Cara Instalasi Magento di Cpanel

Cara Instalasi Magento di Cpanel

Pendahuluan

Magento adalah open source e-Commerce platform yang berbasis PHP. Lebih dari 200.000 website e-Commerce menggunakan Magento. Magento menawarkan interface administarsi dan manajemen katalog yang powerful dan fleksibel untuk mengatur setiap konten anda.  Di desain untuk mengoptimal performa website anda baik frontend maupun backend.

 

Cara Instalasi Magento di Cpanel

Panduan instalasi Magento adalah sebagai berikut :

  1. Masuk ke dalam cPanel anda dengan mengaksesnya melalui http://domainanda/cpanel,
    Login Cpanel IDcloudHost

    Kemudian, login sesuai dengan username dan password yang dikirimkan melalui email anda
    Cara instalasi joomla di cPanel 2
  2. Kemudian anda akan masuk ke halaman cPanel anda, lalu scroll kebawah hingga anda ketemu dengan kolom Softaculous Apps Installer dan pilih Magento
    Cara instalasi magento di cPanel 3(pointer)
  3. Maka anda akan di arahakan ke halaman Softacolous untuk melakukan instalasi Magento. Perhatikan Available Space cPanel anda, untuk menginstall Magento, dibutuhkan 109.49 MB. Pilih Install Now untuk melakukan proses instalasi
    Cara instalasi magento di cPanel 4(pointer)
  4. Kemudian anda harus mengisi beberapa konfigurasi. Pertama, pada kolom Software Setup ada 5 konfigurasi yang harus diisi. Magento yang tersedia di Softaculous ada 4 versi 1.9.2.4, 2.0.7, 1.8.1.0, dan 1.7.0.2. Default unuk Magento yang akan diinstal yaitu versi 1.9.2.4.Kemudian bagian Choose Protocol anda harus memilih protokol yang diinginkan, default protocol disini adalah protokol http://, jika website anda menggunakan SSL, maka protokol yang digunakan yaitu https://. Pada bagian Choose Domain, isikan dengan nama domain website anda. Kemudian pada bagian In Directory, Magento akan terinstall di domain apabila dikosongkan, apabila anda ingin membuatnya sebagai blog bagian In Directory bisa mengisinya dengan nama directory. Selanjutnya, CRON job berfungsi untuk mengatur timing pada Magento, jika anda tidak mengetahui tentang ini biarkan default seperti itu saja.
    Cara instalasi magento di cPanel 5
  5. Kedua, pada Site Settings isikan Admin Path
    Cara instalasi magento di cPanel 6
  6. Ketiga, isikan username dan password Kemudian isi juga First Name dan Last Name serta admin Email untuk website Anda.
    Cara instalasi magento di cPanel 7
  7. Selanjutnya, jika anda klik tanda + pada Advanced Options, maka akan munucl konfigurasi database. Isikan nama dan table database. Selain itu Anda juga dapat mengatur update notifications, auto upgrade, dan auto backups pada Magento anda. Jika anda sudah melakukan semua konfigurasi diatas, anda bisa klik Install untuk melakukan instalasi.
    Cara instalasi magento di cPanel 8(pointer)
  8. Tunggu sekitar 3-4 menit selagi Magento di instal ke website Anda.
    Cara instalasi magento di cPanel 9
  9. Jika sudah muncul page seperti dibawah ini, maka instalasi telah selesai dan website sudah bisa digunakan. Untuk mengakses website Magento, Anda bisa klik link http://domainanda.
    Cara instalasi magento di cPanel 10(pointer)
    Untuk mengakses halaman administrator, anda bisa klik link yang ada di sebelah tulisan Administrative URL.
    Cara instalasi magento di cPanel 10(pointer admin)

Penutup

Dengan adanya Magento pada fitur Softaculous, anda tidak perlu repot membikin website e-Commerce dan mengkonfigurasikan sendiri. Cukup dengan Instant Deploy pada Softaculous anda bisa langsung membuat website e-Commerce kurang dari 5 menit.

Related Articles

PRESS RELEASE : IDCloudHost Tidak Pernah Berafiliasi dengan IDCloud.CO.ID dan PHP.ID
Cara Verifikasi Kepemilikan Domain untuk Facebook Pixel (Facebook Ads) via DNS Record
PRESS MEDIA : Hati-Hati Penipuan Mengatasnamakan IDCloudhost
Cara Mengubah Password Root pada VM Layanan Private Cloud
Install MailCoach di Private Cloud Server IDCloudHost (Fitur One Click / App Catalog)
popup image