Cara Edit DNS Zone Domain IDCloudHost - IDCloudHost

Knowledge Base

Cara Edit DNS Zone Domain IDCloudHost

SEdit DNS Zone
 

Apakah anda memahami bahwa domain dalam situs yang kita akses adalah merubah nama IP Address yang dibaca manusia menjadi alamat yang dapat dibaca komputer? Itu lah fungsinya kita memahami DNS ini.

Komponen ini termasuk bagian dari DNS Zone Editor yang bekerja dengan menggunakan file zona yang berada pada area server Anda untuk membantu memetakan nama domain IP Addres. Namun tidak jarang ini dilakukan penyuntingan DNS Zone Domain manual misalnya ada kejadian tertentu, ingin pindah nameserver karena sesuatu dan lain hal. Jadi bagaimana melakukan Edit DNS Zone Domain IDCloudHost.

Apa itu DNS Zone Editor

Zona DNS adalah bagian ruang domain yang berbeda dan bersebelahan di Domain Name System (DNS) yang bertanggung jawab dalam administratifnya yang telah didelegasikan kepada satu manajer. Ruang nama domain Internet diatur dalam tata letak hierarki subdomain di bawah domain root DNS. Domain individu dari pohon ini dapat berfungsi sebagai titik delegasi untuk otoritas dan manajemen administratif.

Zona DNS diimplementasikan dalam sistem konfigurasi server nama domain. Secara historis, ini didefinisikan dalam file zona, file teks sistem operasi yang dimulai dengan jenis catatan DNS khusus Start of Authority (SOA) dan berisi semua catatan untuk sumber daya yang dijelaskan dalam zona. Format ini pada awalnya digunakan oleh paket perangkat lunak Berkeley Internet Name Domain Server (BIND), dan didefinisikan dalam RFC 1034 dan RFC 1035.

Cara Edit DNS Zone Domain di IDCloudHost

Hal yang pertama Anda lakukan adalah melakukan login ke Client Area IDCloudHost dengan cara berikut ini :

1. Lakukan akses ke domain anda di halaman klien area yang anda miliki my.idcloudhost.com

 

Edit DNS Zone IDCloudHost

2. Setelah itu, pada bagian klik pada bagian domain.

 

Cara Edit Zone IDCloudHost

Baca Juga : Cara Memindahkan DNS ke Cloudflare (Terbaru)

3. Selanjutnya, klik bagian titik tiga (…) pada bagian ujung pilih Manage Domain.

 

Edit DNS Zone

4. Pada sidebar kiri, pilih DNS Management

 

edit zone idcloudhost

 

5. Setelah itu, anda akan ada pada DNS Zone Editor IDCloudHost. Lakukan Edit DNS yang anda sesuaikan dengan hosting yang Anda miliki.

 

 

6.Anda dapat melakukan input DNS yang Anda sesuaikan pada Add Record. Klik Add Record

 

edit dns zone

7. Setelah itu, anda dapat mengisi informasi seperti ini :

Apa itu A Record

A Record adalah catatan DNS yang memetakan nama host ke alamat IP. Sebuah catatan penting karena mereka memungkinkan server DNS untuk mengidentifikasi dan menemukan website Anda dan berbagai layanan di Internet. Tanpa catatan A yang tepat, pengunjung Anda tidak dapat mengakses website Anda, situs FTP, atau account email.

Untuk menambahkan A Record, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Jika akun ini memiliki lebih dari satu domain, pilih domain yang ingin
  • Anda untuk mengelola dari menu Domain.
  • Masukkan Nama dan Alamat catatan A.
  • Klik Add A Record.

Perlu kamu ada beberapa jenis penambahan record dns yang perlu Anda pahami. Misalnya untuk menambahkan catatan CNAME. Sebuah catatan CNAME menciptakan sebuah alias untuk nama domain lain, yang terlihat DNS. Hal ini berguna, misalnya, jika Anda menunjukkan beberapa catatan CNAME untuk satu catatan A untuk memudahkan perawatan DNS. Gambar berikut ini hanya salah satu contoh.

Untuk menambahkan data CNAME, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Jika akun ini memiliki lebih dari satu domain, pilih domain yang ingin
  • Anda untuk mengelola dari menu Domain.
  • Masukkan data CNAME dalam Nama dan CNAME kotak teks.
  • Klik Add CNAME Record.

edit dns zone

Selanjutnya, untuk menghapus Record atau CNAME, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Jika akun ini memiliki lebih dari satu domain, pilih domain yang ingin
  • Anda untuk mengelola dari menu Domain.
  • Klik link Delete sebelah catatan yang ingin Anda hapus.
  • Klik Hapus.

DNS mengonversi nama domain menjadi alamat IP yang dapat komputer baca. File zona DNS mengkonfigurasi nama domain ke alamat IP yang baru. Fitur ini memungkinkan Anda membuat dan mengedit file zona ini.

Salah satu contoh tampilan Edit DNS Zone IDCloudHost yang terhubung jika melakukan pointing pada Cloudflare untuk Blogspot.

edit zone idcloudhost

Baca Juga : Cara Mengubah Blogspot Menjadi Custom Domain (2)

8. Terakhir, lakukan edit zone pada panel yang anda gunakan lainnya. Jika ada menggunakan cPanel, silahkan melakukan edit dns zone pada cPanel yang Anda gunakan.

Penutup

Demikianlah cara melakukan Edit DNS Zone Editor pada Layanan Domain IDCloudHost. Pastikan anda menambahkan A Record dengan benar. Seperti kita ketahui, ini bisa kita lakukan bila mengalami kejadian tertentu yang membuat kita harus melakukan edit manual pada Zone Editor Domain yang kita miliki.

Selanjutnya, anda bisa melakukan penyesuaian kembali dengan panduan seputar nameserver dan juga tutorial IDCloudHost lainnya. Jika anda memiliki saran dan masukan untuk panduan selanjutnya. Kami siap membantu anda. Semoga bermanfaat!

Related Post

  • Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

    Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
    layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
    downgrade atau cancel setiap waktu

    Buat Private Cloud
    Subscribe here to get update