Cara Manage (Menambahkan dan Edit) DNS Record di Plesk Hosting - IDCloudHost

Cara Manage (Menambahkan dan Edit) DNS Record di Plesk Hosting

Cara Manage (Menambahkan dan Edit) DNS Record di Plesk Hosting

Cara Manage (Menambahkan dan Edit) DNS Record di Plesk Hosting | IDCloudHost

Nama domain adalah alamat Internet yang dapat dibaca manusia dari suatu situs web yang dapat digunakan untuk mencapai situs web Anda. Terjemahan dari nama yang dapat dibaca manusia menjadi yang dapat dibaca oleh mesin dilakukan oleh Domain Name System atau singkatnya DNS.

Sangat penting untuk pengaturan DNS agar situs web dapat diakses dengan baik dan benar, jika tidak, pengoperasian layanan Anda dapat terganggu. Misalnya, domain Anda mungkin tidak tersedia, atau email mungkin gagal menjangkau server email Anda. Plesk dapat berfungsi sebagai primary (master) or a secondary (slave) name server untuk domain Anda. Pengaturan DNS dikonfigurasikan secara otomatis, tetapi dapat diubah dari antarmuka. Jika layanan DNS untuk domain Anda disediakan oleh name server pihak ketiga, Anda dapat menonaktifkan layanan DNS di Plesk.

 

Menambah dan Memodifikasi DNS Records

Untuk setiap nama domain baru, Plesk secara otomatis membuat zona DNS sesuai dengan pengaturan yang dikonfigurasi oleh penyedia layanan Anda. Nama domain harus berfungsi dengan baik dengan konfigurasi otomatis. Namun, jika Anda menggunakan NS server Plesk dan perlu melakukan modifikasi khusus di zona nama domain, Anda dapat melakukannya di panel kontrol.

  1. Silakan Login ke Panel Plesk Hosting Anda menggunakan Username dan Password. (Baca Juga : Cara Login Control Panel Plesk Hosting)
     
  2. Untuk melihat catatan sumber daya di zona DNS suatu domain, pergi ke Websites & Domains > DNS Settings.

    Cara Manage (Menambahkan dan Edit) DNS Record di Plesk Hosting | IDCloudHost

     
  3. Untuk menambahkan catatan sumber daya ke zona, pergi ke Websites & Domains > DNS Settings > Add Record.

    Cara Manage (Menambahkan dan Edit) DNS Record di Plesk Hosting | IDCloudHost

     
  4. Untuk mengubah properti catatan sumber daya, buka Websites & Domains > DNS Settings dan klik pada Record.

Selain catatan sumber daya yang dijelaskan di atas, ada juga catatan Mulai Otoritas. Catatan ini menunjukkan bahwa name server DNS ini bertanggung jawab atas zona DNS domain. Ini juga berisi pengaturan yang mempengaruhi penyebaran informasi tentang zona DNS di Sistem Nama Domain.

 

Menggunakan Server NS Eksternal

Jika Anda meng-host situs web di akun Anda dan tidak ingin menggunakan Plesk sebagai server NS Primary (master), Anda memiliki opsi berikut:

  • Gunakan name server Plesk sebagai name server secondary (slave). Pilih opsi ini jika Anda memiliki name server mandiri yang bertindak sebagai name server primary (master) untuk situs web Anda.
  • Nonaktifkan DNS untuk domain Anda di Plesk. Pilih opsi ini jika Anda memiliki name server primary and secondary eksternal yang otoritatif untuk situs web Anda.

Berikut panduan pentingnya :

  1. Untuk mengalihkan server DNS Plesk ke name server sekunder, buka Websites & Domains > DNS Settings dan klik Master / Slave.
  2. Untuk mengembalikan server DNS Plesk ke name server Primary, buka Websites & Domains > DNS Settings dan klik Master/Slave.
  3. Untuk menonaktifkan layanan DNS Plesk untuk situs yang dilayani oleh name server eksternal, buka Websites & Domains > DNS Settings dan Klik Disable.

 
Ebook Plesk Hosting - Download GRATIS | IDcloudhost

Related Post

  • Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

    Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
    layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
    downgrade atau cancel setiap waktu

    Buat Private Cloud
    Subscribe here to get update
    popup image