Mengenal Web Portofolio

Informasi / 0 | | 0

Web portofolio merupakan sebuah platform yang berisi dokumentasi hasil karya seseorang atau perusahaan dan ditampilkan dalam bentuk website. Web portofolio berbeda dengan blog. Karena web portofolio adalah suatu platform yang digunakan untuk mempromosikan diri atau suatu perusahaan, sedangkan blog lebih sering digunakan sebagai platform untuk menulis kegiatan sehari-hari, review produk, dan sebagainya. Web portofolio sangat beragam tergantung dari bidang si individu dan perusahaan tersebut. Ada portofolio yang berisi desain grafis, aplikasi, desain interior, dan sebagainya.

Baca Juga : 5 Tips Lamar Kerja di Startup Indonesia

Siapa yang cocok menggunakan web portofolio?

Pada era digital sekarang ini, web portofolio sangat cocok digunakan sebagai pelengkap personal branding untuk fresh graduate, freelancer atau seorang yang sudah mempunyai pengalaman yang banyak. Seseorang yang mempunyai web portofolio juga sering menjadi narasumber untuk menghadiri suatu acara atau pertemuan yang berkaitan dengan kualifikasi si pembuat portofolio.

Apa saja yang harus ada di web portofolio?

Sebelum membuat portofolio, kamu juga harus mempunyai pengetahuan yang cukup dan mendalam tentang apa yang sudah kamu kerjakan. Untuk membuat web portofolio kamu wajib melampirkan logo, tagline, halaman portofolio, halaman tentang (about), halaman kontak, dan sosial media.

Baca Juga : 9 Proses Mudah Pembuatan Website untuk Pemula

Bagaimana cara membuat web portofolio?

Setelah mengetahui semua hal yang seharusnya ada di dalam web portofolio, kamu bisa memulai web portfolio melalui platform blogspot atau wordpress. Atau jika kamu sudah bisa membuat website sendiri dengan bahasa pemrograman yang sudah kamu pelajari. Maka, sekarang waktunya untuk membuat web portfoliomu sendiri. Setelah web portofolio jadi, tentunya kamu membutuhkan domain dan hosting. Domain merupakan nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat web server di internet. Hosting merupakan tempat penyimpanan dokumen atau file-file web yang bisa diakses 24 jam nonstop .

Domain dan hosting sangat diperlukan untuk web portofolio kamu, agar web portofolio kamu dapat diakses di mana dan kapan saja. Kamu tidak perlu khawatir, karena IDCloudHost sudah menyediakannya. Untuk informasi lebih lanjut silakan akses menu domain dan hosting, atau kamu bisa langsung live chat dengan customer service IDCloudHost. Semoga sukses untuk web portofolio kamu!

Baca Juga : Tips Memilih Nama Domain dan Hosting untuk Website

Related Post :

popup image