Psikotes Gambar : Tips & Trick, Cara Menjawab, dan Contohnya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Saat ini, sudah banyak sekali instansi, perusahaan, sekolah dan juga perguruan tinggi yang menggunakan tes psikotes. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah guna mencari orang yang sekiranya sesuai dengan keinginan dari pemimpin perusahaan tersebut. Karena itulah, saat ini orang berlomba-lomba untuk mencari tips mengerjakan dan lulus dari tes psikotes.

Tidak sedikit orang yang gagal lolos untuk masuk sebuah perusahaan ataupun sekolah-sekolah tertentu hanya karena tes psikotes yang dijalaninya dianggap kurang mumpuni bagi instansi tersebut. Akhirnya, hal ini menyebabkan orang menjadi takut untuk mengerjakan tes psikotes dan beranggapan test jenis ini terkadang membingungkan mengingat peserta diminta untuk menggambar.

Padahal, dengan memahami tips mengerjakan psikotes dan bagaimana cara yang tepat untuk menjawabnya tidaklah sulit. Sebab, tips-tips tersebut kini sudah banyak ditemukan di internet. Penasaran? Berikut ini adalah beberapa tips dan trik, cara menjawab, beserta contoh soal tes psikotes berdasarkan kategorinya.

 

Contoh dan Jenis Tes yang Muncul di Psikotes

Pada dasarnya ada berbagai macam cara, teori, metode, praktik, jenis, tipe untuk mendapatkan suatu informasi kepribadian dari seseorang dalam dunia psikologi. Tetapi berikut ini adalah jenis dan metode tes yang umumnya akan Anda temukan dalam psikotes.

 

Gambar Pohon

Psikotes Gambar : Tips & Trick, Cara Menjawab, dan Contohnya
 

Tes yang dikenal sebagai Baum Tree Test ini merupakan jenis tes psikotes yang berupa soal bergambar dimana para peserta diminta untuk menggambarkan sebuah pohon lengkap dengan kriteria yang sudah ditentukan. Tujuan dari pelaksanaan tes menggambar sebuah pohon ini sendiri adalah untuk dapat menilai bagaimana karakteristik ataupun kepribadian seseorang lewat gambar pohon yang dibuatnya tersebut.

Karena itu, jika Anda menemukan bentuk tes kepribadian psikotes gambar yang semacam ini, Anda harus menggambar sebuah pohon dengan detail dan juga selengkap mungkin, yang mana terdiri mulai akar, batang, rantai, daun sampai buah atau bunganya. Semakin lengkap dan detail gambar yang Anda buat, akan semakin terlihat bahwa kepribadian Anda adalah memiliki sikap dewasa serta pikiran yang matang.

Tips mengerjakan psikotes menggambar pohon :

  • Menggambar struktur sebuah pohon dengan lengkap mulai akar sampai buah,
  • Sebaiknya tidak menggambar pohon yang tak bercabang seperti pohon pisang, pohon kelapa, jagung atau padi.
  • Gambarlah secara proporsional diantara letak kertas dan gambar.
  • Menuliskan nama pohon di bawah gambar pohon.
  • Gambar tidak harus bagus dan sempurna, yang penting adalah presisi, kelengkapan dan juga detail.
  • Gambarlah dalam waktu sekitar 15-20 menit, sebaiknya tidak terlalu lama atau terlalu cepat.

Baca Juga :   Cara Membuat Surat Keterangan Kerja dan Contohnya

 

Wartegg Test

Psikotes Gambar : Tips & Trick, Cara Menjawab, dan Contohnya
 

Test berikut ini adalah tes psikologi/ psikometri yang mana para pesertanya diminta untuk melengkapi sebuah gambar. Sedangkan hasil ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi mengenai karakter, imajinasi, emosi, dinamisme, reality function hingga kemampuan seseorang dalam mengendalikan sesuatu. Jenis test ini dikembangkan oleh seorang psikologis bernama Ehrig Wartegg di tahun 1930-an.

Untuk mengerjakan ini Anda harus melengkapi gambar yang terdiri dari 8 kotak yang mana tiap kotak berisi gambar- gambar awal yang berbeda- beda. Gambar ini mempunyai titik, garis dan juga gabungan keduanya. Anda harus melengkapi dan menghubungi garis dan titik tersebut yang hasilnya nanti akan di analisa oleh ilmu psikologi tersendiri.

Anda juga akan diberikan petunjuk untuk memberikan nomor pada setiap gambar sesuai dengan urutan ketika Anda menggambarnya. Selain itu Anda akan diminta memberikan informasi mengenai gambar yang paling mudah untuk dilakukan, yang paling sulit sampai kepada gambar yang paling Anda gemari. Waktu untuk mengerjakan Wartegg Test ini sendiri berdurasii 30 menit.

Namun Wartegg Test sebenarnya tidaklah sulit kalau Anda mengikuti tips-tips berikut ini.

  • Jangan sampai kertas ujian tidak bersih atau terlalu banyak coretan di atasnya.
  • Pahami dahulu pola yang ada, tidak usah terburu-buru untuk menggambar.

Melalui tes ini, penguji dapat melihat karakter dan kemampuan Anda dalam beberapa hal. Seperti contohnya keuletan Anda, cara menyelesaikan masalah dan beradaptasi dalam sebuah lingkungan.

