Ini Rekomendasi Email Blast untuk Email Marketing Bisnismu

Tips Memilih Platform Email Blast untuk Email Marketing Bisnismu

Tips Memilih Platform Email Blast untuk Email Marketing Bisnismu

email blast untuk email marketing

 

Email marketing adalah salah satu marketing channel yang masih bisa diandalkan hingga saat ini. Di tengah era social media, email marketing masih menjadi pilihan bagi banyak bisnis untuk melancarkan strategi pemasaran mereka. Agar tujuan email marketing bisa tercapai secara maksimal, Anda membutuhkan platform email blast yang bisa memenuhi segala keperluan Anda.

Email marketing tidak memerlukan biaya yang besar, Anda bisa menggunakan layanan email marketing gratis. Menggunakan email blast juga bisa menghemat waktu Anda, lho. Selain itu, saat ini sudah ada banyak platform yang bisa membantu Anda untuk melakukan email blast. Di antara banyaknya pilihan tersebut, Anda mungkin bingung mana yang harus dijadikan pilihan. Dalam artikel ini, kami akan membahas bagaimana tips memilih email blast agar Anda tidak salah pilih. Simak penjelasan lengkapnya, ya.

Apa Itu Email Blast?

Email Blast adalah aktivitas untuk mengirimkan email kepada beberapa pengguna sekaligus. Cara kerjanya sama seperti pesan broadcast di beberapa aplikasi chatting. Email blast tentu saja sangat berguna untuk aktivitas marketing perusahaan Anda.

Anda tidak dapat memanfaatkan platform email biasa seperti Gmail, Outlook, Yahoo, dan lain-lain karena biasanya platform ini tidak bisa mengirimkan email dalam jumlah besar. Gunakanlah layanan email marketing yang memiliki berbagai fitur lengkap seperti email otomatis, segmentasi audiens, analisis performa email, dan lain-lain.

Menggunakan layanan seperti ini bisa menghemat waktu karena Anda tak perlu mengerjakan semuanya dari nol dan satu per satu. Sehingga, Anda bisa memfokuskan waktu Anda untuk membangun strategi email marketing yang baik untuk mengembangkan bisnis Anda.

Baca Juga : Email Marketing : Cara Kerja, Strategi dan Cara Membuatnya

Tips Memilih Platform Email Blast untuk Marketing Bisnis Anda

Setelah mengetahui apa itu email blast, Anda pasti ingin mengetahui apa saja yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih platform email blast.

1. Harga

Penyedia layanan email blast memberikan harga yang bermacam-macam. Bahkan, ada juga beberapa yang memberikan layanan email blast secara gratis. Karena itu, harga tentunya harus menjadi pertimbangan Anda juga dalam memilih layanan email blast untuk bisnis Anda.

Layanan gratis mungkin cocok bagi Anda yang masih memiliki sedikit subscriber karena baru membangun bisnis atau komunitas. Salah satu contoh perusahaan email blast yang menyediakan layanan gratis adalah MailChimp.

Setiap bulannya, pengguna MailChimp bisa mengirimkan email marketing kepada 2.000 subscriber atau lebih. Namun, kekurangan dari layanan gratis ini adalah fitur-fiturnya dan jumlah subscriber yang bisa Anda kirimi email biasanya terbatas.

Jika ingin mendapatkan akses penuh dan fitur yang lengkap, Anda bisa menggunakan layanan yang berbayar. Biasanya, Anda bisa berlangganan layanan email blast tersebut per bulan atau per tahun dengan harga dan fitur yang bervariasi.

2. Pilihan Template

Banyaknya pilihan template dalam layanan email blast yang Anda gunakan juga bisa menjadi pertimbangan untuk memilih mana platform yang akan Anda gunakan. Template email bisa memudahkan dan menghemat banyak waktu Anda sebagai seorang email marketer.

Dengan menggunakan template yang tepat, Anda bisa membuat email marketing menjadi tidak membosankan dan lebih menarik bagi penerimanya. Email yang menarik tentunya akan meningkatkan kesempatan email tersebut akan dibaca sampai habis oleh penerimanya.

