Cara Pointing Domain ke WordPress di VPS IDCloudHost

Cara Pointing Domain ke WordPress di VPS IDCloudHost

Baik hosting maupun domain, keduanya sama-sama dibutuhkan dalam proses pengembangan website. Namun, jika sudah membeli keduanya Anda harus menghubungkannya terlebih dahulu agar bisa digunakan. Bagaimana caranya? Berikut adalah tutorial cara pointing domain ke WordPress di VPS IDCloudHost.

Sebagai pengguna server VPS, pastikan Anda sudah menginstal WordPress dan memiliki domain yang aktif sebelum mengikuti tutorial ini, ya. Simak selengkapnya!

Menambahkan A Record di DNS Manager

Masuk ke Client Area IDCloudHost dan buka DNS Manager untuk domain yang ingin Anda gunakan. Setelah itu, klik Add Record. Disinilah Anda akan pointing domain yang aktif tersebut ke IP Public VPS Anda.

Setelah itu, tambahkan A record seperti contoh di bawah ini. RDATA adalah IP Public dari WordPress yang ada pada layanan VPS Anda.

Cara Pointing Domain ke WordPress di VPS IDCloudHost

Setting di WordPress

Setelah mengatur dan menambahkan record pada DNS Manager di Client Area, Anda perlu melakukan konfigurasi pada WordPress Anda. Bagaimana caranya? Ikuti langkah mudah berikut ini.

Masuk ke database Anda melalui SSH, kemudian input command berikut ini:

sudo su
mysql -u root -p
show databases;

Pada bagian password, kosongkan dan langsung tekan Enter.

Masukkan perintah berikut ini:

show tables;

Kemudian, input query berikut ini.  Jangan lupa disesuaikan dengan domain Anda.

update wp_options set option_value = ‘http://namadomainanda.com’ where option_id = 1;

Setelah itu, Anda bisa melakukan konfigurasi di WordPress. Login ke WordPress Anda dan masuk ke menu Settings > General. Jika tampilan berikut ini sudah muncul, ganti Site Address dengan domain IDCloudHost yang sudah Anda setting sebelumnya (samakan dengan WordPress Address).

Cara Pointing Domain ke WordPress di VPS IDCloudHost

Penutup

Demikianlah cara menghubungkan domain Anda ke WordPress di VPS murah IDCloudHost. Semoga tutorial ini membantu Anda yang ingin membangun website dengan VPS, ya! Gunakan VPS NVMe dari IDCloudHost yang handal dan cepat dengan dukungan teknologi NVMe. Coba sekarang, yuk!

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update