Panduan Lengkap Cara Menggunakan Mailchimp untuk Email Marketing

Business, Email Marketing / 0 | | 0

Banyaknya pengguna internet saat ini dan digitalisasi pada ragam aspek kehidupan juga membuat munculnya platform media sosial pula. Kalau dulu kita hanya mengenal komunikasi dalam sebatas pesan singkat yang sudah dianggap sebagai inovasi kemajuan teknologi, maka inovasi berikutnya adalah kemampuan saling berkirim surat elektronik atau email.

Bahkan di saat ini juga rasanya hampir semua orang yang aktif berselancar di internet telah mempunyai paling tidaknya sebuah akun email pribadi. Melalui akun ini mereka dapat berkomunikasi, mendaftarkan diri untuk mendapatkan akun media sosial dan juga bisa mengerjakan banyak hal seperti bekerja atau urusan pribadi sekalipun.

Cara praktis dan ringkas dari email yang dapat mengirimkan banyak surat elektronik dalam satu waktu ini juga menarik banyak minat perusahaan yang mengandalkan email marketing dalam menjaring dan mendata pelanggan mereka. Tidak mengherankan kalau banyak perusahaan telah mempunyai email marketing mereka sendiri dengan menggunakan banyak pilihan ragam email marketing seperti Mailchimp yang akan kita bahas dibawah ini.

 

Mengenal Apa itu Mailchimp

Mailchimp adalah platform otomasi pemasaran atau email marketing yang berbasis cloud web yang berasal dari Amerika Serikat. Platform email marketing ini adalah nama dagang dari perusahaan Amerika yang didirikan pada tahun 2001 oleh Ben Chestnut, Mark Armstrong dan Dan Kurzius. Mailchimp memulai bisnis mereka sebagai layanan berbayar yang kemudia menambahkan opsi penggunaan premium pada tahun 2009.

Email marketing ini juga mempunyai layanan penggunaan gratis jika Anda ingin mencobanya. Basis pengguna Mailchimp mencatat kelonjakan kenaikan pengguna sebanyak 450.000 pengguna dari jumlah awal 85.000 pengguna pada tahun awal peluncuran mereka. Juni 2014 mencatat rekor dengan pengiriman 10 miliar email per bulan dari semua penggunanya. Sedangkan pada tahun 2017, Mailchimp mendapatkan tambahan pelanggan baru hingga mencapai 14.000 pengguna setiap harinya. Perusahaan ini juga masih bersifat independen yang dimiliki oleh ketiga pendirinya dan tidak pernah menerima modal ventura.

 

Fitur- fitur menarik Mailchimp

 

Dengan basisnya yang praktis ini, pengguna dapat menggunakan platform email marketing ini untuk merancang dan sekaligus mengirimkan banyak email kepada pelanggan dan subscriber untuk newsletter mereka dalam jumlah banyak dalam satu waktu. Penggunanya juga dapat mengakses mailchimp mereka dimana saja tanpa harus mengunduh atau menginstal software pendukung tambahan.

Selain itu Mailchimp hadir dengan menawarkan banyak fitur menarik serta berguna yang tidak dapat Anda tolak dan abaikan. Semua fitur yang ditawarkan ini akan memudahkan penggunanya dalam menyusun dan melaksanakan strategi marketing mereka. Inilah 4 fitur menarik Mailchimp yang bisa Anda dapatkan dan coba :

 

  1. Mempunyai berbagai pilihan campaigns

    Penyedia jasa layanan email marketing yang satu ini menawarkan banyak ragam model campaigns bagi penggunanya. Tidak hanya sekedar email, Anda juga bisa mendapatkan landing page, postcard, sign up forms, Google remarketing ads dan juga Facebook ads.

  2. Telah terintegrasi dengan berbagai apps dan tools

    Mengingat banyaknya aplikasi dan tools yang ada saat ini, Mailchimp juga memanfaatkan kesempatan ini dengan menambahkan berbagai fungsi dan fitur ke dalam sebuah campaign yang dikirim oleh pengguna. Fitur ini juga mempunyai tambahan opsi booking (pesan), rekomendasi produk menyesuaikan transaksi yang dilakukan oleh pembeli, mengirim tagihan pada langganan dan lain sebagainya.

  3. Mengirim email secara otomatis

    Setiap email marketing tentunya selalu dikirim dalam jumlah banyak dan otomatis. Fitur inilah yang bisa Anda andalkan jika Anda ingin mengirim email lebih cepat tanpa harus lagi mengirimnya dengan cara manual. Mailchimp memungkinkan Anda untuk mengirim email untuk setiap pelanggan dengan akun baru, merekomendasikan produk, pengingat transaksi yang belum terselesaikan dan lainnya.

  4. Optimasi email marketing lebih baik.

    Fitur ini membantu Anda membagi semua subscriber Anda menurut atau berdasarkan minat dan target tertentu yang kemudian bisa Anda kirimi email dengan menyesuaikan spesifikasi atau target tersebut. Dengan begini Anda juga dapat melihat dan membaca performa campaigns yang telah Anda buat serta tentunya melihat cara pemasaran yang lebih efektif bagi Anda.

