Panduan Lengkap Apa itu Domain Authority dan Page Authority

Development & Security, Domain & Hosting / 0 | | 0

Dalam pembahasan artikel kali ini adalah mengenai Panduan Lengkap Apa itu Domain Authority dan Page Authority. Mungkin Anda sudah pernah mendengar istilah Domain Authority. Namun apakah Anda sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan Domain Authority ini? Nah Kami akan menjelaskannya secara lengkap untuk Anda mengenai Panduan Lengkap Apa itu Domain Authority dan Page Authority ini, berikut penjelasannya.

Layanan Domain Murah IDcloudhost

 

Mengenal Apa itu Domain Domain Authority dan Page Authority

Domain Authority atau bisa juga disebut dengan DA merupakan acuan yang digunakan oleh mesin pencari untuk memberikan peringkat atau ranking dari website yang Anda miliki. Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa mesin pencari yang saat ini sangat banyak digunakan adalah Google.

Namun Google ini juga mempunyai beberapa kriteria dalam memberikan peringkat terhadap suatu website. Misalnya seperti usia domain tersebut. Semakin lama usia domain itu maka akan semakin baik juga kualitas domain tersebut. Yang selanjutnya adalah dilihat dari popularitas domain tersebut. Popularitas ini dilihat dari seberapa banyak backlink yang masuk ke domain tersebut.

Atau bisa juga link yang didapatkan dari Anda berkomentar di blog orang lain, sehingga hal ini akan dilihat domain yang aktif oleh Google. Dan yang terakhir adalah dilihat dari ukuran domain itu, ukuran domain ini dimaksudkan seberapa banyak konten yang ada di dalam website yang menggunakan domain tersebut.

Semakin banyak jumlah postingan yang ada di dalam domain tersebut maka akan semakin baik pula Domain Authority nya. Dan perlu Anda ketahui juga bahwa Domain Authority ini merupakan salah satu faktor dari banyaknya faktor yang dinilai untuk menentukan peringkat website di mesin pencari salah satunya Google.

 

Perbedaan Domain Authority dan Page Authority

Tidak hanya sering mendengar istilah Domain Authority namun juga pasti Anda pernah mendengar dengan yang namanya Page Authority. Nah yang menjadi pertanyaan sekarang apa yang membedakan antara kedua hal ini? Untuk bisa mengetahuinya maka Anda bisa menyimak penjelasan berikut ini mengenai Panduan Lengkap Apa itu Domain Authority dan Page Authority.

Seperti yang sudah Kita ketahui bahwa kedua hal ini akan digunakan sebagai pengukur kualitas dari website sehingga bisa mendapatkan raking atau peringkat di mesin pencari. Nah sekarang Anda bisa membayangkan bahwa Domain Authority ini sebagai rumah secara keseluruhan atau semuanya.

Namun di samping itu Page Authority merupakan salah satu ruangan yang ada di dalam rumah tersebut. Nah sehingga bisa disimpulkan bahwa kedua hal ini memang sangat penting dalam meningkatkan peringkat website. Dengan demikian maka kedua hal ini harus berjalan beriringan agar bisa dengan mudah dalam meningkatkan kualitas website Anda.

 

Cara Mengecek Domain Authority dan Page Authority

Tentu akan banyak yang bertanya tanya mengenai bagaimana cara menguji Domain Authority ini. Jadi sebenarnya caranya sangat mudah sekali sebab saat ini sudah ada banyak situs yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pengecekan ini. Salah satu situs yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan situs SmallSEOTools

Di sini Anda bisa melakukan pengecekan Domain Authority dengan mudah. Penilaiannya nanti Anda akan mendapatkan poin dari rentang angka 0 sampai dengan 100. Semakin besar poin yang Anda dapatkan maka akan semakin bagus pula kualitas website yang dilihat dari mesin pencari seperti misalnya Google.

