Mengenal Aplikasi SISTER (Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi) dari Kemenristekdikti

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Aplikasi SISTER yang merupakan singkatan dari Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi adalah aplikasi yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek Dikti dengan maksud untuk mempermudah layanan pendidikan di Indonesia. Tujuan dari pembuatan aplikasi ini diharapkan akan mampu menjadi portal untuk para Perguruan Tinggi.

Adapun layan yang bisa didapatkan di aplikasi SISTER adalah data- data dan informasi pendidik seperti portofolio, perubahan data dosen serta segala proses lain yang memang terkait dengan kepangkatan juga karir dari para dosen. Diharapkan aplikasi SISTER ini dapat mengumpulkan data serta informasi yang nantinya akan berguna bagi tenaga pengajar yang membutuhkannya.

Maka mengikuti dengan dikeluarkannya surat Edaran nomor 649/D1 Tahun 2018 tanggal 23 Februari 2018 yang berisi tentang Implementasi Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER) oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, akan membuat aplikasi ini menjadi aplikasi yang berguna banyak. Baik untuk untuk membantu para tenaga pendidik dan pengajar dari semua perguruan tinggi yang bisa mempertanggungjawabkan keabsahan semua data diri mereka yang di dalam sistem SISTER.

 

Memahami Fungsi dan Kegunaan Aplikasi SISTER (Kemenristekdikti)

 

Maksud peluncuran aplikasi SISTER hadir dan diciptakan agar semau potensi setiap tenaga pengajar ini dapat dikumpulkan dan dikelola secara terpusat sehingga menjadi informasi serta data yang lengkap. Mengingat jumlah tenaga pengajar di Indonesia yang terdata adalah 271.280 dosen yang tentunya akan menyulitkan memantau data dan informasi dari setiap dosen tidak dikelola maupun di tata dengan rapi dalam suatu sistem yang dapat diakses.

Para tenaga pendidik di perguruan tinggi di Indonesia dengan ribuan dosen yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia tentu mendatangkan tantangannya tersendiri. Masalah akan muncul dan bisa menjadi menyulitkan kebutuhan akan informasi apabila data yang dimiliki masing-masing dosen tidak dikelola dan ditata ke dalam suatu sistem yang bisa diakses. Oleh karena itu, SISTER hadir agar potensi yang dimiliki oleh para dosen tersebut dapat dikelola dengan baik yang mana menjadikan tujuan dan fungsi SISTER untuk membantu meningkatkan kualitas dari data- data yang ada di SDM IPTEK dan DIKTI .

Tidak mengherankan kalau aplikasi ini diciptakan dalam rangka pembuatan kebijakan untuk pengembangan SDM yang relevan, terpercaya dan akurat. Disamping itu, aplikasi SISTER juga difungsikan untuk dapat mengintegrasikan seluruh layanan karir serta juga kompetensi SDM di Kemristekdikti. Dimana dengan begitu akan memungkinkan pada stakeholder dan pemegang kepentingan untuk menerima kepastian yang baik dalam pelayan karir para tenaga pengajar tersebut.

 

Baca Juga  :    Rekomendasi Aplikasi E-Learning Online Terbaik untuk Sekolah di Indonesia

 

Mengenal Fitur- Fitur Aplikasi SISTER (Kemenristekdikti)

Selaras dengan nama dan tujuan pembuatannya, aplikasi ini adalah aplikasi khusus yang diciptakan untuk tenaga pengajar dosen, maka menu dan fitur- fitur aplikasi di dalam sistem SISTER gunakan untuk mencatat :

  • Data pribadi

    Data-data yang terkait dengan profil, alamat dan kontak, kepegawaian, keluarga, dan lain-lain yang dapat dikelola dengan mudah dan praktis pada Aplikasi sister ini.

  • Inpassing

    Merupakan salah satu fitur yang menyimpan data dan riwayat impassing Golongan / pangkat dosen yang dirangkum dalam halaman impassing yang mudah dan bersifat terstruktur untuk digunakan.

