Mengenal Aplikasi CloudX : Cara Install dan Fitur-Fitur CloudX Telkomsel [Lengkap]

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Dengan masih dalam situasi pandemi COVID-19 saat ini, persekolahan dan perkantoran serta akses tempat- tempat umum masih di tangguhkan pembukaannya. Meski memang beberapa fasilitas tersebut telah dibuka namun tidak semuanya. Oleh karena itu penggunaan aplikasi- aplikasi untuk konferensi atau belajar online masih tetap digunakan.

Platform video conference sendiri telah banyak membantu dan menggeser tata cara temu muka biasa selama pandemi ini. Karena aplikasi ini menjadi tonggak dan kebutuhan penting dalam tetap menjalankan aktivitas belajar, bekerja, bahkan bersosialisasi. Mengingat cara ini adalah cara teraman dalam menerapkan social distancing namun sekaligus juga tetap dapat beraktivitas baik belajar dan bekerja walau memang tidak seperti hari normal biasanya.

Ada banyak aplikasi online meeting diluar sana yang bisa Anda gunakan salah satunya adalah CloudX yang merupakan salah satu produk nasional. Sebagai salah satu provider dan operator seluler terbesar Indonesia, Telkomsel hadir dalam membantu menerapkan cara interaksi yang aman yakni melalui online. Mari mengenal aplikasi CloudX, cara install dan fitur- fitur menarik yang mereka tawarkan dibawah ini.

 

Mengenal Aplikasi CloudX

Mengenal Aplikasi CloudX : Cara Install dan Fitur-Fitur CloudX Telkomsel [Lengkap]
 

 

CloudX merupakan layanan komunikasi terintegrasi berbasis cloud yang menyediakan fitur seperti CloudX Meeting yang siap mengoptimalkan komunikasi perusahaan agar bisa terhubung dan saling berkolaborasi dengan karyawan di mana pun dan kapan pun. Untuk mendukung sistem kerja remote maupun work from home (WFH), pelanggan korporat yang menjadi host meeting bisa menikmati bebas biaya berlangganan dan kuota internet selama satu bulan untuk mengakses layanan CloudX Meeting sebesar 60GB, sementara semua pelanggan yang menjadi peserta meeting bisa memperoleh kuota 30GB untuk akses ke meeting hanya dengan Rp 10.

CloudX adalah solusi untuk pelanggan enterprise yang membutuhkan layanan office communication dengan layanan utama Virtual PABX, Contact Center, Unified Communication dan Call Me Now. Kini, melakukan investasi pada infrastruktur PABX dan/atau perangkat Contact Center membutuhkan investasi yang besar. Aplikasi ini memberikan akses video conference meeting / virtual classroom hingga 100 partisipan tanpa perlu investasi perangkat dan biaya operasional tambahan.

 

Fitur- Fitur Aplikasi CloudX

Sama seperti penyedia dan aplikasi online meeting lainnya seperti Zoom, Discord, Skype, Google Meet dan lain- lain, begitu juga CloudX datang menawarkan berbagai fitur dan dukungan yang tak kalam mumpuninya. Berikut beberapa fitur yang akan didapatkan penggunanya :

 

  • Virtual PABX

    Layanan komunikasi internal perusahaan yang menggabungkan feature PABX dan juga instant messaging yang dapat diakses secara mobile melalui smartphone Anda.

  • Unified Communication

    Mass video conference hingga 100 partisipan serta didukung dengan fitur screen sharing, chatting dan whiteboard yang membuat meeting lebih efisien kapan pun dan dimanapun.

  • Contact Center Platform

    Khusus untuk perusahaan yang sudah mempunyai license contact center, bisa mempunyai platform contact center inbound dan outbound dengan fitur login-logout untuk agent dan supervisor, monitoring agent, real time analytic dengan harga yang kompetitif per seat.

 

Baca Juga  :     Mengenal Aplikasi UMeetMe : Cara Install dan Fitur-Fitur UMeetMe Meeting [Lengkap]

 

Keunggulan Aplikasi CloudX

Setelah fitur- fitur dukungan diatas yang cukup lengkap untuk dapat mengakomodasi kebutuhan para penggunanya, berikut ini beberapa keunggulan dari aplikasi CloudX yang sayang untuk dilewatkan :

 

  • Tidak memerlukan investasi perangkat dan biaya operasional tambahan dalam menjalankan bisnis
  • Proses deployment yang mudah dan cepat dengan tingkat keamanan yang tinggi
  • Dengan kolaborasi antar karyawan yang baik membuat karyawan lebih efektif dan produktif dalam bekerja

 

Baca Juga  :       Mengenal Manfaat Internet untuk Kegiatan Pembelajaran di Kampus/Sekolah

 

Cara Mengakses dan Install CloudX

Mengenal Aplikasi CloudX : Cara Install dan Fitur-Fitur CloudX Telkomsel [Lengkap]
 

Aplikasi CloudX hanya dapat diakses oleh pengguna yang telah menjadi member atau pelanggan dari Corporate Telkomsel saja. Caranya adalah dengan menghubungi Account Manager Telkomsel bagi merek yang termasuk pelanggan, sedangkan bagi pelanggan baru dapat menghubungi Call Center di 188. Bagi pelanggan reguler, cukup dengan mengisi formulir CloudX yang kemudian akan dihubungi oleh pihak Telkomsel.

