Cara Melakukan Import Email dan Forwarders Email di Cpanel

Melakukan Import Email & Forwarders Email di Cpanel | IDCloudHost

Pendahuluan

Import Akun email akan mempemudah kita dalam melakukan manajemen email dengan baik dan sangat cepat. Sebelum melakukan tutorial kali ini, pastikan Anda sudah mempunyai file Data email Account yang bisa dibuat dengan format CSV dan XLS (Microsoft Excel).

Tutorial :

 

Cara Melakukan Import Email 

Berikut ini adalah langkah-langkah Cara Melakukan Import Email  :

  1. Masuk kedalam Cpanel Anda, kemudian klik Import Addresses/Forwarders
    import-email1
  2. Pada halaman selanjutnya, pilih jenis akun email yang akan anda import. Jika anda ingin membuat email baru menggunakan file CSV atau XLS yang sudah anda buat sebelumnya maka pilih Email Accounts.
    import-email2
  3. Jika sudah beralih ke Step 2, klik tombol Choose File lalu cari file data email accounts yang sudah anda buat sebelumnya. Dalam contoh kasus ini kita akan mengupload file data email accounts akunemail.csv, klik tombol Open.
    import-email3
  4. Akan muncul Step 3 Select delimeter. Disini anda bisa menentukan pembatas yang anda gunakan pada file CSV anda. Jika anda mengikuti contoh format yang saya berikan maka delimeter atau pembatasnya adalah koma, untuk itu pilih Comma (,).
  5. Jika anda menggunakan format CSV, karena contoh format CSV yang saya berikan tidak memiliki header alias langsung berisi data data emailnya maka hilangkan tanda centang pada bagian Treat first row as colum headers. Kecuali anda menggunakan format XLS dengan contoh format yang saya berikan maka anda harus menandai bagian Treat first row as colum headers karana terdapat header pada contoh format XLS yang saya berikan (tulisan Email, Password, Quota dibaris awal itulah yang dinamakn header).
    import-email4
  6. Jika sudah, klik tombol Next dan anda akan dibawa ke hallaman berikutnya.
  7. Pada halamn berikutnya, jika anda menggunakan format CSV tanpa header maka anda harus menentukan headernya terlebih dahulu. Klik menu drop down Ignore pada kolom email dan pilih Email, lalu klik menu drop down < code >Ignore pada kolom Password dan pilih Password. Terakhir klik menu drop down Ignore pada kolom qouta dan pilih Quota.
    import-email5
  8. Lalu pada Step 2 pilih domain anda (jika anda memiliki add on domain atau parked domain) kemudian klik tombol Next.
    import-email6
  9. Anda akan dibawa ke halaman berikutnya, klik tombol Finish. Jika proses import anda sukses maka akan tampak seperti pada gambar di bawah ini :
    import-email7

 

Cara Import Forwarders Email

Berikut ini adalah langkah-langkah Cara Import Forwarders Email :

  1. Pada Cpanel pilih menu Import Addresses/Forwarders
  2. Pada halaman berikutnya pilih Forwarders lalu cari data file forwarders anda (format CSV ataupun XLS)
  3. Pilih Delimiter anda kemudian klik Next. Pada halaman berikutnya pilih header, yang mana Source (email yang bertindak sebagai forwarders) dan yang mana target (email tujuan).
  4. Klik tombol Next, lalu klik Finish dan proses import forwarders pun selesailah sudah.

Related Articles

Cara Mengupload File ke Plesk Hosting melalui File Manager
Cara Mengupload File ke Plesk Hosting melalui FTP (Filezilla)
Cara Melihat Statistik dan Laporan Penggunaan Plesk Hosting
Cara Melakukan Setting MIME Types di Plesk Hosting
Cara Memilih Versi ASP.NET di Plesk Hosting
popup image