3. Tujuan Perusahaan

Kampanye email marketing pastilah memiliki tujuan. Bagi sebuah bisnis, mungkin Anda ingin meningkatkan konversi atau membangun brand awareness bagi perusahaan Anda. Sebelum memilih platform yang tepat untuk email blast, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa tujuan yang ingin Anda capai dalam melakukan kampanye email marketing.

Jika sudah memahami tujuannya, barulah Anda bisa memilih platform yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Banyak platform email marketing yang menyediakan beragam fitur, semakin lengkap fiturnya maka akan semakin pula harga untuk berlangganan layanan tersebut.

Dengan memahami tujuan perusahaan, Anda bisa memilih platform yang tepat tanpa harus menghamburkan uang untuk fitur-fitur yang sebenarnya tidak terlalu Anda butuhkan untuk menjalankan strategi marketing.

4. Segmentasi Audiens

Seperti channel marketing lainnya, email marketing juga mengharuskan Anda untuk memahami audiens. Karena itulah, tips memilih platform email marketing selanjutnya adalah dengan mengetahui segmentasi audiens.

Segmentasi ini bisa mencakup beberapa hal seperti minat, lokasi, usia, gender, gaya hidup, hingga engagement konsumen tersebut. Dengan memahami seperti apa audiens dari email Anda, maka Anda bisa mengirimkan email yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.

5. Desktop dan Mobile-friendly

Penggunaan smartphone berkembang pesat dalam bebrapa tahun terakhir. Bahkan, saat ini kebanyakan orang mengakses internet lewat perangkat mobil mereka, termasuk mengecek email. Karena itu, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa platform email blast yang Anda pilih memungkinkan Anda untuk membuat email marketing yang tidak hanya nyaman dilihat di tampilan desktop, tapi juga nyaman untuk tampilan mobile.

6. Email Otomatis

Email otomatis adalah fitur yang membuat Anda bisa mengirimkan email secara otomatis pada waktu-waktu tertentu. Fitur ini akan dikirimkan secara tertarget kepada subsriber yang memiliki kriteria tertentu. Misalnya, Anda bisa mengirimkan email otomatis ini kepada seorang subscriber baru, atau kepada subscriber yang sudah lama tidak membuka email yang Anda kirimkan.

Fitur email otomatis sangat memudahkan Anda dalam mengirim email dengan konten yang berbeda kepada konsumen dengan kriteria berbeda juga. Karena itu, dalam memilih platform email blast sangat penting bagi Anda untuk memilih layanan yang memiliki fitur email otomatis seperti ini.

7. Customer Support

Tips memilih platform email blast yang selanjutnya adalah memeriksa ketersediaan customer dan technical support. Hal ini tentu saja sangat penting, agar jika terjadi masalah pada saat Anda menggunakan layanan, Anda bisa meminta bantuan mereka untuk menemukan solusinya dengan cepat.

Jika memungkinkan, carilah layanan yang menyediakan customer support 24 jam, sehingga Anda tak perlu menunggu untuk mendapatkan jawaban. Beberapa platform bahkan juga menyediakan layanan support untuk konsultasi seputar strategi email marketing, lho. Menarik sekali, bukan?

8. Analisis Email Marketing

Setelah menjalankan strategi email marketing Anda kepada konsumen, tentunya Anda juga perlu untuk mengevaluasi performa dari campaign tersebut. Tools email blast yang Anda gunakan sebaiknya memiliki fitur seperti itu. Contoh analisis yang mungkin Anda perlukan adalah melihat berapa banyak subscriber yang membuka email, mengklik CTA button pada email, hingga berapa jumlah subscriber yang melakukan unsubscribe.

Dengan berbagai analisis ini, Anda jadi mengetahui sejauh apa performa email marketing yang telah Anda jalankan. Jika performanya berjalan baik, Anda dapat melanjutkannya. Namun, jika hasilnya kurang memuaskan, Anda juga bisa melihat apa saja hal yang perlu Anda perbaiki dari strategi email marketing Anda.

Baca Juga : Manfaat Menggunakan Email Blast Bagi Bisnis

5+ Rekomendasi Platform Email Blast Terbaik

1. MailChimp

MailChimp adalah salah satu tools email marketing paling populer yang memiliki banyak pengguna. Bagi Anda yang merupakan pebisnis pemula, tools ini sangat cocok digunakan karena MailChimp memberikan layanan gratis bagi pengguna yang memiliki subscriber kurang dari 2000. Namun, layanan ini terbatas dan hanya bisa mengirimkan 12.000 email per bulan.

