Cara Mendapatkan Email CyberPanel Score 10/10 - IDCloudHost

Cara Mendapatkan Email CyberPanel Score 10/10

Promo IDCloudHost

Email CyberPanel

Apa itu Email Score 10/10 ?

Ketika mengirimkan email ke inbox. Di era digitalisasi seperti ini adalah sebuah tantangan cukup rumit bahkan untuk para admin yang berpengalaman menjalankan sistem server email yang baik. Perlu perhatian yang besar agar email yang dikirimkan sesuai yang dituju. Bukan hanya email melalui sistem cPanel, tapi juga email cyberpanel.

Dalam hal ini, kita bahas email transaksional bahkan dapat kita terapkan untuk promosi dan pemasaran. Dapat kita bayangkan tentunya beberapa perusahaan memproses berbagai email transaksional setiap harinya (dalam jutaan mungkin) ke berbagai pengguna dengan tujuan tertentu misalnya email – email transaksi seperti ini ;

  1. Email Konfirmasi Akun
  2. Pesan Reset Kata Sandi
  3. Pesan Konfirmasi Pembelian
  4. dan masih banyak jenis email lainnya.

Email seperti ini sangat penting dan kita tentu yang menjalankan mengupayakan dan tidak menginginkan email penting ini masuk ke folder lainnya seperti spam bahkan berakhir di tempat sampah email. Bayangkan jika email konfirmasi pembelian di folder spam, tentunya perusahaan akan kehilangan pelanggan potensial yang tidak akan mungkin memeriksa folder mereka. Bisa juga pelanggan merasa itu adalah sebuah penipuan dan mengira email itu tidak sampai. Itulah mengapa email transaksional itu sangat penting.

Baca Juga : Cara Migrasi cPanel ke CyberPanel VPS

Bagaimana Email Server yang Baik?

Menurut Google sendiri, ada beberapa hal yang disarankan untuk membuat email yang baik dalam pengiriman menuju inbox Anda sebagai pelanggan.

1. Penyimpanan catatan RDNS yang valid terhadap nama host yang digunakan server email Anda
2. Publikasi data SPF
3. Sebuah tanda tangan pesan dengan DKIM
4. Publikasi Kebijakan DMARC.

Bahkan setelah mengatur semua hal di atas, email Anda mungkin akan berakhir di spam, dari seterusnya itu sepenuhnya tergantung pada konten email Anda dan bagaimana orang bereaksi terhadap email Anda. Jika mereka menandai email Anda sebagai Bukan Spam, maka Anda akan segera mendapatkan email di kotak masuk. Tetapi menyiapkan 4 hal ini adalah hal yang wajib dan awal yang baik.

Hal pertama yang dilakukan di CyberPanel, Anda harus melakukan ini semua secara manual. Anda harus mengatur nama host secara manual untuk server email Anda. Harap dicatat bahwa nama host di sini mengacu pada RDNS yang telah Anda tetapkan.

Ini tidak hanya masalah Let’s Encrypt SSL untuk PostFix/Dovecot tetapi juga mengatur domain yang sama dengan nama host untuk server email Anda, jadi pilih domain ini dengan hati-hati. Setelah mengatur nama host Anda harus mengurus SPF, DMARC dan DKIM Anda sendiri. Tugas ini cukup berat membingungkan bagi orang-orang. Namun, detail lanjutan akan kita bahas di panduan selanjutnya.

Jadi bagaimana kita mendapatkan email score yang sempurna 10/10 dari email perusahaan Anda ?

Baca Juga : Cara Addon Domain di Cyberpanel VPS

Tips dan Panduan Mendapatkan Score Email 10/10 di CyberPanel

Untuk mencapai skor email 10/10 mungkin sangat sulit bagi beberapa administrator sistem. Pada artikel ini, kita akan melihat bagaimana kita bisa melakukan hal itu.

Langkah 1: Instal atau Upgrade CyberPanel

Sebelum melanjutkan, Anda perlu mengupgrade CyberPanel atau menginstal CyberPanel versi terbaru, sehingga Anda berada di versi terbaru yang berisi DKIM Manager (v1.6.4 dan setelahnya).

Langkah 2: Pastikan CyberPanel menangani DNS Anda

Tidak ada yang akan berfungsi jika DNS Anda tidak akan kita kelola oleh CyberPanel. Kita akan membahas apa yang harus kita lakukan jika DNS tidak kita kelola oleh CyberPanel nanti di artikel lainnya.

Langkah 3: Siapkan RDNS dan Nama Host!

Langkah ini sangat penting, saya menggunakan dummyhosting.com sebagai nama host dalam artikel ini. Jika saya memeriksa RDNS dari Alamat IP saya, itu harus menunjuk kembali ke domain ini. Seperti yang Anda lihat Alamat IP saya menunjuk kembali ke dummy hosting kita. Anda harus menunjuk ke domain Anda. Setelah Anda mengatur RDNS, ikuti panduan di bawah ini untuk menyiapkan domain yang sama sebagai nama host di server email Anda juga: SSL Untuk PostFix/Dovecot.

Sejauh ini bagus, kita sekarang perlu membuat situs web kita dengan Dukungan DKIM.

Baca Juga : Cara Mengatasi Error 500 CyberPanel VPS

Langkah 4: Buat Situs Web dengan Dukungan DKIM

Saat membuat situs web, ingatlah untuk mencentang kotak Dukungan DKIM.

 

Setelah situs web berhasil kita buat, catatan berikut akan terbuat secara otomatis. Ini penting jangan sampai Anda lupakan karena berkaitan akan kualitas proses pengiriman email melalui CyberPanel.

Jika karena alasan tertentu Anda belum membuat catatan DKIM saat membuat situs web, Anda dapat melakukannya nanti dengan membuka https://:8090/email/dkimManager

Ini akan menghasilkan kunci DKIM dan juga menerbitkan kunci publik DKIM tersebut ke catatan DNS Anda, yang persis sama dengan memiliki Dukungan DKIM saat membuat situs web baru.

Baca Juga : Panduan Membuat Akun Email Cyberpanel

Langkah 5: Verifikasi Skor email Anda

Saatnya Anda memverifikasi skor email Anda, buka https://www.mail-tester.com pada browser Anda. Mereka akan memberi Anda email sementara, Anda perlu mengirim email percobaan ke email ini.

lalu klik “Then Check Your Score”, dan akan memberikan hasil demikian jika berhasil.

 

CyberPanel Email
Mudah bukan? Kamu tidak perlu hal ekstra untuk mengatur DNS kamu yang dikelola oleh CyberPanel.

Kesimpulan dan Penutup

Betapa mudahnya mencapai skor 10/10 untuk email CyberPanel Anda, untuk domain lain Anda juga bisa melakukan hal yang sama. Akan lebih mudah jika Anda menggunakan CyberPanel untuk mengelola DNS untuk domain yang Anda miliki lainnya, dengan cara ini Anda tidak perlu membuat catatan DNS secara manual di registrar domain Anda.

Jika Anda mendapatkan kendala dalam hal teknis mengenai CyberPanel, Anda dapat menghubungi Tim Support kami via Live Chat dan Ticket.

Related Articles

Apa itu Aplikasi Native ?
Cara Instal dan Setup Nginx Cloud VPS IDCloudHost
Cara Setup Website 2 Region Menggunakan Load Balancer di Cloud VPS
5+ Mengatasi SSL Error pada Website
Mengenal Apa itu Flutter?