Panduan Cara Memaksimalkan SEO Copywriting untuk Website

Business, Search Engine Optimization / 0 | | 0

Apakah anda pernah mendapati sebuah situs website yang kontennya tidak bisa dinikmati dan susah dibaca? Nah, hal ini kemungkinan Kalimat sulit dipahami dan tidak terdapat  kata kunci, dan minim informasi? Belum lagi jika situs tersebut memuat artikel hasil dari copy-paste secara tidak bertanggung jawab dari sumber lain.

Namun anda diarahkan ke situs pencarian utama dengan artikel yang tidak bisa dibaca tersebut. Sehingga menurut Anda, situs tersebut benar-benar ‘sukses’ melakukan optimasi untuk mesin pencari.

Anda pun menjadi alergi pada istilah Search Engine Optimization (SEO) karena hanya akan menghasilkan artikel-artikel sampah. Keyakinan Anda untuk mengusahakan tempat bagi konten berkualitas Anda di mesin pencari pun pupus. Bagaimana pula Anda bisa menjual jasa/produk di tengah hiruk pikuk konten yang tidak berkualitas? Nah, dalam artikel ini akan memuat panduan SEO copywriting.

 

Apa Itu SEO Copywriting ?

 

SEO merupakan ilmu tentang mengoptimalkan situs web untuk mesin pencari.  Copywriting adalah seni dan ilmu untuk menciptakan konten yang mendorong pembaca/pengguna mengambil tindakan yang akan menguntungkan Anda.

Baca Juga : Hosting Yang Baik Untuk Seo

Jadi, Copywriting dalam SEO adalah seni dan ilmu untuk mencapai keseimbangan antara konten yang meyakinkan pengguna dan konten yang dapat ditemukan/dipahami oleh mesin pencari.

SEO Copywriting akan meningkatkan otoritas dan relevansi konten Anda dan meningkatkan peringkatnya di Google untuk kata kunci yang dipilih. Jadi ketika Anda sangat merekomendasikan sesuatu, Google melihatnya relevan dan Anda akan mencapai hasil konten SEO yang lebih besar.

SEO copywriting merupakan bentuk khusus penulisan online yang:

  1. Berisi keyword pembaca adalah target Anda.
  2. Membantu peringkat dalam pencaharian Google
  3. Mendorong lalu lintas website yang berkualitas.

SEO copywriting adalah penulisan yang berkualitas. Berkala. Frase unik tidak boleh membuat tulisan sulit dibaca, terdengar berulang-ulang, atau kehilangan fokus konversinya.

Baca Juga : Langkah Awal Untuk Mengotimasi Web Dengan Seo

 

Agar SEO Copywriting Menjadi Efektif

 

Berikut ini adalah agar SEO  Copywriting anda menjadi lebih efektif :

 

  1. Keyword JudulAnda harus memastikan, bahwa anda telah menggunakan kata kunci ke dalam judul konten Anda. Hal ini akan memudahkan mesin pencari untuk mengidentifikasi konten Anda sebagai konten yang cocok dengan kata kunci yang dicari. Sehingga, ketika sebuah situs menautkan kata kuncinya ke konten Anda, mesin pencari akan langsung menyadari bahwa konten Anda memang cocok, penting, dan berkualitas. Faktor-faktor ini akan menaikkan peringkat konten Anda di mesin pencari.
  2. Meta DescriptionKalimat pada meta description merupakan salah satu kata kunci  yang benar-benar harus pertimbangkan dalam penentuan peringkat di mesin pencari, namun nyatanya meta description adalah bagian konten yang tampak di mesin pencari, selain judul. Calon pengunjung akan lebih cenderung untuk memilih meta description yang memuat kata kunci.
  3. Perbanyak KontenDengan anda memperbanyak konten blog Anda dan memberikan visual serta audio yaitu berupa video, gambar, dan beragam informasi yang bermanfaat. Berikanlah jawaban untuk permasalahan pengunjung blog Anda. Rangkullah pengunjung dengan menggunakan kalimat aktif. Selain itu, jangan lupa untuk rajin mengupdate konten!
  4. Kenali Pembaca AndaSebagai Copywriter yang baik akan memberikan tulisan yang sesuai dengan keadaan pembaca. Kenali siapa pembaca saja Anda, dari mana asalnya, berapakah rentang umur mereka, dan lain sebagainya .Hal ini sangat penting karena akan menjadi bahan yang sangat berharga untuk membuat sebuah copywriting yang lugas dan tepat sasaran.
  5. Frekuensi Kata KunciPerhatikan  kata kunci SEO. Ketika persebaran kata kunci di konten Anda, tepat dan efektif sehingga tidak terlalu panjang maupun terlalu pendek. Dalam sebuah konten, sebaiknya kata kunci diulang minimal tiga kali. Perhatikan pula agar jumlah kata kunci di dalam konten Anda tidak lebih dari 5.5% dari keseluruhan kata, kalau tidak konten Anda akan dipenalti oleh mesin pencari (Google). Tebalkan (bold) atau miringkan (italic) kata-kata kunci tersebut agar dapat lebih mudah dikenali oleh mesin pencari.

 

Kesimpulan dan Penutup

SEO copywriting sangat dibutuhkan dalam sebuah konten website. Hak ini sangat berpengaruh dengan elektabilitas website di kolom pencaharian peringkat yang ada di Google. Serta banyak nya pengunjung yang membaca artikel ataupun datang ke website anda.

Anda perlu memperhatikan kata kunci SEO anda. Karena kata kunci yang ada dalam website anda juga berpengaruh dalam pencaharian pelanggan. Anda harus memperhatikan meta description, kenali pembaca anda.

Related Post :

popup image