Diskusi Control Panel : Plesk atau Cpanel Hosting ?

Diskusi Control Panel : Plesk atau Cpanel Hosting

Pendahuluan

Sebuah panel kontrol server untuk Web hosting adalah sebuah antarmuka yang memungkinkan pelanggan untuk mengelola layanan mereka host di satu tempat. panel kontrol seperti yang tersedia untuk server dengan sistem operasi Windows dan Linux. panel kontrol berbasis web umumnya memiliki grafis antarmuka dan alat suite yang dirancang untuk membuat proses hosting situs web lebih mudah dikelola.

Umumnya fungsi kontrol panel yang tersedia meliputi:

  • Server log
  • Laporan sumber daya pada ketersediaan termasuk ruang yang tersedia, dan ruang yang digunakan dan bandwidth
  • Konfigurasi akun email
  • Mempertahankan account pengguna
  • Fungsi manajemen database untuk akses pengguna dan manipulasi data
  • Perangkat lunak analisis web log untuk informasi pengunjung, termasuk kunjungan laman
  • Manajemen file

 

Plesk dan cPanel sebagai Solusi Control Panel

cPanel adalah web hosting control panel berbasis Linux dengan antarmuka grafis dan alat otomatisasi yang mudah digunakan yang dirancang untuk membuat website hosting sederhana untuk dikelola. cPanel dirancang dengan struktur tiga-lapis. fungsinya disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan administrator, reseller dan manajer website pengguna, dengan administrasi server dan manajemen website dikendalikan melalui Web browser.

cPanel saat ini menjadi solusi control panel yang paling populer dan stabil. Plesk menawarkan penyedia layanan hosting kemampuan untuk mengkonfigurasi dan memelihara server Windows atau Linux. Manajemen Service Provider memiliki kontrol sederhana untuk membuat paket berlangganan untuk reseller, pelanggan dan individu. Dengan disertai dukungan pada tools Word Press dengan memanfaatkan Plesk 12,5 Peningkatan fitur keamanan pada server, yang berguna untuk shared hosting. Dukungan tak terbatas pada account dan domain.

 

Apa Fitur Panel? Apa Perbedaannya?

Berikut ini adalah beberapa perbedaan yang menjadi pengukuran perbandingan control panel plesk dan cpanel :

  • Akses Command line – Kedua Plesk dan cPanel menawarkan akses command line. cPanel memiliki kedua akses baris perintah dan akses berdasarkan API- , memungkinkan interaksi dengan perangkat lunak pihak ketiga. Plesk menawarkan alat akses command line disebut Panel Action Log Command Line Access Tool.
  • Administrasi – Pengembang web hosting dapat mengotomatisasi proses administrasi sistem. cPanel didesain untuk berfungsi baik sebagai dedicated server atau server virtual private. Versi cPanel terbaru mendukung instalasi pada CloudLinux, CentOS dan Red Hat Enterprise Linux. dukungan aplikasi berbasis termasuk Apache, PHP dan MySQL.Dukungan email berbasis termasuk IMAP, POP3 dan SMTP layanan.
  • Menghapus Panel – Menghapus cPanel tidak memungkinkan. Hal ini membutuhkan memformat server dan menginstal ulang sistem operasi. skrip uninstall yang tersedia untuk Plesk tapi itu tidak dianjurkan.
  • Kemudahan Penggunaan – Di tingkat antarmuka pengguna, fungsi cPanel menjadi kelompok-kelompok tingkat tinggi yang mencakup preferensi, mail, file, log, keamanan, domain, database dan layanan perangkat lunak. Di sisi lain, Plesk dibagi menjadi fungsi yang mencakup statistik dan penggunaan sumber daya, pengguna, mail, website dan domain, aplikasi dan statistik.

 

Multi-server Clustering

Plesk tidak mendukung multi-server clustering. Anda perlu add-on yang disebut Layanan Otomatisasi Plesk untuk melakukan tugas tersebut. cPanel & WHM 11,4 memiliki fungsi baru untuk dengan mudah mengelola beberapa server. pengguna root akan dapat menggunakan tombol akses remote. Beberapa pengaturan konfigurasi server dapat dibagi.

Kecepatan loading – Plesk dapat menyebabkan pembebanan terjadi lebih lambat dari cPanel. Hal ini dapat menjadi sangat lambat pada server Linux.

Akses database dari Plesk dengan webadmin – Anda dapat mengelola MySQL atau MS SQL Server database melalui browser Web. Dari cPanel, Anda dapat mengakses PhpMyAdmin, yang memungkinkan manajemen database MySQL.Dalam hal kegiatan basis data, jika Anda memerlukan akses MS SQL dari panel, Anda harus tinggal dengan Plesk.

Dukungan OS untuk cPanel dan Plesk

Kompartibilitas Windows Server – Plesk kompatibel dengan Windows. Integrasi antara Plesk dan Windows yang kuat. Integrasi penuh dengan Microsoft SQL Server disediakan.
cPanel hanya kompatibel dengan sistem operasi Linux, CentOS dan RedHat.

Keuntungan dan Kerugian

  • Plesk memiliki permintaan dukungan yang lebih rinci dari cPanel, memungkinkan manajemen dari kedua MySQL dan MS SQL Server dari browser Web, sangat terintegrasi dengan Windows dan intuitif mudah digunakan.
  • cPanel lebih cepat daripada Plesk dan fungsi ke dalam kelompok tingkat tinggi untuk kemudahan aksesibilitas. Untuk Linux lingkungan cPanel mungkin yang terbaik.

Penanganan Permintaan Dukungan

Antarmuka cPanel menyertakan akses ke layanan dukungan dari host Web Anda melalui email. Ketersediaan fungsi ini tergantung pada istilah Web host Anda. Periksa dengan host Web Anda untuk menemukan bagaimana permintaan dukungan ditangani. Dalam rangka untuk mengirimkan permintaan dukungan melalui antarmuka cPanel, masukkan nama, alamat email Anda dan masalah.
Plesk memiliki dukungan formulir permintaan yang cukup rinci yang membutuhkan informasi yang lebih luas termasuk produk, versi produk, versi OS, lingkungan kerja dan masalah. Yang terakhir dipilih dari penurunan luas down.

 

Kesimpulan

cPanel dan Plesk adalah panel server yang top. Sementara masing-masing memiliki plus dan minus, pilihan terbaik harus didasarkan pada fitur yang paling dekat mengakomodasi lingkungan Anda dan klien Anda. Pertimbangkan sistem operasi, konfigurasi server, kebutuhan keamanan dan kontrol akses, serta preferensi kegunaan.

Keseuaian Sistem Operasi – Plesk lebih cocok dengan Windows sementara cPanel yang lebih baik untuk Linux. Plesk tidak terintegrasi dengan banyak aplikasi independen yang dirancang untuk Linux.
Kemudahan Penggunaa – Plesk adalah sedikit lebih intuitif dan dari cPanel.

Related Articles

Panduan Cara Membuat Akun Zimbra Email di IDCloudhost
Setting MX Record Email Hosting Layanan Zimbra Email IDCloudHost
Tutorial Cara Memperbaiki Tabel di Database MySQL yang Corrupt
Cara Klaim atau Order Hosting Program Lailatul Imers 2019 di IDcloudHost
Akuisisi Dewabiz, Komitmen IDCloudHost Menjadi Perusahaan Web Hosting Lokal Berjaya
popup image