Cara Instal Postal Mail di Cloud VPS - IDCloudHost

Cara Instal Postal Mail di Cloud VPS

Promo IDCloudHost

Instal Postal Mail

Mengenal Postal Mail

Postal adalah sebuah mail server terlengkap dan penuh akan fitur dapat digunakan untuk website dan web server Anda. Seperti layaknya sendgrid, mailgun atau juga postmark. Postal bersifat open source dan siap membantu dan bekerja untuk server Anda.

Postal dibangun oleh Krystal yang mengawali pengembangan ini untuk memberikan service sebuah layanan pengiriman email untuk pribadi kala itu. Pada akhirnya memutuskan untuk merilisnya sebagai proyek dan sumber terbuka untuk komunitas.

 

 

Instal Mail Server

Beberapa Fitur Postal Mail

Ada banyak sekali fitur dan juga kehandalan yang dimiliki postal mail untuk mengelola email. Berikut sekilas fitur – fitur yang ada pada Postal Mail;

  • Dukungan pengelolaan mail server dan penggunanya
  • Grafik dan stasistik volume email masuk dan keluar
  • Akses histori pesan email
  • Akses antrian email masuk dan keluar yang lengkap
  • Pemeriksaan dan pemantauan DNS bawan untuk memastikan domain Anda dikonfigurasi mengirim email
  • Kirim pesan ke server SMTP atau menggunakan HTTP API
  • Kelola beberapa kredensial per server
  • Teknologi pemeriksaan spam & UTAS dengan SpamAssasin dan ClamAV dengan konfigurasi dan metode canggih menanggapi spam
  • dan masih banyak fitur lainnya

Saat ini, Layanan Postal Mail sudah dapat Anda nikmati di Cloud VPS IDCloudHost. Mulai top up 50rb di Layanan console, Anda sudah bisa menikmati layanan lengkap ini. Kali ini kita akan membahas langkah – langkah instalasinya di Cloud VPS yang Anda miliki.

Baca Juga : Install MailCoach di Private Cloud Server IDCloudHost (Fitur One Click / App Catalog)

Cara Instal Postal Mail di Cloud VPS

Langkah instalasi postal mail tidak memerlukan waktu yang lama. Namun, ada beberapa hal yang kita perhatikan dalam melakukan instalasi berikut langkah – langkah lengkapnya :

1.  Lakukan Login Akun ke https://console.idcloudhost.com lalu pilih App Catalog.

Instal Postal Mail
 

2. Pilih Aplikasi Postal sesuai dengan versi yang akan di instalasi, dan tentukan spesifikasi, lokasi, password dan Nama VM yang ingin kita buat tersebut, lalu klik Create.

 

Instal Postal Mail

 

3. Setelah VM berhasil di buat maka kita akan mendapatkan IP publik sebagaimana gambar berikut ini,

 

 

4. Selanjutnya kita harus menyiapkan domain / subdomain untuk aplikasi postal kita dan membuat record-record pada DNS diperlukan, pada contoh ini kita akan menggunakan subdomain postal.cdoktor.my.id (sebagai contoh) dengan IP publik 103.171.84.231, maka Record DNS yang harus dibuat adalah berikut:

Record

Type

Value

postal.cdoktor.my.id

A

103.171.84.231

click.cdoktor.my.id

A

103.171.84.231

rp.postal.cdoktor.my.id

A

103.171.84.231

spf.postal.cdoktor.my.id

TXT

v=spf1 ip4:103.171.84.231 ~all

rp.postal.cdoktor.my.id

TXT

v=spf1 a mx include:spf.postal.cdoktor.my.id ~all

routes.postal.cdoktor.my.id

MX

10  postal.cdoktor.my.id

postal._domainkey.rp.postal.cdoktor.my.id

TXT

NIlai akan di dapatkan pada inisiasi aplikasi (panduan tahap ke 9)

Baca Juga : Keuntungan dan Manfaat Email Hosting dalam Bisnis

Melakukan Record pada Client Area

Pada contoh ini kita akan membuat record pada client area IDCloudHost.Mari kita simak tahap lanjutan dari instalasi Postal Mail di Cloud VPS IDCloudHost.

Pertama, Lakukan login ke DNS Management domain yang kita miliki. Anda bisa akses ke Dashboard Client Area Anda.

