Panduan Dasar SEO untuk Pemula (On Page dan Off Page)

Business, Search Engine Optimization / 0 | | 0

Seo merupakan strategi yang tepat untuk berbagai macam bisnis online yang melandaskan diri pada pencarian, termasuk Amazon dan banyak bisnis lainnya. Berdasarkan data yang dirilis dan beberapa perusahaan riset online terpercaya, sekitar 80% pengguna internet hari ini masih menggunakan mesin pencari untuk menemukan apa yang merka inginkan.

Terdapat dua tipe dalam SEO untuk mengoptimalkan website anda yaitu : Off-Page SEO dan On-Page SEO. Manfaat SEO yaitu dapat menaikkan traffic dan page ranking di mesin pencari salah satunya adalah di Google.

Oleh Karena itu anda sangat membutuhkan SEO agar peringkat website anda dapat menjadi urutan pertama dalam mesin pencari yaitu Google. Berikut ini artikel yang berisi panduan lengkap tentang SEO agar bermanfaat bagi website anda.

Baca Juga : Hosting Yang Baik Untuk Seo

 

Konsep Dasar SEO

 

Pengguna menginginkan supaya website terbaik yang relevan dengan pencarian muncul di halaman pertama. Karena itulah mesin pencari selalu ingin menampilkan hasil terbaik untuk setiap kata kunci yang dimasukkan pengguna. Bayangkan website kamu berada di posisi halaman 2 mesin pencari, tentunya hal ini bisa disimpulkan untuk trafik kamu tidak sebanyak website yang berada di halaman pertama mesin pencarian seperti Google.

Jadi inti dari SEO adalah jadikan website anda yang terbaik untuk kata kunci yang anda inginkan. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi SEO :

  1. Konten yang disajikan menarik serta SEO Friendly
  2. Struktur dan navigasi yang mudah digunakan  oleh pengguna.
  3. Kepuasan pengguna (User Experience/UX)
  4. Popularitas website yang sudah baik dan bagus.
  5. Dalam seri panduan SEO ini kita akan mempelajari bagaimana anda bisa menjadi yang terbaik daripada saingan anda.

Komponen Halaman Website yang Optimal

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna website. Kita akan bahas satu per satu dari setiap kategori berikut:

  1. Konten : Konten ini merupakan isi dari website kita, seberapa bagus informasi yang disajikan pada website kita. Disatu sisi juga kita harus mempunyai konten yang tentunya relevan dengan apa yang ingin kita sampaikan ke pengguna kita.
  2. Keyword : hal ini harus  dilakukan pertama kali, disatu sisi juga dengan riset keyword yang kita lakukan pertama kali  saat  kita memulai SEO juga akan mempermudah kita untuk mencapai tujuan kata kunci apa yang ingin kita maksimalkan untuk muncul di halaman pertama mesin pencarian Google.
  3. Judul : Anda harus memilih judul  yang kiranya relevan dengan isi  website Anda. Jangan sampai judul clickbait Anda malah menyesatkan pengguna dengan informasi yang tidak relevan yang ada pada website Anda.
  4. URL : URL disini bisa dikatakan alamat dari website Anda. Anda perlu mengatur URL yang mudah dimengerti dan dilihat oleh pengguna Anda.
  5. Meta description : merupakan deksripsi yang muncul pada mesin pencarian, hal ini sangat penting untuk bisa memberikan layanan dan infomrasi terkait halaman website Anda secara singkat di mesin pencarian Google.
  6. Media gambar juga salah satu yang perlu Anda perhatikan karena mesin pencarian seperti Google juga mempunyai pencarian gambar yang bisa mendatangkan trafik ke website Anda.
  7. Outbound link dan Internal link merupakan teknik backlink yang digunakan dalam memaksimalkan kualitas SEO Anda. yang terpenting disini Adalah saran kita dari IDcloudhost untuk memberikan inbound link yang lebih banyak dibandingkan outbound link.
  8. Social sharing.  Siapa yang disini tidak mempunyai social media, tentunya punya kan ? nah kita bisa juga memanfaatkan social media untuk berbagi mengenai postingan dan tulusan kita  di blog maupun webstite.
  9. Kecepatan website juga salah satu faktor yang perlu di perhatikan apalagi tidak semua orang dapat dnengan mudah mengakses website Anda.

Konten dengan kualitas terbaik

Kalau anda perhatikan, konten adalah komponen utama dalam halaman website. Artinya, konten memegang peranan terbesar dalam optimasi on-page.Mustahil mendapatkan peringkat 1 tanpa punya konten berkualitas. Berikut ini ialah Konten dengan kualitas terbaik ciri – cirinya:

1. Memberikan manfaat maksimum bagi pengunjung

  • Lebih menonjol dibandingkan konten lain yang sejenis
  • Disimak dalam waktu panjang oleh pengunjung
  • Membangkitkan perasaan (kagum, terhibur, bahagia, dll.)
  • Menyelesaikan permasalahan pengunjung

 

2. Keyword yang populer

Ketika anda menggunakan Google kata terakhir yang anda tulis ada beberapa kata sebagai keyword-nya. Kemudian Google menampilkan hasil yang berkaitan dengan keyword tadi. Semakin relevan dengan keyword, semakin tinggi peringkatnya. Jadi, mengoptimasi halaman berarti mengoptimasi keyword. Setiap halaman di website anda harus dioptimasi paling tidak untuk 1 kata kunci.

