Panduan Cara Melakukan Keyword Research (Riset Kata Kunci) Website

Business, Search Engine Optimization / 0 | | 0

SEO merupakan komponen yang sangat penting didalam sebuah website atau blog anda. Karena keyword SEO akan membuat website anda menjadi rangking awal dalam sebuah mesin pencaharian yaitu Google.

Namun, Untuk mendapatkan SEO yang baik, anda harus menentukan keyword yang tepat untuk website anda, karena hal ini akan berpengaruh dengan elaktabilitas website anda. Semakin bagus keyword dalam SEO anda, maka semakin tinggi rangking website anda didalam mesin pencari.

Jika website anda sudah menjadi rangking pertama didalam mesin pencari, tentu saja semakin banyak pengunjung yang tertarik untuk melihat website anda. Sehingga akan membuat anda semakin mudah untuk menjual produk anda. Tentu saja semakin banyak yang tertarik melihat produk anda akan membuat mereka membeli poduk anda.

Yuk, simak panduan Melakukan Keyword Research (Riset Kata Kunci) Website berikut ini.

 

Apa Itu Keyword?

 

Keyword alias kata kunci adalah istilah kata yang digunakan orang ketika melakukan pencarian di mesin pencari Google, maupun Bing.

Contohnya ketika anda ingin pergi ke pantai di Yogyakarta. Anda cukup mengetikkan Wisata Yogyakarta di Google. Wisata Yogyakarta merupakan sebuah keyword dalam pencarian Google.
Keyword pencarian ini direkam oleh search engine seperti Google, Bing dan lain sebagainya. Datanya bisa dilihat ntar; jumlah pencarian dengan menggunakan keyword tertentu, variasi penulisan keyword, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Panduan Dasar SEO Untuk Pemula On page dan Off Page

Tujuan riset keyword

Tujuan riset keyword adalah untuk mengetahui topik apa saja yang paling banyak dicari orang di Google (mesin pencari) yang berhubungan dengan blog atau bisnis anda. Keunggukan dari riset keyword adalah sebagai berikut :
keyword/kata kunci apa saja yang berhubungan dengan bisnis, atau tema dari blog anda.
keyword yang potensial untuk mendatangkan visitor ke blog, atau calon client ke website bisnis anda.
mengetahui perkiraan visitor yang mencari keyword tertentu
melihat persaingan yang ada di mesin pencari atas keyword tertentu.
menyusun prioritas; keyword mana yang dijadikan keyword utama dari blog/bisnis anda.

 

Manfaat Riset Keyword

Keuntungan melakukan riset keyword yang paling utama menurut pendapat saya adalah sebagai berikut :

  1. Ide Konten

    Anda para blogger pasti sering kebingungan dalam menentukan, ide artikel atau konten yang akan anda buat setiap harinya. Namun, dengan mengetahui keyword yang paling banyak dicari dengan cara melakukan riset terlebih dahulu akan menolong anda untuk menemukan ide yang sedang tren.
    Dengan riset, anda bisa mengumpulkan berbagai topik yang nantinya bisa dibuat artikel. Ngga bakal ada lagi istilah bingung mau nulis apa di website ntar.

  2. Pola Kerja Terstruktur

    Saat melakukan riset, anda nanti akan menyusun skala prioritas keyword yang potensial. Digabungkan dengan riset kompetisis, anda bisa menyusun topik yang akan dibuat berdasarkan tingkat persaingan di mesin pencari ntar.
    Bisa menentukan keyword mana yang mudah dan bisa dikerjakan di awal
    Bisa menentukan keyword mana yang berat, dan bisa disimpan belakangan.
    Menentukan topik yang akan dicakup dalam satu artikel.

  3. Trend Setter

    Ketika anda melakukan riset terlebih dahulu, anda sudah mengetahui pola – pola apa yang akan tren berikutnya. Hal ini akan membantu website anda memiliki konten bisnis yang dikemas sesuai tren yang sedang berlangsung maupun membuat tren sendiri.
    Semakin menarik konten anda, maka akan membuat pengunjung semakin banyak yang akan tertarik dengan website anda.

Baca Juga : Hosting Yang Baik Untuk SEO

3 Tools Yang Biasa Digunakan Untuk Mencari Keyword

Ada banyak aplikasi untuk membantu Anda dalam upaya perencanaan kata kunci yang tepat bagi bisnis Anda, dan Anda dapat menggunakannya tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun. Berikut adalah 3 tools gratis untuk perencanaan kata kunci Anda :

 

1. Ubersuggest

 

Ubersuggest meruapakan tools yang diciptakan oleh digital marketer ternama, Neil Patel. Bahkan, tools ini open source alias gratis untuk anda gunakan.
Untuk cara kerja tools ini ialah, anda hanya perlu mengetikkan keyword apa yang ingin anda cari dan wilayah yang anda targetkan.
Lalu, kemudian Ubersuggest akan memberikan informasi berdasarkan kata – kata yang sudah anda ketikkan tadi. Ubersuggest akan memberikan informasi akan mengenai berapa besar volume pencarian keyword tersebut, kadar kesulitan keyword, dan saran keyword terkait yang bisa digunakan.

 

2. Google Trends

 

Aplikasi ini merupakan aplikasi keluaran dari Google, aplikasi ini dapat menampilkan statistik bagi tiap kata kunci, termasuk juga memberi Anda informasi soal besarnya pencarian dan perkiraan cost per click (biaya rata-rata per klik). Google Trends atau Perencanaan Kata Kunci hanyalah tahap mula-mula yang bisa membantu Anda memilih kata kunci yang tepat, jadi ini bukan satu-satunya aplikasi yang bisa dimanfaatkan. Seperti yang telah Google sampaikan, Anda dapat memanfaatkan perencanaan ini sebagai arahan dasar menentukan kata kunci. Seperti contoh diatas, ketika dimasukkan kata kunci apa itu internet, maka akan keluar statistik pencarian dengan keyword tersebut, dan di provinsi apa yang paling banyak mencari kata kunci seperti itu.

 

3. SEMrush

 

Selanjutnya, ialah tools SEMrush. Sebelum menggunakan SEMrush, Anda harus mendaftar terlebih dahulu sebagai anggota yang tersedia secara gratis. Namun, akun SEMrush menyediakan versi trial selama 7 hari dan selanjutnya akan dikenai biaya per bulan mulai dari 99 US Dollar.

 

Penutup dan Kesimpulan

Riset Keyword merupakan hal yang wajib anda lakukan. Mengapa demikian? Karena hal ini akan berpengaruh dengan elektabilitas website anda. Terutama pada perangkingan dalam mesin pencari yaitu Google.

Ketika anda asal – asalan dalam memasukkan kata kunci dalam SEO, maka penilaian readibility dan SEO anda akan jelek. Hal ini akan menurunkan peringkat anda dalam mesin pencari. Tentu saja anda tidak mau terjadi hal seperti ini.

Maka dari itu, sebelum anda memasukkan kata kunci. Anda dapat mengecek kata kunci tersebut didalam beberapa tools yang opensource alias gratis. Beberapa tools diantaranya yaitu : Ubersuggest, Google Trends, SEMrush

Related Post :

popup image