Mengenal Cloud Server, Fungsi dan Kegunaan - IDCloudHost

Mengenal Cloud Server, Fungsi dan Kegunaan

Promo IDCloudHost

Apa itu Cloud Server
 

Mengenal Cloud Server Lebih Jauh

Saat ini banyak sekali layanan yang menawarkan sistem cloud atau awan. Apa sih sebenarnya cloud itu? Apa manfaatnya? Kenapa kita harus beralih ke sebuah sistem cloud. Cloud Server adalah sebuah ruang virtual yang memungkinkan Anda dapat menyimpan dan mengelola data di mana saja, kapan saja secara praktis.

Secara analogi, jika Anda memiliki data dan Anda simpan pada harddisk. Jika terjadi sesuatu pada harddisk akan sulit kita kembalikan. Namun, jika Anda simpan data secara virtual Anda dapat mengaksesnya. Resiko hilang data, atau kecerobohan sangat minim karena kita maintenance dengan sistem yang kuat.

Baca Juga : Cloud Server, Bagaimana Kelebihan dan Kekurangannya?

Apa itu Cloud Server?

Jika kita ulas dengan definisi, cloud server merupakan server virtual yang berjalan pada sebuah sistem Cloud Computing (komputasi awan). Cloud Computing  adalah sebuah teknologi untuk menyimpan hingga mengolah data menggunakan sumberdaya internet.

Fungsi Cloud Server

Secara lengkapnya, beberapa fungsi dari cloud server ialah

– Sebagai ruang penyimpan data personal, data aplikasi, hingga data website
– Menjalankan berbagai aplikasi dan hosting, sehingga tidak menyita memori hardware yang kita gunakan.

Dari pengertian sebelumnya, kita pahami karena tidak seperti ruang penyimpanan fisik, penggunakan server virtual lebih mudah dan praktis. Anda dapat mengakses datanya kapanpun dengan perangkat apapun. Seperti desktop, mobile, tablet. Semua aktivitas yang ada akan terpusat pada komputer server dan setiap jenis data akan kita simpan langsung dan siap kita gunakan kapanpun kita inginkan.

Baca Juga : Mengenal Apa itu Cloud Computing : Defenisi, Fungsi, dan Cara Kerja

Beberapa Kelebihan Cloud Server

Akses Mudah

Salah satu yang penting kita pahami adalah tentunya akses aplikasi dan website yang mudah. Anda tidak perlu berada pada sebuah komputer yang sama untuk mengakses aplikasi atau data yang Anda butuhkan. Anda bisa mengaksesnya dimana saja.

Fleksibilitas

Bila kita menggunakan layanan ini, kita tidak perlu memberlukan proses pengadaan komputer atau server sendiri. Kita cukup melakukan dan membeli ke penyedia layanan dan menyesuaikan dengan kebutuhan yang kita butuhkan.

Hemat Biaya

Bila perusahaan Anda menggunakan cloud server ada pengurangan dari segi biaya yang kita keluarkan untuk maintenance, pengadaan alat tambahan seperti komputer dan hardware. Cukup kita tahu, biaya untuk maintenance sebuah server tidaklah kecil, belum lagi kebutuhan untuk tim yang mengurusi server tersebut secara 24 jam penuh.

Mudahnya Manajemen Server

Adanya teknologi ini membuat pola sistem manajemen server jauh lebih mudah dilakukan karena terkoneksi dengan website secara langsung. Jika kita ingin mengetahui status global server kita bisa hanya melakukan pengecekan via dashboard saja. Banyak tools juga yang otomatis membantu kita melakukan upgrade, manage, dan juga install kebutuhan tambahan lainnya.

Terjamin Aman

Biasanya sistem cloud server dibuat desain yang sangat high availability, dengan keadaan sistem data center yang akan kebutuhan listrik terjamin, pendingin ruangan, dan keamanan sesuai standar, dan kinerja maksimal 24 jam sehari.

Minim Downtime

Bila anda mengalami node gagal, otomatis akan berpindah ke node fungsional. Ini salah satu kelebihan yang bisa kita manfaatkan. Ini akan membuat downtime minim bila kita bandingkan dengan VPS biasa.

Jenis – Jenis Cloud Server

Cloud Server memiliki beberapa jenis. Ini jenis – jenis yang harus kita ketahui

  • Public Cloud, adalah sebuah model cloud computing yang bisa diakses publik. Seperti Instagram, Youtube, dll
  • Community Cloud merupakan server virtual yang dikelola secara internal dan aksesnya hanya terbuka dengan sekelompok organisasi. Bisa seperti perusahaan yang bekerjasama
  • Private Cloud adalah cloud yang hanya bisa diakses oleh orang – orang internal saja. Tingkat keamanan private cloud jauh lebih ketat dari model cloud computing lainnya seperti Cloud VPS
  • Hybrid Cloud adalah sebuah kombinasi public cloud dengan private cloud. Intinya ada informasi yang bisa kita akses umum, tapi juga beberapa dapat diakses internal perusahaan saja.

 

Related Articles

Apa itu Aplikasi Native ?
Cara Instal dan Setup Nginx Cloud VPS IDCloudHost
Cara Setup Website 2 Region Menggunakan Load Balancer di Cloud VPS
5+ Mengatasi SSL Error pada Website
Mengenal Apa itu Flutter?