Hal ini dapat anda lakukan dengan cara menyertakan keyword dalam halaman website anda. Tepatnya di dalam konten, di judul, dan di URL. Dengan demikian, mesin pencari dan pengunjung akan langsung memahami apa isi dari halaman website anda. Selain itu, Anda harus memahami apa maksud di balik sebuah keyword. Misalnya seseorang melakukan pencarian di Google dengan kata kunci “beli smartphone”.

Apakah dia ingin membeli android atau iPhone. Bisa jadi dia ingin membaca artikel tentang cara membeli iPhone? Sehingga Google akan menampilkan halaman yang menjual Android dan iPhone.
Maka dari itu, mustahil bisa mendapatkan peringkat tinggi apabila anda menyediakan artikel tentang cara membeli iPhone.

 

3. Judul halaman yang mengundang klik

Cara termudah untuk mengoptimasi judul yaitu dengan menyertakan keyword utama yang anda incar. Misalnya keyword “Panduan SEO”, maka judulnya mengandung kata Panduan SEO”. Tapi itu saja belum cuku yang terpenting dalam judul bukan optimasi keyword, tapi optimasi terhadap ketertarikan manusia. Apabila judul yang anda buat mampu menarik banyak pengunjung, maka peringkatnya akan naik.

 

4. URL yang singkat dan deskriptif

Meskipun pengaruhnya tidak besar, tapi URL yang mengandung keyword dapat mempengaruhi peringkat website anda di hasil pencarian. Berikut ini contoh URL yang tidak baik. Hindari penggunaan URL seperti ini : ” panduantulisan(dot)com/?p=94 ” . URL  in kurang efisien karena URL yang bagus selalu relevan dengan apa isi dari halaman tersebut.

Contohnya:

  • Halaman tentang ‘Seo bagi pemula’ > domain(dot)com/Seo-bagi-pemula’/
  • Halaman produk ‘Seo untuk bisnis’ > domain(dot)com/laptop/Seo-untuk-bisnis/

Buatlah URL yang mendeskripsikan konten, lebih baik lagi kalau mengandung keyword utama.

 

5. Meta description yang deskriptif dan mengundang klik

Meta description adalah 1-2 kalimat yang muncul dalam hasil pencarian. Meta description sebetulnya tidak mempengaruhi rangking halaman anda. Selain itu, juga tidak selalu muncul di hasil pencarian. Karena Google sekarang lebih sering menggunakan kalimat di dalam konten sebagai deskripsi halaman. Meskipun demikian, tidak ada salahnya bagian ini dioptimasi. Dengan meta description yang menarik, maka kemungkinan orang lain untuk mengunjungi website anda akan semakin tinggi. Seperti logika tadi, semakin banyak klik dari manusia = semakin baik peringkatnya.

Baca Juga : Langkah Awal Untuk Mengotimasi Web Dengan Seo

 

Perbedaan SEO On-Page dan SEO Off-Page

 

Tahukah kamu perbedaan off-page SEO dan on-page SEO? Yuk, simak perbedaan dari off-page SEO dan on-page SEO agar anda dapat mengoptimalkan website anda dalam kolom pencaharian.

 

  1. Teknik SEO On-Page
    Optimalisasi halaman atau SEO On-Page adalah teknik optimalisasi yang dilakukan pada website anda dengan tujuan agar mesin pencari mengetahui jika website anda sudah sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna dengan kualitas yang baik. Sehingga, anda dapat mengoptimalisasi website anda agar terstruktur dan konten yang anda buat dapat bermanfaat bagi pengunjung agar pengunjung merasa betah.
  2. Teknik SEO Off-Page
    Teknik SEO Off-Page berbanding terbalik dengan SEO On-Page yang lebih dominan terhadap optimalisasi didalam halaman website itu sendiri muali dari penulisannya hnga formatnya, Teknik SEO Off-Page lebih ke arah memproses optimalisasi yang dilakukan dari luar, yaitu dengan mencari backlink serta mempromosikan website anda. Ketika anda dapat mengoptimalkan keduanya, maka website anda akan mendapatkan hasil yang baik juga.

 

Kesimpulan dan Penutup 

Penerapan SEO yang baik dan benar dapat mempengaruhi website anda. Bagi anda yang memilik website dianjurkan untuk selalu bisa membaca pasar dan tren agar strateginya dapat diterapkan pada website anda.

Perbedaan dalam 2 jenis SEO ini iyalah jika Teknik SEO On-Page lebih memperhatikan penulisan dan format dalam website anda. Maka akan berbanding terbalik dengan Teknik SEO Off-Page yang sangat mementingkan backlink dan marketing diluar website.

Setelah mengetahui definisi dari SEO dan perbedaan serta optimasinya, anda sapat menerapkan beberapa cara tersebut ke dalam website anda. Hal ini dapat mempengaruhi bisnis online anda apabila anda masih belum mengetahui manfaat dari SEO.

Related Post :

popup image