Peserta reguler kemudian akan mendapatkan akses masuk untuk login ke aplikasi CloudX nantinya. Tetapi peserta reguler tadi juga dapat melakukan akses masuk CloudX tanpa harus melakukan login terlebih dahulu jika mereka mendapatkan undangan untuk meeting dari penyelenggara atau host. Adapun cara untuk dapat dapat melakukan meeting adalah apabila pelanggan yang hendak menjadi host telah terdaftar sebagai pengguna CloudX.

Selain juga harus telah mempunyai aplikasi CloudX dalam perangkat yang hendak digunakan, ada 2 tipe peserta yang dapat diundang dalam CloudX yaitu peserta yang telah terdaftar dalam kontak serta peserta yang belum terdaftar. Berikut cara melakukan CloudX dengan kontak peserta yang telah terdaftar dalam kontak penyelenggara :

 

  • Klik perintah pada menu Meeting
  • Kemudian lik Create Meeting
  • Klik Invite IM Contacts, lalu pilih kontak yang akan Anda undang sebagai peserta meeting tadi.
  • Klik Invite and Start Meeting.
  • Klik Start Now jika peserta meeting sudah Anda undang tadi telah berkumpul

 

Baca Juga  :     Cara Setting APN Indosat, APN Telkomsel dan lainnya Tercepat & Stabil 2020

 

Lalu jika Anda ingin mengundang peserta yang tidak ada dalam daftar kontak Anda, maka Anda bisa mengundangnya melalui dua cara. Anda dapat mengundang peserta meeting Anda melalui e-mail atau juga dengan mengirim copy link yang bisa Anda bagikan langsung kepada peserta yang Anda undang. Berikut ini cara untuk mengundang peserta- peserta tersebut :

 

  • Klik perintah Meeting
  • Klik Create Meeting
  • Klik Invite Others untuk mengundang peserta
  • Pilih Send E-mail Invite jika ingin mengirimkan undangan lewat e-mail. Pilih Copy Meeting Link, jika ingin mengirimkan undangan dalam bentuk link yang bisa dikirimkan lewat media selain e-mail.
  • Kirim link tersebut kepada peserta
  • Setelah peserta terkumpul, klik Start Now untuk memulai meeting

 

 

Harga Paket Aplikasi CloudX

Aplikasi CloudX memberikan 2 pilihan paket bagi para penggunanya. Anda dapat menyesuaikan dan memilihnya. Berikut beberapa paket yang bisa Anda jadikan langganan agar dapat menikmati semua fitur dan fasilitas CloudX :

 

  • Virtual Meeting

    a) CloudX Webinar Rp 5.290 .000 (Per Host Per Bulan)
    b) CloudX Meeting Basic Rp 300 .000 (Per Host Per Bulan)
    c) CloudX Meeting Premium Rp 1.200 .000 (Per Host Per Bulan)

  • Education Program

    a) Bulk EDU Package dimulai dari 8.6 TB, 16.75 TB hinga 32.5 TB
    a) Small EDU Package dimulai 450 GB, 700 GB, 2.5 TB hingga 1.35 TB

 

Baca Juga  :     Tips Melaksanakan Pembelajaran Secara Online untuk Sekolah dan Kuliah di Indonesia

 

Kesimpulan dan Penutup

Sama dengan aplikasi conference online lainnya, aplikasi CloudX dapat diakses dari berbagai perangkat, seperti smartphone, aplikasi, deskphone dan notebook. Layanan CloudX yang berbasis pada cloud sehingga memungkinkan pelanggan memiliki fitur PABX tanpa harus memiliki infrastruktur PABX tersendiri. Para pelanggan corporate juga akan diberikan akses dashboard untuk dapat melakukan konfigurasi mereka sendiri pada internal perusahaan masing- masing.

Mungkin agak sedikit mahal jika dibandingkan dengan aplikasi- aplikasi online sejenis, CloudX memberikan tarif tersendiri. Sedangkan aplikasi lain memberikan layanan mereka dengan gratis tetapi tentu dengan batasan pula. Namun tentunya, dengan harga paket yang sedemikian itu, tentu Telkomsel memberikan jaminan yang baik terutama keamanan bagi para pengguna CloudX mereka.

 

 

 

Related Post :