Baca Juga :   Cara Membuat CV / Curriculum Vitae Berbahasa Inggris dan Contohnya

 

Menggambar Rumah, Pohon, Orang

Psikotes Gambar : Tips & Trick, Cara Menjawab, dan Contohnya
 

Tes yang meminta Anda untuk menggambar rumah, pohon dan orang secara lengkap ini juga dikenal dengan sebutan psikotes House Tree Person atau HTP. Ketika mengerjakan soal psikotes menggambar ini, Anda diminta untuk menggambar tiga objek yakni rumah, pohon serta orang. Nantinya, hasil dari gambar-gambar tersebut akan dievaluasi dari banyak aspek dimana bisa digunakan untuk melihat kepribadian serta karakteristik Anda.

Tips mengerjakan psikotes rumah, pohon dan orang (HTP) :

  • Jangan mengerjakan tes ini terlalu lama atau terlalu cepat, kerjakanlah dalam waktu kurang lebih 10-15 menit.
  • Gambar harus proporsional dan seimbang antara orang, pohon dan rumah. Jangan ada yang terlalu besar atau terlalu kecil.
  • Bagian rumah harus lengkap. Seperti pintu, jendela, atap dan lain-lain.
  • Semakin detail gambar yang Anda buat, maka semakin tinggi juga nilai yang akan Anda dapatkan. Ini menunjukkan kecerdasan serta kedewasaan pikiran dan mental Anda.

Baca Juga :   Tips dan Trick Melakukan Interview Pekerjaan yang Pasti Diterima

 

Logika Deret Gambar

Psikotes Gambar : Tips & Trick, Cara Menjawab, dan Contohnya
 

Apabila psikotes sebelumnya bisa Anda kerjakan dengan mudah, maka begitu pula dengan tes logika deret gambar atau disebut juga tes penalaran ini. Hanya saja, gambar pada psikotes ini bisa berupa 2 atau 3 dimensi. Kunci dalam mengerjakan tes logika deret dan gambar ini adalah dengan fokus dan teliti.

Pasalnya, gambar-gambar di soal bisa saja menjebak dengan konsep yang tampak serupa padahal tidak. Karena persepsi Anda bisa menangkap hal yang berbeda menjadi terlihat sama, maka berhati- hatilah pada jenis test ini. Sama dengan tes tes yang lain, jika mengalami kesulitan pada satu nomor sebaiknya kerjakan yang lain dahulu agar waktu tidak terbuang sia-sia.

 

Army Alpha Intelegence Test

Psikotes Gambar : Tips & Trick, Cara Menjawab, dan Contohnya
 

Tes psikotes gambar yang berikutnya ini terdiri dari kombinasi soal dalam bentuk deret angka dan bentuk. Untuk mengerjakan tes ini, diperlukan ketelitian yang cukup tinggi karena soal demi soal saling berkaitan satu sama lain. Adapun tujuan dibuatnya tes ini adalah untuk dapat mengetahui seberapa jauh daya tangkap peserta ketika menerima sampai melaksanakan instruksi yang diberikan dengan cepat dan juga tepat.

Ingat, dalam tes psikotes ini penguji hanya akan memberi instruksi satu kali. Sehingga, Anda harus teliti. Berikut adalah tips dan trik untuk mengerjakan psikotes ini :

  1. Perhatikanlah lingkaran di soal no 1, lalu buatlah tanda silang di lingkaran no 2 dan huruf pada lingkaran yang ke 5.
  2. Saat mengerjakan soal itu, perhatikan juga aba-aba yang penguji berikan kemudian berhenti di hitungan detik yang ke 5.
  3. Pada lingkaran soal no. 2, lalu berikan nomor pada lingkaran-lingkaran itu. kemudian, tariklah garis dari lingkaran nomor 3 ke lingkaran nomo 6. Namun, garis itu harus lewat lingkaran yang ada di bawah nomor 4 dan nomor 5.

Baca Juga :   Cara Membuat CV Lamaran Kerja Terbaru dan Paling Kreatif Tahun 2020

 

Menggambar Manusia

Psikotes Gambar : Tips & Trick, Cara Menjawab, dan Contohnya
 

Ada kemungkinan besar untuk Anda yang memiliki hobi menggambar bisa lulus pada psikotes tipe ini. Sebab, ketika mengikuti tes ini, penguji akan menyuruh Anda menggambar seorang manusia lengkap dengan deskripsi manusia yang Anda gambar tersebut. Mulai dari umur, jenis kelamin sampai aktivitas yang tengah ia lakukan.

Tapi jika tidak terlalu pandai menggambar pun tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips mengerjakan psikotes menggambar manusia ini. Pertama adalah Anda disarankan untuk menggambar manusia yang jenis kelaminnnya sama dengan Anda. Kemudian, gambar bagian tubuhnya secara utuh mulai dari rambut sampai kaki. Apabila manusia itu adalah siswa, maka gambarlah dengan menggunakan seseorang.

 

Kesimpulan dan penutup

Demikianlah beberapa jenis tes psikotes yang paling sering diujikan dan akan Anda temui ketika melamar kepada sebuah perusahaan ataupun mendaftar perguruan tinggi dan sekolah. Gunakan pengetahuan yang Anda dapatkan di artikel ini sebagai panduan dan pengetahuan tambahan Anda dalam menghadapi tes psikotes yang sebenarnya.

Tidak perlu lagi merasa takut dalam mengerjakan tes semacam ini karena sekarang tips, trik dan contoh soalnya sudah banyak ditemukan di internet sehingga Anda dapat memiliki gambaran sebelum mengerjakan. Harapannya, tips mengerjakan psikotes yang sudah diberikan di atas dapat membantu Anda dalam mengerjakan tes-tes yang akan diujikan nantinya.

Related Post :

popup image