Mengenal Google Meet : Fitur, Keunggulan, dan Cara Menggunakannya

Serba Serbi, Technology / 3 | | 0

Sejak menyebarnya pandemi COVID-19 di seluruh dunia telah memaksa banyak pekerja untuk tetap bekerja dari rumah dan mengadakan pertemuan atau meeting secara online saja. Ini membuat banyak aplikasi online meeting atau web conferencing seperti Zoom, Skype dan kini Google Meet menjadi pilihan banyak orang untuk tetap terhubung.

Surat edaran yang menyatakan karyawan untuk dapat bekerja dari rumah saja atau work from home ini bertujuan untuk meminimalisir dan memutus rantai penyebaran coronavirus. Sehingga tidak heran kalau pemakaian jaringan internet saat ini melonjak banyak dari penggunaan normal sebelum adanya pandemi yang semakin merebak ini.

Tentu saja banyaknya orang yang juga berselancar dan melakukan pekerjaan secara online turut mengganggu kelancaran konferensi online. Maka dari itu banyak yang mencari alternatif dengan menggunakan berbagai macam aplikasi agar mereka tetap dapat berhubungan dan menyampaikan rapat tanpa terputus- putus. Salah satunya adalah Google Meet, mari mencari tahu fitur, keunggulan dan cara menggunakan salah satu produk andalan Google.

 

Mengenal Apa itu Google Meet?

Google Meet adalah produk dari Google yang merupakan layanan komunikasi video yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini adalah salah satu dari 2 aplikasi yang merupakan versi baru dari versi terdahulunya yaitu Google Hangouts dan Google Chat. Pihak Google sendiri telah menghentikan versi klasik Google Hangouts pada Oktober 2019 silam.

Setelah hanya mengundang dan secara diam- diam tanpa tercium publik, Google Meet dirilis untuk pengguna iOS saja namun pada Februari 2017 kemarin Google secara resmi meluncurkan Google Meet di bulan berikutnya. Layanan ini diluncurkan sebagai aplikasi konferensi video yang bisa ditonton hingga 30 peserta. Meet menjadi versi yang lebih kuat dibanding Hangouts pendahulunya karena Meet mampu ditampilkan pada aplikasi web, aplikasi Android dan iOS.

 

Fitur – fitur Google Meet

 

Tentunya Google Meet datang dan menawarkan banyak fitur yang bisa membantu penggunaan perorangan dan perusahaan hingga skala besar sekalipun. Berikut ini fitur- fitur yang bisa Anda andalkan dari Google Meet :

  1. Dapat mengundang hingga 100 peserta per panggilan untuk pengguna G Basic Suite, 150 orang bagi pengguna G Suite Business dan 260 orang per meeting untuk pengguna yang membeli paket G Suite Enterprise.
  2. Mempunyai kemampuan untuk bergabung dengan rapat dari web atau melalui aplikasi yang di instal oleh pengguna smartphone Android dan iOS.
  3. Kemampuan untuk melakukan rapat online dengan nomor dial-in.
  4. Jika pengguna edisi G Suite Enterprise memakai nomor dial-in, maka kata sandi atau password pengguna akan terlindungi.
  5. Integrasi dengan Google Calendar untuk melakukan panggilan rapat sekali klik.
  6. Berbagi layar untuk menyajikan dokumen, spreadsheet atau presentasi.
  7. Panggilan terenkripsi di antara semua penggunanya.
  8. Teks tertutup yang dihasilkan oleh adanya AI.

Baca Juga : Aplikasi Work From Home Agar Tetap Produktif Kerja

 

Paket- paket Google Meet

Meskipun Google Hangouts Meet dapat digunakan secara gratis untuk skala kecil sebanyak 25 orang atau cukup menerima undangan untuk mengikuti telekonferensi Google Meet bersama, tapi jika Anda ingin menggunakan aplikasi ini untuk perusahaan Anda atau perkumpulan yang lebih besar, berikut adalah paket- paket Google Meet yang bisa Anda manfaatkan.

  • Paket G Suite Basic

    Dengan 6 dollar As atau Rp 93.000 per bulan, Anda dapat melakukan video konferensi online dengan mengundang hingga 100 orang peserta per meeting.

  • Paket G Suite

    Dengan 12 dollar AS atau sekitar Rp 186.000 per bulan, Anda dapat mengundang dan melakukan rapat online dengan 150 orang peserta.

