Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri di Cpanel

Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri di cPanel

Pendahuluan

Salah satu fasilitas yang didapatkan oleh pelanggan IDCloudHost ketika membeli hosting adalah mempunyai alamat Email (surel) dengan nama domain sendiri, pada dokumentasi ini akan dibahas bagaimana caranya melakukan konfigurasi untuk menggunakan fasilitas tersebut.

 

Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri di Cpanel

  1. Silahkan menuju Cpanel akun Website Anda dengan mangakses “domainanda.com/cpanel
    Login Cpanel IDcloudHost
  2. Setelah masuk ke dasbor gulirkan layar ke bawah hingga tampil bagian Email (surel) seperti pada di gambar. Lalu klik Surel Accounts
    Cara membuat surel dengan domain sendiri di Cpanel 1
  3. Setelah diklik akan ada formulir untuk meminta Anda memasukkan data-data yang diperlukan untuk membuat akun atau alamat Email (surel)  pada hosting Anda sendiri. Isilah formulir tersebut dengan benar dan sesuai dengan apa yang diminta Cpanel, lalu klik Create Account
    Cara membuat surel dengan domain sendiri di Cpanel 2
  4. Jika berhasil maka akan pemberitahuan sebagai berikut dan juga alamat Email (surel) yang baru Anda masukkan akan muncul di tabel Surel Accounts
    Cara membuat surel dengan domain sendiri di Cpanel 3
  5. Sebenarnya Anda juga bisa menggunakan akun Email (surel) bawaan yang sudah otomatis disediakan oleh Cpanel, bisa dilihat di bawah tabel “Default Email Account“.
    Cara membuat surel dengan domain sendiri di Cpanel 4
  6. Selamat kini Anda sudah mempunyai alamat Email (surel) dengan domain milik sendiri, kini Anda dapat masuk ke dasbor Email (surel) Anda di Webmail di alamat http://domainanda.com/webmail (domainanda.com adalah domain yang Anda miliki) dengan alamat Email (surel) dan kata sandi yang barusan yang ana buat, jika Anda ingin menggunakan alamat Email (surel) bawaan Anda bisa masuk menggunakan nama pengguna dan kata sandi yang digunakan untuk masuk akun cpanel.
  7. Di dasbor ada tiga jenis aplikasi yang bisa Anda pilih untuk mamanajemen Email (surel) Anda. Anda dapat memilih salah satu dari tiga aplikasi tersebut yang menurut Anda paling nyaman digunakan.
    Cara membuat surel dengan domain sendiri di Cpanel 5

 

Penutup

Fasilitas Email User pada layanan Hosting dapat digunakan sebanyak mungkin (unlimited) dengan menyesuaikan kapasitas hosting yang Anda miliki.

Related Articles

Cara Mounting Layanan Object Storage IDCloudHost di Linux
Cara Mengarahkan Domain ke Server (VPS/Dedicated Server) Menggunakan Cloudflare
Cara Install Plesk pada Layanan Private Cloud (App Catalog)
Migrasi Ke AlmaLinux Dari CentOS 8 Menggunakan Almalinux-deploy Script
Panduan Cara Install Speedtest-cli di Linux