 

 

Kedua,  Pada tampilan DNS Management. Pilih Domain dan Layanan yang dijadikan mail server kita. Lalu, klik Edit Zone pada domain yang akan kita gunakan. Anda dapat melihat contoh berikut ini;

 

Instal Mail Server
Ketiga, Klik pada Add New Record lalu kita inputkan subdomain yang akan kita gunakan dan arahkan Ke IP public VM kita seperti pada gambar lalu klik A record seperti gambar terlampir.

 

Instal Postal
 

Selanjutnya isi, berbagai Add New Record sesuai keterangan yang dibutuhkan. Kemudian isi Name, Tyoe, TTL, dan RDATA lalu klik Add Record.

 

Instal Mail Server
 

Keempat, Anda dapat mengulangi langkah tersebut untuk record selanjutnya hingga terisi dan lengkap seperti contoh berikut ini:

 

Instal Server
Baca Juga : Mengenal Apa Itu Email Filter, Cara Kerja dan Tipe/Jenisnya

Akses SSH Client Area untuk Postal Mail

Kelima, Selanjutnya kita akan login ke SSH menggunakan SSH Client atau melalui menu SSH pada Halaman Console Anda seperti pada gambar terlampir;

 

 

Keenam, Pada saat pertama kali masuk ke SSH Anda diminta mengetikan yes lalu tekan enter dan masukan password yang ada set sebelumnya saat membuat VM. Selanjutnya, Anda dapat memperhatikan gambar berikut ini;

 

Instal Postal Mail
 

Selanjutnya, setelah berhasil login kita akan di minta memasukkan data domain/subdomain yang akan kita gunakan untuk aplikasi postal kita, pada contoh ini kita inputkan postal.cdoktor.my.id lalu tekan Enter, biarkan script tersebut bekerja melakukan setup aplikasi postal kita.

 

Instal Mail Server
 

Kemudian, kita lanjutkan kita akan di minta menginput email, nama dan password sebagai admin dari aplikasi postal kita miliki. Lakukan pengisian data tersebut dengan benar dan lengkap:

 

 

Selanjutnya, kita akan diinformasikan mengenai credential dari aplikasi postal kita dan juga record TXT untuk postal._domainkey.rp.postal.cdoktor.my.id. Selanjutnya, input segera di DNS Management.

 

Instal Postal Mail
 

Terakhir, kita bisa mengakses melalui browser aplikasi postal kita menggunakan domain/subdomain yang kita setting sebelumnya. Selanjutnya kita dapat melakukan login dengan email dan password. Setelah mengisi coba cek kembali email dan password yang sudah anda isi. Berikut tampilan gambar login;

 

Instal Postal Mail
Selamat! Anda sudah dapat menikmati layanan ini!

 

Kesimpulan

Mail server adalah program yang bekerja untuk mendistribusikan email dalam suatu jaringan.  Perkembangannya semakin luas, seiring meningkatnya kebutuhan pengelolaan email yang lebih baik. Mail Server adalah sebuah program berbasis cloud computing dalam layanan internet yang digunakan untuk melayani pengiriman atau penerimaan email via jaringan server mail yang sama.

Salah satu hal yang meresahkan dari email adalah keberadaan spam pada email yang masuk, ataupun terdeteksi spam pada email yang dikirimkan. Fitur pada Postal Mail memberikan spam filtering dan juga virus checking. Postal Mail juga dapat terintegrasi dengan SpamAssassin dan ClamAV dan secara otomatis dapat melakukan scanning dengan email yang masuk dan keluar melalui mail server. Tentunya Anda tidak perlu khawatir dengan masaah spam dan juga virus melalui email.

Layanan Postal Mail di Cloud VPS  akan membantu Anda memenuhi kebutuhan akan email server yang praktis dan mudah. So, layanan ini kami rekomendasikan sebagai alternatif mail server yang lebih fleksibel, mudah digunakan. Bila Anda memiliki kendala dalam melakukan instalasi, Anda dapat menghubungi tim support kami melalui Live Chat dan Tiket. Semoga bermanfaat!

Related Articles

Cara Mengatasi VPS Tidak Bisa Login
Cara Mengatasi Error 500 CyberPanel VPS
Penyebab dan Solusi VPS Error dan Tidak Bisa Akses
Cara Backup Data di CyberPanel Mudah dan Cepat
Panduan Mengelola Space Hosting dengan Fitur cPanel Ini