logo Mengenal AnyDesk: Pengertian dan Keunggulannya - IDCloudHost

Mengenal AnyDesk: Pengertian dan Keunggulannya

Mengenal AnyDesk: Pengertian dan Keunggulannya

anydesk adalah

Saat WFH, terkadang Anda bisa saja menemui situasi dimana suatu tugas mengharuskan Anda untuk menggunakan komputer lain padahal komputer tersebut terletak jauh dari Anda. Pada situasi inilah remote desktop dibutuhkan. Anydesk adalah aplikasi yang akan membantu Anda melakukan remote desktop. 

Saat ini semakin banyak orang yang melakukan berbagai pekerjaan lewat internet. Terutama saat pandemi seperti sekarang, dimana orang-orang banyak yang bekerja dari rumah atau WFH (Work From Home). Aplikasi remote desktop yang berguna untuk mengendalikan komputer jarak jauh menjadi kebutuhan. 

Anda yang membutuhkan aplikasi remote desktop mungkin bisa menggunakan AnyDesk. Ini adalah aplikasi yang kompatibe digunakan untuk pengguna Windows. Dalam artikel ini, kita akan mengenal Anydesk lebih dalam, mulai dari pengertian, keunggulan, hingga cara kerjanya. 

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Remote PC Gratis dan Aman untuk Digunakan

Apa Itu AnyDesk? 

AnyDesk adalah aplikasi remote desktop yang cukup populer di kalangan pengguna Windows. Aplikasi yang satu ini memiliki banyak fitur dan keunggulan, serta lebih ringan daripada TeamViewer. 

Program remote desktop ini dapat Anda gunakan secara gratis untuk penggunaan personal, tapi akses dan waktu penggunaannya terbatas. Aplikasi ini memiliki versi premium yang cocok untuk penggunaan bisnis, Anda perlu membayar 10,99 USD per tahun sebagai biaya berlangganannya untuk satu perangkat. 

Salah satu alasan kepopuleran AnyDesk adalah Anda tidak perlu menginstal aplikasi ini terlebih dahulu untuk mulai menggunakan. Cukup download filenya dari situs resmi AnyDesk, kemudian Anda langsung bisa menjalankannya dengan lancar. 

Awalnya, Anda harus memasukkan nomor untuk menghubungkan komputer Anda dengan komputer jarak jauh yang ingin Anda kendalikan tersebut. Setelah kedua komputer terhubung, Anda langsung bisa mengontrol keyboard dan mouse komputer tersebut sepenuhnya. 

Banyak praktisi IT yang menggunakan AnyDesk karena aplikasi ini memiliki tingkat keamanan yang lebih baik. Untuk dapat menggunakan AnyDesk, ada istilah Attended Access dan Unattended Access. 

Attended Access adalah permintaan koneksi yang memerlukan operator di sisi server (komputer jarak jauh). Sementara itu, Unattended Access adalah permintaan koneksi yang tidak memerlukan operator untuk menyetujui akses tersebut dari sisi server. 

Keunggulan AnyDesk

AnyDesk adalah program yang mampu menjadi penghubung antara dua komputer yang jaraknya berjauhan. Aplikasi ini memungkinkan pengguna mengakses komputernya dari manapun. Banyak pengguna menyukai AnyDesk karena aplikasi ini sangat mudah digunakan. Apa saja keunggulan AnyDesk yang lain? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Performa

Dalam membangun AnyDesk, para developernya menggunakan codec DeskRT yang sangat handal dan inovatif. Hal ini membuat aplikasi AnyDesk memiliki performa yang optimal walaupun aplikasinya sangat ringan. 

Anda sebagai pengguna akan lebih mudah untuk mengontrol komputer dari jarak jauh secara lebih leluasa. Bahkan, fungsi remote desktop satu ini masih dapat berfungsi walaupun koneksi internet Anda sedang lambat. 

Karena itulah AnyDesk memiliki banyak pengguna dari kawasan yang memiliki kecepatan internet terbatas. Aplikasi ini bahkan lebih responsif dari rivalnya, TeamViewer. AnyDesk memiliki latensi kurang dari 16 milisecond.

Baca Juga: Mengenal PuTTY : Aplikasi Remote Server & SSH Client

Keamanan

Semua data yang saling terkirim dari dua komputer menggunakan AnyDesk ini terenkripsi dengan teknologi TLS 1.2. Industri perbankan juga banyak yang menggunakan teknologi ini untuk melindungi data-data nasabah dalam server mereka. 

AnyDesk memang memiliki fitur unattended access yang memungkinkan pengguna untuk mengakses sebuah komputer tanpa persetujuan operator di komputer server. Namun, fitur yang berpotensi jadi celah keamanan ini memiliki dukungan teknologi enkripsi RSA 2048 yang semakin canggih untuk meningkatkan keamanan. 

Fleksibilitas

Aplikasi remote desktop bertujuan agar penggunanya bisa menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat dan mudah dari jarak jauh. Karena itu, fleksibilitas dalam aplikasi remote desktop sangat penting. 

AnyDesk banyak disukai oleh pengguna karena aplikasi ini menawarkan fleksibilitas dan Anda dapat mengaksesnya tidak hanya dari Windows, tapi juga Android, MacOS, dan Linux. 

Selain itu, AnyDesk juga bisa Anda gunakan pada komputer dengan berbagai spesifikasi. Tidak perlu khawatir jika kinerja atau spesifikasi komputer Anda terbatas, karena aplikasi ini sangat ringan sehingga mengoperasikannya tidak akan membuat task lain terganggu. 

Baca Juga: Social Distancing : Upaya Melawan Virus Corona + Tools Memaksimalkan Work From Home (WFH)

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang AnyDesk for Windows, mulai dari pengertian hingga keunggulan-keunggulannya. Aplikasi yang satu ini bisa Anda jadikan pilihan jika membutuhkan aplikasi remote desktop yang handal untuk mendukung pekerjaan Anda. 

Dengan menggunakannya, tak perlu khawatir pekerjaan di komputer kantor terbengkalai. Karena sekarang Anda bisa mengendalikan komputer jarak jauh hanya dari rumah. 

 

Related Post

  • Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

    Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
    layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
    downgrade atau cancel setiap waktu

    Buat Private Cloud
    Subscribe here to get update
    popup image