MailChimp memilki banyak fitur. Dalam versi gratisnya pun, Anda sudah bisa menikmati berbagai template email yang tersedia, memeriksa segmentasi audiens, serta menerima laporan performa email marketing setiap bulannya.

2. Vertical Response

Vertical Response adalah tools email blast yang bisa Anda gunakan secara gratis maupun berbayar. Dengan versi gratisnya, Anda bisa mengirimkan sejumlah 4000 email kepada maksimal 300 penerima setiap bulan. Versi gratis dari tools ini cukup lengkap, Anda bisa menikmati berbagai fitur seperti email editor, template, manajemen kontak, email otomatis, social media sharing, dan lain-lain.

Namun, layanan customer support hanya tersedia pada versi berbayar saja. Selain itu, kelebihan dari versi berbayar ini adalah Anda bisa mendapatkan laporan dan analisis email marketing secara lengkap.

3. Kirim.Email

Rekomendasi platform email blast selanjutnya adalah Kirim.email. Platform ini bisa Anda gunakan untuk memudahkan Anda menjalankan strategi email marketing. Kirim.email adalah layanan email blast yang berbayar. Namun, jangan khawatir karena biaya berlangganan mereka cukup terjangkau. Hanya dengan 100 ribu rupiah per bulan, Anda sudah bisa mendapat akses penuh dari berbagai fiturnya.

4. BenchMark

Benchmark adalah platform yang menyediakan layanan gratis maupun berbayar. Pada versi gratisnya, Benchmark sudah menawarkan fitur-fitur yang cukup lengkap. Selain itu, Anda juga bisa mengirimkan sebanyak 14.000 kepada 2.000 subscriber setiap bulannya. Hal yang membedakan versi gratis dan berbayar pada Benchmark adalah fitur analisis email marketing dan segmentasi audiens. Template pada versi berbayar juga lebih banyak daripada layanan yang gratis.

5. Zoho Campaigns

Zoho Campaign adalah salah satu pilihan platform email blast yang memiliki fitur lengkap dan bisa Anda gunakan secara gratis. Namun, fitur marketing automation dari platform ini hanya bisa Anda nikmati jika upgrade ke layanan premium. Fitur ini sangat berguna bagi para email marketer karena dapat membantu Anda mengirimkan email otomatis berdasarkan segmentasi, kalendar, laporan, dan lain-lain.

6. Mailcoach

Mailcoach merupakan platform email marketing yang bersifat self host. Platform ini berguna untuk mengirimkan email kepada subscriber Anda melalui server SMTP Anda sendiri. Mailcoach sendiri merupakan platform yang memiliki fitur-fitur lengkap dan sudah terkenal di kalangan email marketer seluruh dunia.

Platform ini bisa Anda manfaatkan untuk membuat campaign email marketing, hingga memeriksa email transaksional. Mailcoach juga terkenal sebagai platform email marketing yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi.

Baca Juga : Install Mailcoach di Cloud VPS IDCloudHost

Penutup

Email blast adalah hal yang tidak bisa kita lepaskan dari strategi email marketing. Karena itu, memilih platform email blast yang sesuai dengan kebutuhan tentunya bisa sangat bermanfaat bagi bisnis Anda.
Ada banyak pilihan platform email blast yang bisa Anda gunakan. Biasanya, platform-platform ini membatasi jumlah email dan jumlah penerima email jika Anda menggunakan layanannya secara gratis.

Hal ini mungkin cocok bagi Anda yang baru memulai bisnis, tapi Anda yang memiliki perusahaan atau bisnis yang sudah lebih berkembang tentu ingin upgrade ke versi premium yang bisa memberikan akses penuh dan fitur yang lengkap.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda memilih platform email blast yang tepat. Karena, platform yang tepat bisa membuat strategi email marketing Anda makin lancar dan bisnis pun pastinya makin berkembang.

Related Post

  • Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

    Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
    layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
    downgrade atau cancel setiap waktu

    Buat Private Cloud
    Subscribe here to get update
    popup image