Cara Melakukan Setting MIME Types di Plesk Hosting

Cara Melakukan Setting MIME Types di Plesk Hosting

Apa itu MIME Types? MIME kepanjangan Multi–Purpose Internet Mail Extensions yang dimana fitur ini untuk menangani beberapa tipe file di browser. Ketika file yang dikirim ke browser pengujung website anda, MIME Typeakan dikirim juga. MiME Typeakan memberitahukan browser tentang tipe file dan bagaimana file tersebut akan diberikan ke user. Contohnya, jika file tipe .js dikirim ke browser lalu MIME typeakan mengirim juga ke browser untuk memberitahu bahwa file tipe .js adalah file JavaScript, dan browser akan menangani file yang sesuai.

Kebanyakan MIME type didefinisikan dalam suatu sistem yang didefinisikan MIME type. Tapi jika kamu mempunyai file yang khusus, kamu dapat membuat spesifik MIME typeuntuk file tersebut di interface. Hasilnya browser akan diberitahukan terhadap file khusus tersebut dan menangani file yang sesuai.

Jenis Multipurpose Internet Mail Exchange (MIME) menginstruksikan browser web atau aplikasi email bagaimana menangani file yang diterima dari server. Misalnya, ketika browser web meminta item di server, ia juga meminta jenis objek MIME. Beberapa jenis MIME, seperti grafik, dapat ditampilkan di dalam browser. Lainnya, seperti dokumen pengolah kata, membutuhkan aplikasi eksternal untuk ditampilkan.

Dengan mengatur jenis MIME khusus, Anda dapat menentukan aplikasi apa yang digunakan untuk membuka jenis file tertentu di sisi klien.

  1. Silakan Login ke Panel Plesk Hosting Anda menggunakan Username dan Password. (Baca Juga : Cara Login Control Panel Plesk Hosting)
  2. Untuk mengkonfigurasi tipe MIME di Plesk untuk Linux, pergi ke Websites & Domains > Apache & Nginx Settings.

    Cara Melakukan Setting MIME Types di Plesk Hosting
  3. Untuk mengkonfigurasi tipe MIME di Plesk untuk Windows, pergi Websites & Domains > IIS Settings.

    Cara Melakukan Setting MIME Types di Plesk Hosting
  4. Kemudian tentukan jenis MIME yang menghubungkan ekstensi file dengan tipe file. Misalnya: “text/plain .mytxt”.

    Cara Melakukan Setting MIME Types di Plesk Hosting

Related Articles

Cara Mengupload File ke Plesk Hosting melalui File Manager
Cara Mengupload File ke Plesk Hosting melalui FTP (Filezilla)
Cara Melihat Statistik dan Laporan Penggunaan Plesk Hosting
Cara Memilih Versi ASP.NET di Plesk Hosting
Cara Memilih Versi PHP dan Konfigurasi PHP di Plesk Hosting
popup image