Cara Cek menggukanan Small SEO Tools :

  1. Buka Link  berikut : https://www.seoreviewtools.com/bulk-seomoz-authority-checker/
  2. Kemudian masukkan URL Website Anda beserta http/https Anda (Anda bisa memasukkan link lebih dari 1  hingga 10 url, silakan enter untuk membedakan link 1 dengan lainnya)

     


     
  3. Jika sudah, Masukkan captcha dengan benar, lalu klik Perform Check
  4. Maka akan muncul hasilnya seperti gambar berikut :
     

 

Tips meningkatkan Domain Authority dan Page Authority

Nah setelah Anda sudah mengetahui bagaimana cara mengecek Domain Authority ini maka tentu Anda sudah melihat hasilnya bukan? Nah bagaimanakah hasil yang keluar? Apakah sudah sesuai dengan apa yang Anda harapkan atau masih belum?

Nah jika memang belum sesuai dengan yang Anda harapkan maka Anda perlu melakukan langkah langkah yang bisa meningkatkan Domain Authority dari website Anda. Caranya bisa dengan mudah untuk Anda lakukan. Dan berikut ini penjelasannya untuk Anda.

 

  1. Buatlah Konten Yang Benar Benar Berkualitas
    Langkah yang pertama adalah dengan membuat konten yang mempunyai kualitas yang baik. Anda bisa melakukan riset untuk menampilkan konten yang berkualitas. Dengan kata lain Anda jangan sampai membuat konten yang asal asalan dan tidak enak untuk dibaca.
     
  2. Gunakan Media Sosial Untuk Melakukan Promosi
    Langkah yang kedua adalah dengan memanfaatkan yang namanya media sosial. Dengan media sosial ini maka Anda akan bisa dengan mudah dalam melakukan promosi. Nah dengan demikian akan semakin banyak orang yang mengetahui website Anda dan akan mengunjunginya juga.
     
  3. Lakukan Pengelolaan Link Pada Website
    Pengelolaan link memang penting juga untuk dilakukan. Pengelolaan link di sini dimaksudkan bahwa Anda perlu mencantumkan link website orang lain di konten yang Anda buat. Namun ingat jangan sampai melakukan ini secara berlebihan karena bisa membuat website Anda akan turun peringkatnya.
     

     
    Baca Juga : Apa itu Link Building dan Apa yang Harus diperhatikan dalam Link Building
     
  4. Bisa Juga Melakukan Branding
    Melakukan branding juga tidak kalah pentingnya. Semakin banyak orang yang mengenal brand Anda maka akan semakin mudah juga orang akan mengunjungi website yang Anda miliki. Membangun Brand dapat meningkat kualitas DA dan PA Anda secara tidak langsung, terkadang banyak orang yang juga melakukan referensi website Anda sehingga Akan berdampak bagi trafik website Anda baik secara direct, organic, maupun referal.
     
  5. Penting Untuk Anda Dalam Membangun Relasi
    Membangun sebuah relasi memang menjadi suatu keharusan untuk Anda lakukan. Sebab semakin banyak Anda melakukan relasi dengan orang lain maka akan semakin banyak juga yang berkemungkinan akan mengunjungi website yang Anda miliki. Hal ini juga harus dibangun dalam dunia maya, apalagi jika ada orang lain yang mereferensikan website Anda yang dapat meningkatkan kualitas DA dan PA Anda.
     
  6. Melakukan On Page SEO
    Dan ini merupakan langkah yang terakhir yang perlu untuk Anda lakukan yakni dengan cara melakukan on page SEO. On page SEO ini Anda lakukan untuk meningkatkan peringkat website Anda tanpa harus melakukan SEO yang pada umumnya. Caranya bisa dengan mudah untuk Anda lakukan yakni dengan menggunakan plugin yang sudah disediakan di WordPress sendiri.
     
    Baca Juga : Tips Optimasi SEO on-Page Website / Blog

 

Domain Authority dan Page Authority bukanlah segalanya, karena ini merupakan indikator sederhana untuk bisa membandingkan kualitas  Website Anda. Bagi Anda yang belum mempunyai Domain Authority dan Page Authority yang kuat tentunya dengan melaksanakan tips tips dari IDcloudHost diatas bisa memmbantu meningkatkan kualitas website anda dari sisi Domain Authority dan Page Authority. Bagaimana ? Apakah Anda tertarik untuk melangkah ?

Related Post :

popup image