  • Jabatan fungsional

    Scan, screenshot, atau foto dokumen SK Jabatan Fungsional atau dokumen penunjang lainnya dengan ukuran maksimal file 5 MB.

  • Kepangkatan

    Scan, screenshoot, surat keterangan atau foto dokumen penunjang lainnya dengan ukuran maksimal file 5 MB.

  • Penempatan

    Scan, screenshoot, surat keterangan atau foto dokumen penunjang lainnya dengan ukuran maksimal file 5 MB.

  • Kualifikasi dan kompetensi

    Scan, screenshoot, surat keterangan atau foto dokumen, sertifikat penunjang lainnya dengan ukuran maksimal file 5 MB.

 

Baca Juga  :   Cara Membuat Website dengan Mudah dan Cepat untuk Sekolah dan Madrasah

 

Manfaat dan Keunggulan Penggunaan Aplikasi SISTER (Kemenristekdikti)

Untuk dapat mengakomodir semua pendataan dosen dan tenaga pengajar, maka aplikasi SISTER diluncurkan. Jadi aplikasi ini ditujukan untuk para pengajar dosen saja, dalam membantu pendataan dan karir mereka. Berikut ini beberapa manfaat serta keunggulan yang akan didapatkan dengan adanya implementasi dari aplikasi sistem SITER.

 

Perguruan Tinggi

  • Sistem aplikasi SISTER akan membantu dan bermanfaat untuk dapat mempercepat pengambilan kebijakan serta basis data akreditasi lembaga dengan memanfaatkan data yang terhimpun di dalam aplikasi SISTER.
  • Data lebih terorganisir
  • Tidak perlu membangun aplikasi sendiri
  • Lebih bisa dikelola

 

Dosen

  • Kepastian
  • Kemudahan
  • Transparansi

 

Ditjen SDID

  • Data untuk perencanaan terpenuhi
  • Kapasitas manajemen meningkat
  • Pemetaan kompetensi SDM lebih tajam
  • Tersedia indikator mutu yang lebih akurat

 

Pusdatin

  • Tersedia data berbasis aktivitas lengkap
  • Kualitas data PDDIKTI meningkat
  • Pemutakhiran data sumber daya terjamin

 

Baca Juga :   Rekomendasi Aplikasi Ujian Online (CBT) Terbaik untuk Sekolah di Indonesia

 

Persyaratan Aplikasi SISTER (Kemenristekdikti)

Mengenal Aplikasi SISTER (Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi) dari Kemenristekdikti
 

Kayaknya portofolio yang berguna bagi setiap profesional, begitu juga bagi para dosen guna membantu mereka dalam mengembangkan karir. Dengan memakai semua fasilitas dan fitur- fitur aplikasi SISTER yang telah didukung integrasi pada sistem Pangkalan Data Dikti sehingga dosen tidak harus mengisi ulang portofolionya dan membuat satuan data yang lengkap yang paling update.

Menggunakan konsep one- stop-service yang ada di aplikasi SISTER yang nanti diharapkan sebagai alat dokumentasi bagi setiap aktivitas perguruan tinggi serta juga membantu peningkatan karir dosen. Cara ini dinilai cukup efisien serta membantu dalam memberikan kepastian informasi yang jelas dan valid. Setiap dosen yang bergabung dan mempunyai akun pada aplikasi di SISTER dapat mengunduh data mereka yang akan dijadikan sebagai portofolio.

Adapun persyaratan untuk menggunakan aplikasi SISTER adalah :

  • Telah tercatat sebagai dosen tetap dalam Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti)
  • Memiliki NIDN / NIDK / NUP
  • Memiliki akun SISTER yang telah disiapkan aksesnya oleh admin SISTER di Perguruan Tinggi
  • Instalasi aplikasi SISTER dan pemberian akun dosen dan tendik pada masing-masing PT/Kopertis paling lambat tanggal 10 Maret 2018
  • Pemutakhiran data dan portofolio dosen sesuai panduan diisi oleh dosen paling lambat tanggal 30 April 2018
  • Penggunaan SISTER untuk ajuan PAK dan SERDOS diwajibkan mulai tanggal 1 Juli 2018
  • Mulai tanggal 1 Juli 2018 Ditjen SDID melaksanakan Penilaian Angka Kredit (PAK) dosen dan tendik, Sertifikasi Dosen (Serdos), Penilaian Beban Kerja Dosen (BKD) dan SKP melalui SISTER.