  • Paket G Suite for Enterprise

    Dengan biaya 25 dollar AS atau Rp 388.000 per bulan, pengguna premium ini dapat mengundang 250 orang ke dalam rapat online atau berbagi livestreaming kepada 100 ribu penonton dan menyimpan rekaman online meeting tersebut ke dalam Google Drive secara gratis serta menggunakan fitur penuh Google Meet lebih leluasa lagi.

Baca Juga : Mengenal Aplikasi Zoom : Cara Install dan Fitur-Fitur Zoom Meeting [Lengkap]

 

 

Keunggulan Google Meet

Penciptaan dan pembaruan Google Meet yang jauh lebih menarik dan menawarkan fitur- fitur terbaik dibandingkan dari pendahulunya Google Hangouts klasik, inilah keunggulan yang ditawarkan Google Meet :

  • Membantu para pekerja dan karyawan untuk tetap melakukan rapat dimana saja mereka berada dengan menggunakan video call.
  • Interface atau antarmuka yang unik dan fungsional dengan ukuran ringan serta cepat, mengedepankan pengelolaan yang efisien, mudah guna (user friendly) yang dapat diikuti semua pesertanya.
  • Pengguna dapat mengundang peserta rapat dan berbagi fitur.

Baca Juga : Mengenal Apa itu Google Classroom : Fitur, Fungsi, dan Keunggulannya 

 

Cara menggunakan Google Meet

Mengingat banyaknya cara pengguna internet untuk tetap terhubung baik itu secar mobile atau yang tetap duduk di depan layar komputer, maka Google Meet melakukan integrasi terhadap semua perangkat agar memudahkan semua penggunanya.

  • Google Meet untuk pengguna smartphone/HP

    Bagi Anda yang lebih banyak mobile atau lebih memilih menggunakan smartphone/HP maka Anda dapat mengunduh aplikasi ini Play Store dan App Store. Lakukan pendaftaran atau Sign Up dengan menggunakan Gmail Anda. Apabila Anda sudah terdaftar, Anda akan dapat melakukan konferensi online dengan menggunakan fitur chat atau video conference. Klik ikon (+) pada pojok kanan bawa aplikasi dan pilih New Video Call, kemudian tambahkan partisipan dengan memasukkan alamat email atau nomor telepon mereka.

  • Google Meet untuk pengguna komputer/desktop

    Pengguna komputer dapat mengakses Google Meet pada laman resmi mereka, kemudian klik Join or Start a Meeting. Disini pengguna harus membuat kode rapat dan judul meeting sebelum mengundang partisipan. Website akan meminta izin untuk mengakses mikrofon dan kamera. Klik Join Now untuk bergabung dengan ruang rapat virtual, presentasi akan dilakukan pada layar komputer. Jika Anda ingin mengundang lebih banyak orang, silahkan copy paste video conference atau cukup menambah email partisipan baru.

Baca Juga : Mengenal Aplikasi Trello Untuk Kolaborasi Kerja dan Cara Menggunakannya 

 

Kesimpulan dan penutup

Setelah banyaknya pekerjaan perkantoran terhenti secara fisik dan membuat pekerja melakukan work form, banyak dari aplikasi konferensi online bermunculan bahkan dari aplikasi yang belum pernah kita ketahui dan dengar sebelumnya. Aplikasi virtual meeting yang sedia ada juga turut memperbarui dan menaik tarafkan aplikasi telekonferensi mereka lebih efisien lagi.

Bahkan Google Hangouts yang sekarang mengalami perubahan menjadi Google Meet pun tidak luput untuk turut serta membantu dan mengakomodasi perubahan besar- besaran yang disebabkan pandemi COVID-19 ini. Sebelumnya Google Hangouts mempunyai keterbatasan yang hanya bisa menampilkan 4 orang peserta dalam 1 telekonferensi.

Dengan banyaknya pesaing yang populer seperti Zoom, Google Meet dituntut untuk menjadi inovatif sehingga mereka datang dengan paket yang bisa Anda dan perusahaan sesuaikan. Meet mengalami kenaikan signifikan dengan 25 lipat pengguna setiap harinya dari Januari hingga Maret kemarin. Menyambut kesempatan ini maka Google Meet memberi penawaran gratis bagi pelanggan G SUite dan G Suite Education hingga 1 Juli 2020 mendatang.

Related Post :