Mengenal Apa Perbedaan Resume dan CV untuk Melamar Pekerjaan

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

Saat membaca posting mengenai lowongan pekerjaan, Anda mungkin telah memperhatikan beberapa perusahaan meminta resume sedangkan yang lainnya meminta CV dan beberapa mungkin meminta resume / cv. Walaupun resume dan CV digunakan dalam aplikasi pekerjaan (dan beberapa perusahaan mungkin menerima keduanya), kedua dokumen ini memiliki beberapa perbedaan.

Tidak hanya perbedaan dalam format saja, CV dan resume bahkan bisa dianggap dua hal yang berbeda di setiap negara. Seperti yang bisa kita lihat dari beberapa situs web penyedia jasa lowongan kerja, terkadang mereka hanya mewajibkan salah satunya atau gabungan keduanya. Sebagai orang yang sedang membutuhkan dan mencari pekerjaan, maka Anda wajib mengetahui perbedaan CV dan resume

Selain itu Anda juga harus mengetahui cara membuat dan menulis CV mau pun resume meski bisa saja nanti Anda hanya menggunakan salah satu dari kedua hal ini. Untuk membantu Anda memastikan Anda sudah menyiapkan dokumen yang tepat untuk aplikasi pekerjaan Anda, berikut adalah beberapa klarifikasi tentang perbedaan antara CV dan resume.

 

Mengenal Apa Itu CV (Curriculum Vitae)

Mengenal Apa Perbedaan Resume dan CV untuk Melamar Pekerjaan
 

CV atau Curriculum Vitæ yang artinya kehidupan dalam bahasa Latin, adalah dokumen mendalam mengenai data dan informasi seseorang yang dapat ditata lebih dari dua halaman atau lebih. CV biasanya berisi detail tingkat tinggi tentang pencapaian Anda yang ditulis secara detail hingga jauh lebih dari sekadar perjalanan biografi dari karier Anda.

Penulisan CV juga mencakup rangkuman pendidikan yang pernah Anda enyam dan juga pencapaian lainnya seperti prestasi, penghargaan, penghargaan dan lain- lain. Dokumen ini cenderung disusun secara kronologis dan membuatnya lebih mudah untuk dibaca dari awal hingga akhir mengenai ikhtisar karir dan riwayat penuh hidup seorang individu. CV juga bersifat statis dan tidak berubah kecuali adanya penambahan informasi, , sedangkan perbedaannya berada pada surat pengantar.

Baca Juga :   Cara Membuat CV Lamaran Kerja Terbaru dan Paling Kreatif Tahun 2020

 

Komponen Dari Sebuah CV

Tidak ada aturan baku tentang berapa halaman dari sebuah CV seharusnya, penulisan CV akan tergantung pada jumlah pengalaman dan riwayat yang ditulis oleh sang pelamar pekerjaan itu sendiri. Sedangkan jumlah halaman CV itu bisa berkisar 2 hingga 8 halaman. Namun Anda juga harus mengikuti komponen CV seperti dibawah ini.

  1. Nama lengkap
  2. Kontak informasi
  3. Gelar profesional, ringkasan resume, atau resume objektif
  4. Minat dan ringkasan informasi pribadi
  5. Penelitian, publikasi dan pengalaman mengajar
  6. Jenjang pendidikan dan prestasi yang berhubungan dengan pendidikan
  7. Pengalaman kerja
  8. Konferensi dan kursus yang pernah diikuti
  9. Kumpulan prestasi (jika ada)
  10. Keterampilan yang dikuasai
  11. Sertifikat
  12. Bahasa yang dikuasai
  13. Referensi

 

Mengenal Apa yang Dimaksud dengan Resume

Mengenal Apa Perbedaan Resume dan CV untuk Melamar Pekerjaan
 

Resume adalah dokumen singkat yang dibuat secara jelas tidak bertele- tele untuk tujuan melamar pekerjaan tertentu. Berbeda dengan CV, Anda harus membuat resume sesingkat mungkin. Seringnya mengikut pada acuan penggunaan umum, Anda harus mempersingkat resume Anda hingga maksimal 1 halaman.

Jika Anda memiliki lebih dari 10 tahun pengalaman dan merasa informasi tambahan Anda sebutkan dapat menambah nilai pada aplikasi Anda, Anda dapat menjadikannya 2 halaman maksimum. Dalam resume, Anda hanya menyebutkan aspek pengalaman kerja dan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Resume yang bagus menyoroti kontribusi spesifik yang telah Anda buat dalam pekerjaan sebelumnya dan menunjukkan bagaimana keahlian Anda yang berbeda dapat berguna untuk posisi yang Anda lamar.

Resume biasanya disertai dengan pengajuan surat lamaran yang menyatakan niat Anda untuk melamar pekerjaan. Surat pengantar dibangun dan ditulis berdasarkan keterampilan dan pengalaman yang telah Anda sebutkan dalam resume Anda yang akan menjelaskan bagaimana Anda dapat membantu calon perusahaan tempat Anda melamar kerja untuk lebih unggul jika mereka mempekerjakan Anda.

Baca Juga :   Jawaban yang Tepat untuk Kekuatan dan Kelemahan Saat Wawancara Kerja

 

Komponen Dari Sebuah Resume

Sama dengan CV diatas, Resume juga harus mempunyai komponen yang harus Anda ikuti dan patuhi dalam menulisnya. Berikut ini semua komponen yang harus Anda penuhi dalam penulisan resume Anda.

