Mengenal Fitur Call Forwarding yang Berpotensi Membuat Penipuan [Kasus Maia Estianty]

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Salah satu penyanyi terkenal di Indonesia yaitu Maia Estianty baru-baru ini menjadi korban penipuan salah satu driver Ojek Online dimana pelaku memanfaatkan celah dengan menggunakan fitur Call Forwarding atau *21*. Call forward sendiri adalah fitur yang umum disediakan oleh semua operator seluler seperti Telkomsel, Indosat, dan lainnya. Fungsinya, agar pelanggan telekomunikasi dapat mengalihkan panggilan ketika nomor yang dituju sedang tidak bisa dihubungi karena sibuk, atau sedang tidak aktif dan berada di luar jangkauan.

Hal ini menyebabkan Maia Estianty kehilangan saldo yang ada pada akun GOPAY, dan Tokopedia. Tidak hanya itu pelaku juga berhasil mengambil alih Aplikasi Whatsapps Maia Estianty sekaligus melakukan transaksi pada akun tokopedia dengan menggunakan kartu kredit yang lagi lagi dimanfaatkan menggunakan Call Forwarding.

Kasus Maia Estianty
 

Dia hampir aja lewat akun Tokped gw. Mau beli HP lewat Kartu Kredit gw. Akhirnya, mau gak mau gw blokir kartu kredit juga,” cerita Maia lewat posting Instagram.

Baca Juga : Melaporkan Serangan Halaman Penipuan (Phising)

Pengguna maupun mitra pengemudi Gojek, Grab dan lainnya sangat perlu mengetahui modus ini, agar akunnya tidak dibajak dan saldo uang elektronik tidak dirampok. Apalagi, fitur call forward atau SMS forward itu memang tersedia di semua operator yang berarti bisa menimpa siapa saja yang akan berpotensi terkena penipuan ini.

Sebenarnya kode tersebut merupakan kode yang digunakan untuk melakukan Call Forwarding. Nah, Call Forwarding sendiri bisa dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk mengirimkan kode OTP (One-time Password) pengguna ke nomor pelaku. Perlu kamu ketahui kode OTP sendiri jika sudah lebih 2 kali gagal memasukkan kode melalui SMS, maka akan bisa dilakukan dengan Telp sehingga celah ini yang dimanfaatkan pelaku.

Operator Seluler Indonesia

Nah buat kamu yang tidak mau kecolongan juga dari kasus ini, Berikut adalah kode-kode Call Forwarding yang terdapat di operator-operator Indonesia:

 

  • Flexi, Fren, Three: *71+Nomor Tujuan
  • XL Bebas, iM3, Simpati: *21*Nomor Tujuan#
  • Smart: *72+Nomor Tujuan
  • Starone: *92+Nomor Tujuan
  • Esia: *12+Nomor Tujuan

Tidak lama setelah itu juga pihak telkomsel melakukan konfirmasi dan mengedukasi pengguna terkait beberapa fitur yang perlu diketahui agar kejadian serupa tidak terjadi. Berikut ini adalah cara untuk mengaktifkan dan nonaktifkan fitur call forward dari operator seluler Telkomsel.

 

  1. Pengalihan untuk semua panggilan

    tekan **21*nomor tujuan pengalihan# Yes/OK
    untuk membatalkan tekan ##21# Yes/OK

  2. Panggilan tidak terjawab (no reply)

    tekan *61*nomor tujuan pengalihan# Yes/OK
    untuk membatalkan tekan ##61# Yes/OK

  3. Nomor sedang sibuk (on busy)

    tekan **67*nomor tujuan pengalihan# Yes/OK
    untuk membatalkan tekan ##67# Yes/OK

  4. Nomor sedang tidak aktif atau berada di luar jangkauan (not reachable)

    tekan **62*nomor tujuan pengalihan# Yes/OK

  5. Semua fitur di atas juga bisa dinon-aktifkan melalui USSD sebagai berikut:

    tekan ##002# Yes/OK atau dari Menu “Divert” , pilih “Clear All Divert” lalu tekan “Yes/OK”

 

Layanan Keamanan Website dan Aplikasi

Maka dari itulah, kita harus hati-hati ketika orang lain menyarankan kalian untuk mengetik kode-kode yang tidak kalian ketahui di ponsel kalian. Usahakan kalian mencari dulu apa fungsi dari kode tersebut di Google sebelum mencoba melakukannya. Semoga kita bisa belajar banyak ya dari kejadian ini sekaligus juga salut untuk actionnya Maia Estianty.

Related Post :

popup image