 

Baca Juga  :    Tips Melaksanakan Pembelajaran Secara Online untuk Sekolah dan Kuliah di Indonesia

 

Penyedia Aplikasi SISTER (Kemenristekdikti)

Sejauh ini tercatat beberapa kampus dan perguruan tinggi telah mempergunakan aplikasi SISTER untuk mendata informasi para dosen mereka. Selain itu bagi dosen yang ingin menggunakan aplikasi SISTER ini juga dapat menyimpannya dengan fasilitas dan dukungan dari penyedia web hosting Indonesia yakni IDCloudHost. Disini, untuk dapat mendapatkan dukung fasilitas dengan memakai dukungan cloud VPS.

Setidaknya, sampai Maret 2018 lalu tercatat sudah ada 613 Perguruan Tinggi yang telah melakukan instalasi aplikasi SISTER dan masih akan terus bertambah setiap tahun. Sejak mulai bulan Juli 2018, layanan SISTER akan kemudian digunakan pada sistem untuk membantu kenaikan pangkat dari Lektor ke Lektor Kepala. Oleh karenanya diharapkan setiap dosen yang bekerja di semua perguruan tinggi di Indonesia agar dapat mengisi data dan informasi mereka.

 

Dukungan Layanan Server Aplikasi Sister dari IDCloudHost

Demi mempermudah pengisian data dan penggunaan aplikasi SISTER, maka IDCloudHost memberikan dukungan proses instalasi yang dapat bekerja dengan cepat dengan memanfaatkan fitur App Catalog yang memungkinkan pengguna dapat menginstall aplikasi sister dengan hanya sekali klik melalui layanan Private Cloud. Layanan Private Cloud IDCloudHost sendiri merupakan layanan Full Cloud pertama di Indonesia yang mempermudah Anda untuk meluncurkan server Full Cloud dan dapat ditingkatkan seiring dengan pertumbuhan server Anda dengan dukungan Control Panel yang User Friendly, Praktis, dan Fleksibel serta didukung dengan harga yang terjangkau dengan bantuan tim Teknis yang berpengalaman.

 

Mengenal Aplikasi SISTER (Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi) dari Kemenristekdikti
 

Bagi Anda yang tertarik, bisa mengunjungi halaman https://idcloudhost.com/private-cloud/ atau mengakses https://console.idcloudhost.com/ untuk mendapatkan lebih banyak lagi informasi terkait. Berikut ini adalah tutorial bagaiamana cara Instalasi Aplikasi Sister di IDCloudHost :

 

 

 

Kesimpulan dan Penutup

SISTER adalah singkatan dari Integrated Resource Information System yang merupakan program dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi atau biasa kita kenal dengan Kemenristekdikti yang diluncurkan melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti. Aplikasi ini nantinya akan digunakan sebagai sistem sumber portofolio dosen atau pendidik di Indonesia.

Sistem aplikasi khusus ini diluncurkan dengan resmi untuk dapat mengakomodasi berbagai kebutuhan serta aktivitas kinerja sejak tahun 2017 lalu. Aplikasi ini memungkinkan setiap layanan dapat saling berhubungan sehingga dapat terlihat akses portofolio dosen, data formal seperti kegiatan dosen, sejarah pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang pada akhirnya memudahkan perencanaan kompetensi dan pengembangan karir dosen yang bersangkutan.

 

 

Mengenal Aplikasi SISTER (Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi) dari Kemenristekdikti
 

 

Related Post :