  1. Nama lengkap
  2. Titel pekerjaan Anda, atau nama posisi yang Anda lamar
  3. Kontak informasi
  4. Lanjutkan ringkasan atau tujuan
  5. Pengalaman kerja
  6. Jenjang pendidikan
  7. Keterampilan yang relevan
  8. Bahasa dan kemahiran
  9. Sertifikasi dan minat yang relevan (jika ada)

 

Perbedaan Resume dan CV

Mengenal Apa Perbedaan Resume dan CV untuk Melamar Pekerjaan
 

Dari penjelasan diatas, Anda pastinya sudah memiliki gagasan yang jelas tentang apa itu CV dan apa itu resume, berikut daftar lengkap perbedaan antara curriculum vitae (CV) dan resume.

  • Panjang penulisan CV dan resume

    Perbedaan pertama dan paling penting antara CV dan Resume adalah berapa banyak jumlah halaman penulisan keduanya. Resume dibuat sesingkat mungkin yang biasanya hanya 1 halaman, sedangkan CV lebih komprehensif sehingga bisa mencapai 2-3 halaman tergantung pada pengalaman Anda.

  • Fungsi

    CV terutama digunakan untuk tujuan akademis, seperti melamar program penelitian, gelar Ph.D, atau bergabung dengan staf universitas. Resume, di sisi lain, ditulis untuk pekerjaan tetap di perusahaan.

  • Jenis informasi yang Anda masukkan (tuliskan)

    CV adalah buku harian akademik dimana Anda memasukkan semua kualifikasi akademik, prestasi, dan sertifikasi Anda. Ini bersifat universal karena dapat diperbarui saat Anda pergi. Sedangkan, resume harus dibuat atau setidaknya disesuaikan untuk setiap pekerjaan yang Anda lamar, serta memiliki fokus yang lebih besar pada prestasi profesional Anda, daripada sisi akademik semata.

 

Baca Juga :   Tips dan Trick Melakukan Interview Pekerjaan yang Pasti Diterima

 

Tips Menulis CV dan Resume

Baik itu menulis CV atau resume, ada beberapa aturan bermanfaat yang harus Anda ikuti. Karena dari penulisan ini dapat menunjukkan kepada manajer perekrutan bagaimana Anda memenuhi syarat untuk pekerjaan itu, apa yang bisa Anda tawarkan kepada organisasi dan mengapa Anda akan menjadi kandidat yang hebat untuk mendapatkan kesempatan wawancara.

Cocokkan resume Anda atau CV dengan posisi yang Anda lamar, karena ini poin yang sangat penting saat menulis resume, tapi cara ini juga berlaku jika Anda menulis CV saja. Pastikan bahwa Anda menekankan pendidikan, pengalaman kerja serta keterampilan yang Anda miliki yang terkait dengan industri atau pekerjaan tertentu.

Dalam CV, misalnya, jika Anda melamar pekerjaan di bidang pendidikan, Anda mungkin ingin menempatkan pengalaman mengajar Anda di bagian atas CV Anda. Pada resume, Anda mungkin hanya menyertakan pengalaman kerja yang berhubungan langsung dengan pekerjaan yang Anda lamar. Anda juga dapat memasukkan kata kunci dari deskripsi pekerjaan di resume atau CV Anda. Ini akan menunjukkan kepada atasan bahwa Anda cocok untuk posisi yang sedang Anda lamar.

Berikut cara mencocokkan kualifikasi Anda dengan pekerjaan :

  • Gunakan template yang sesuai

    Anda mungkin ingin menggunakan template untuk menyusun resume atau CV Anda. Penggunaan template akan membuat semua dokumen Anda terlihat dan tersusun rapi serta jelas, yang nantinya akan membantu pihak perusahaan dengan cepat melihat kualifikasi dan pengalaman Anda.

  • Mengoreksi dan mengedit.

    Tidak masalah apakah Anda menggunakan CV atau resume, Anda hanya perlu teliti dalam mengedit dokumen Anda secara menyeluruh. Pastikan tidak ada kesalahan ejaan atau tata bahasa karena semua informasi dan peluang Anda dalam mendapatkan juga dipengaruhi oleh kerapihan dari CV atau resume Anda.

 

Baca Juga  :   Psikotes Gambar : Tips & Trick, Cara Menjawab, dan Contohnya

 

Kesimpulan dan penutup

Setelah melihat penjelasan di atas, maka bisa disimpulkan disini resume adalah ringkasan satu halaman dari pengalaman kerja dan latar belakang Anda yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Sedangkan CV adalah buku harian akademik yang lebih panjang yang mencakup semua pengalaman, sertifikat, dan publikasi Anda.

Perbedaannya adalah resume hanya terdiri dari satu halaman dan maksimal 2 halaman, sedangkan CV bisa lebih panjang. Resume digunakan untuk mencari pekerjaan di semua industri dan CV digunakan untuk pekerjaan dan penerimaan di bidang akademis. Resume disesuaikan dengan pekerjaan spesifik yang Anda lamar, sedangkan CV adalah tinjauan komprehensif. Sekarang setelah Anda mengetahui perbedaan antara CV dan resume, maka Anda dapat memutuskan mana yang paling sesuai dengan tujuan Anda dan proses pencarian kerja Anda.

Related Post :

popup image