Cara Mengecek Speed Time Website Dengan GTMetrix

GTMetrix merupakan sebuah website yang dapat membantu anda untuk mengetahui speed time website anda ketika sedang diakses. Selain itu, anda juga dapat melakukan optimasi untuk website anda tersebut. Hal ini perlu Anda lakukan untuk bisa mencari tahu kira kira apakah website Anda dapat diakses dengan cepat atau lambat, semakin cepat website Anda maka tentunya akan membuat pengunjung Anda betah mengunjungi website Anda.

Langkah pertama adalah kunjungi website GTMetrix pada URL ini https://gtmetrix.com/.

Disana, anda memasuki halaman utama pada website GTMetrix. Selanjutnya masukan URL website anda dan klik Analyze. Tunggu beberapa saat sampai proses pengecekan selesai.

Disana, anda dapat melihat informasi yang diberikan pada website anda. Selain itu, anda juga dapat melihat beberapa detail seperti PageSpeed, Yslow, Waterfall, Timings, video, dan History untuk optimasi website anda.

  • PageSpeed
    Disana anda dapat melihat hal apa saja yang perlu untuk dioptimasi dan setiap rekomendasi memiliki priority yang berbeda-beda. Jadi, anda perlu melakukan optimasi berdasarkan priority “High” terlebih dahulu agar dapat meningkatkan prefomance pada PageSpeed.
  • YSlow
    YSlow juga menampilkan hal yang sama seperti PageSpeed mengenai perfomance pada website anda.
  • Waterfall
    Disana, anda dapat melihat lama waktu ketika melakukan request. Jika anda mengarahkan kursor pada bagian bar, anda dapat melihat detail lama waktu secara keseluruhan. Selain itu, anda juga dapat melihat detail menyeluruh jika meng-expand pada bagian tiap “GET” yang ada.
  • Timings
    Disana, anda dapat melihat analisa lanjutan mengenai lama waktu. Terdapat beberapa rincian seperi redirect time, connect time, backend time, TTFB (Time to First Byte), dan seterusnya.
  • Video
    Pada bagian ini, anda akan diberikan video yang berisi hasil analisa terhadap website anda.
  • History
    Pada bagian ini, menampilkan history pengecekan pada website tersebut.

Related Articles

Cara Mengupload File ke Plesk Hosting melalui File Manager
Cara Mengupload File ke Plesk Hosting melalui FTP (Filezilla)
Cara Melihat Statistik dan Laporan Penggunaan Plesk Hosting
Cara Melakukan Setting MIME Types di Plesk Hosting
Cara Memilih Versi ASP.NET di Plesk Hosting
popup image