Cara Membuat Database CyberPanel VPS - IDCloudHost

Cara Membuat Database CyberPanel VPS

Cara Membuat Database CyberPanel
 

Banyak dari kita terbiasa mengelola database dengan web panel cPanel. Namun, bagaimana dengan mengeola database dengan CyberPanel apa berbeda lebih sulit atau mudah?

Tenang, kali ini kita akan membahas dan berdiskusi bagaimana cara mengelola dan membuat Database CyberPanel VPS untuk server Anda yang juga mudah. Kita bahas artikel dan panduannya sekarang yuk! Mari kita mulai.

Cara Membuat Database di CyberPanel

Hal yang pertama kali kita lakukan langkah – langkahnya sebagai berikut;

1. Login Akun CyberPanel Anda

Pertama – tama, lakukan login ke dashboard CyberPanel dengan mengakses https://ipserveranda:8090 pada browser yang Anda miliki.

Login CyberPanel VPS
Jangan lupa masukkan username dan password Anda pada kolom yang tersedia lalu klik tombol Sign In

Baca Juga : Cara Order Layanan Cyberpanel VPS

2. Mengakses Menu Database

Anda dapat mengakses menu database dengan dua cara. Dapat Anda pilih yang menurut Anda mudah diterapkan. Pertama, dengan mengakses menu Database di bagian Available Function. Kedua dengan mengakses menu Database melalui sidebar. Anda bisa lihat gambar berikut ini:

Database CyberPanel
 

Selanjutnya, silahkan pilih submenu Create Database untuk membuat database baru.

3. Membuat Database CyberPanel

Pada halaman database baru, mari kita isi form detail database yang akan dibuat. Pertama, pilih domain website untuk database baru Anda yang ada pada bagian Select Website.

Create Database CyberPanel
Setelah itu masukkan nama database, username, dan password untuk database yang akan Anda gunakan.

Kita dapat membuat password sendiri atau juga menggunakan generate password. Jangan sampai lupa akan password Anda ya! Bisa juga anda menggunakan aplikasi pengelolaan password agar lebih mudah

Baca Juga : Cara Mengganti Password WordPress dari Database

Pastikan data yang Anda masukkan sudah benar. Kemudian klik tombol Create Database untuk membuat database baru.

4. Cara Akses Database Baru

Dalam mengakses database, Anda dapat masuk ke menu Databases>phpMyAdmin. Menu ini akan membuka tab baru di browser Anda. Pastikan database baru Anda muncul di phpMyAdmin seperti pada tampilan berikut;

Cyberpanel Akses Database
Anda bisa lihat, sekarang Anda dapat melakukan semua operasi basis data pada database baru yang sudah Anda buat. Sebenarnya pada tahap ini membuat database CyberPanel VPS sudah selesai.

5. Melakukan Pengecekan List Database

Kita juga dapat mengecek list database yang Anda gunakan melalui Cyberpanel langsung di menu Databases > List Database. Pada menu ini, Anda dapat mengubah password database dan melakukan pengaturan izin remote access.

Baca Juga : Mengenal CyberPanel VPS Untuk Kebutuhan Website dan Aplikasi

Kesimpulan

Menurut Anda, bagaimana proses cara membuat database CyberPanel VPS? Mudah tentunya. Tampilan CyberPanel yang mudah dipahami tentu memudahkan kita semua dalam melakukan manajemen VPS maupun Cyberpanel VPS yang Anda miliki untuk mengelola Website atau Blog Anda. 

Layanan CyberPanel VPS IDCloudHost bisa jadi pilihan kamu tentunya. Selain mudah digunakan, memiliki performa terbaik, juga banyak fitur memudahkan Anda.

Anda akan mendapatkan kontrol penuh atas server yang Anda miliki berkat akses full root di CyberPanel VPS IDCloudHost. Anda juga bisa upgrade resource kapan saja, traffic website yang juga maksimal.  Mari dapatkan kualitas CyberPanel VPS Terbaik mulai dari 80ribu dan Siap Pakai!

Cara Tahu Disini ya!

Bila Anda memiliki pertanyaan terkait teknis dan juga kendala lain. Dapat menghubungi Tim Support 24/7 melalui Live Chat dan Ticket.

Related Articles

Cara Reset Password Root MySQL
Cara Instal dan Konfigurasi GIT Pada VPS CentOS
Mengenal SaaS, PaaS, dan IaaS dalam Cloud Computing
Mengenal Terraform : Pengertian dan Cara Kerja
Cara Menambahkan Pembayaran Kartu Kredit Layanan Console