerja lain bisa fokus pada hal yang lebih penting untuk membangun dan mengembangaka isi konten situs web Anda.

  • Mempunyai tujuan dan fungsi yang bervariasi

    Website tentu memiliki pendekatan yang berbeda untuk meningkatkan user experience atau pengalaman penggunanya tersendiri. Pada dasarnya, tidak ada satu widget yang bisa memberikan Anda seluruh solusi, namun widget tersedia untuk seluruh hal yang Anda perlukan, apapun kebutuhan Anda dalam mengembangka situs web Anda. Jika Anda tidak menemukan widget untuk hal yang Anda perlukan, Anda juga bisa membayar seseorang untuk membuatnya karena widget bukan hal yang sulit untuk didesain.

  • Dapat dikostumisasi dan disesuaikan dengan kebutuhan

    Widget biasanya hanya berfungsi untuk satu hal yang sudah ditentukan penggunaannya dan Anda tidak bisa digunakan untuk fungsi lain. Namun kebanyakan widget memberikan Anda keleluasaan untuk melakukan kustomisasi karena widget harus bisa berguna untuk beragam website dan webmaster, Anda bisa mengubah tampilannya hingga batas tertentu. Beberapa widget bahkan menawarkan pengaturan yang bisa Anda gunakan untuk mengontrol hal-hal yang harus ditampilkan widget dan bagaimana widget bekerja. Karena itu tidak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan widget dengan website atau tema apapun.

  • Membangun user experience yang baik dan menarik di mata pengunjung

    Tujuan dalam pemakaian widget untuk suatu website adalah agar website Anda semakin menarik bagi pengguna atau pengunjung. Dengan menambahkan berbagai fitur yang interaktif Anda meningkatkan user experience mereka. Widget yang Anda pilih dapat memberikan mereka konten yang lebih banyak, informasi yang lebih lengkap, interaksi dengan website yang lebih lama, bahkan membuat mereka menyelesaikan suatu masalah, dan masih banyak lagi. User experience sendiri adalah hal yang sangat penting dan hal tersebut akan membedakan website Anda dengan berbagai website di jagat internet.

 

Baca Juga  :     Kumpulan Rekomendasi Text Editor Terbaik Untuk Pengembangan Website

 

Kesimpulan dan Penutup

Selama beberapa dekade terakhir, widget telah mengalami perkembangan signifikan dan pesat dengan juga menyediakan berbagi fungsi dan tujuang penggunaan. Pada awalnya widget hadir dengan tampilan yang sederhana dan membosankan, namun dengan kerja keras para pengembang widget memiliki beragam fungsionalitas dan tampilan yang bisa Anda pilih.

Bahkan widget kita bisa diintegrasikan ke dalam perangkat smartphone Android yang membantu memberikan fungsionalitas tambahan yang menarik. Dengan mayoritas widget yang ada saat ini bisa digunakan secara gratis, tidak ada salahnya untuk juga menggunakan widget ke dalam situs web Anda jika Anda ingin memberikan pengalaman kunjung yang lebih baik lagi bagi pelanggan Anda.

Related Post :