Baca Juga : Mengenal Apa itu SquirrelMail : Fungsi, Manfaat, dan Cara Mengaktifkannya

 

Cara Menggunakan Mailchimp

 

 

Bersamaan dengan fitur- fitur yang telah kita baca di atas, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana cara menggunakan email marketing dari Mailchimp. Simak cara menggunakan Mailchimp dibawah ini :

 

Membuat akun Mailchimp

  1. Buka situs resmi Mailchimp di http://mailchimp.com dan klik Sign Up Free.
  2. Isi data Anda yang berupa email, username dan password. Pastikan password Anda kuat dengan memenuhi syarat elemen huruf kapital, huruf kecil, angka, karakter unik dengan minimal panjang 8 karakter.
  3. Input data domisili Anda yang bertujuan untuk memastikan bahwa penggunaan akun Mailchimp ini tidak digunakan untuk mengirim email spamming.
  4. Sambungkan akun Mailchimp dengan tautan Facebook atau Twitter.
  5. Mailchimp akan meminta izin untuk melakukan personalisasi layanan dan akan menanyai penggunanya dengan pertanyaan mengenai nama brand (merek), alamat website serta fitur yang ditawarkan untuk membantu usaha pelanggannya. Dengan begini, Mailchimp akan dapat memberi tawaran aplikasi dan tools yang tepat menyesuaikan dengan bisnis Anda.

Baca Juga : Penyedia Layanan Dedicated Server dan Colocation Server Terbaik Indonesia

 

Membuat daftar email penerima di Mailchimp

Layanan ini menyedikan 3 cara umum membuat list atau daftar nama penerima email yang bisa Anda sesuaikan seperti :

  • Input manual

    Cara manual ini adalah cara termudah namun juga sekaligus juga rumit dan kompleks untuk dilakukan. Kemudahannya adalah pengguna hanya tinggal memasukkan dan menginput data ke dalam kolom- kolom yang telah tersedia. Sedangkan akan lebih kompleks dan rumit mengingat semua ini harus di input masuk satu per satu.

  • Input data banyak sekaligus melalui CSV

    Mengirimkan email marketing yang banyak dan biasanya penuh dengan informasi dan fitur memang lebih praktis jika dibandingkan dengan cara pengiriman manual diatas. Untuk menggunakan cara kedua ini adalah pelanggan akan membutuhkan dokumen Microsoft Excel yang harus disimpan dalam format CSV.

  • Mengimpor data melalui layanan yang mendukung

    Dari berbagai banyak macam dan ragam layanan yang bisa Anda hubungkan atau pakai kepada akun Mailchimp Anda, cara dan pilihan termudah yang cepat adalah dengan mencoba memakai dan menghubungkan Google Contacts Anda.

Baca Juga : Mengenal Apa itu FlockMail : Fungsi, Keunggulan, dan Fiturnya 

 

Membuat Sign Up form

Setiap kali Anda berselancar di website maupun e-commerce, maka Anda juga pasti melihat formulir untuk mendaftarkan diri bagi pelanggan. Formulir ini nantinya akan sangat berguna bagi perusahaan yang memasangnya untuk mengumpulkan dan menambang data yang kemudian dapat digunakan perusahaan untuk mengirimkan kabar dan penawaran terbaru.

 

Membuat Campaign

Ini adalah fitur utama yang paling menarik dan menjadi daya tarik utama berbagi setiap pengguna Mailchimp. Melalui fitur ini pengguna dapat membuat berbagai konten untuk keperluan marketing yang mencakup landing page, sign up forms, remarketing ads dan lainnya.

Salah satu Campaign yang bisa kamu gunakan di Mailchimp adalah untuk keperluan Email, disini kamu bisa merancang Campaign email kamu dengan memulai memberikan nama Campaign, sampai membuat tujuan Pengiriman. Pada email juga Anda bisa mengatur judul dan juga bentul Email sendiri agar lebih maksimal.

Baca Juga : PeduliLindungi : Fitur, Keunggulan, dan Cara Kerjanya (Aplikasi Pelacak Virus Corona / COVID-19)

 

Kesimpulan dan penutup

Tidak semua orang dan perusahaan sekalipun mempunyai akun di media sosial meski memang kredibilitas dan efisiensi platform ini memang lebih banyak dipilih serta diketahui orang ramai. Begitu juga pelanggan dari brand tersebut pun belum tentu mau mengikuti dan mencari tahu banyak mengenai merek kesayangan mereka di media sosial .

Lalu untuk tetap dapat meraih dan menghubungi konsumen, maka sebuah brand tentunya akan memerlukan email marketing dengan fitur dan campaign yang juga efektif. Perusahaan dan bisnis dapat tetap berhubung dengan pelanggan mereka, menyebarkan promosi yang sedang berlanjut dan mengumpulkan data pelanggan.

Penggunaan email marketing juga bisa menjadi efisien dalam menentukan strategi dan penerapan penjualan serta pemasaran. Anda dapat mengandalkan dan menggunakan semua fitur yang ditawarkan Mailchimp di atas yang telah terbukti banyak membantu banyak pemasaran. Jadi tidak mengherankan Mailchimp kini menjadi pilihan email marketing terlaris saat ini dan digunakan hampir di 200 negara.

Related Post :