Istilah-Istilah Umum Dalam Email

Istilah-Istilah Umum Dalam Email | IDCloudHost

Membuat email pribadi lewat cPanel adalah perkara yang mudah, namun bagi anda yang masih baru dalam dunia per emailan alangkah lebih baiknya anda mengetahui terlebih dahulu istilah-istilah umum yang bakal anda jumpai. Berikut ini adalah beberapa istilah umum mengenai Email untuk dapat membantu mempermudah Anda dalam manajemen Email :

  • Bounced email, Email yang gagal dikirim dan kembali kepada si pengirim, hal ini terjadi karena ada error pada sistem.
  • E-mail Address, Atau yang lebih kita kenala dengan alamat email, jika anda membuat email pribadi maka kelak alamat email anda akan berekstensi @Domainanda.com misalnya admin@idcloudhost.com, mufid@idcloudhost.com, dsb.
  • E-mail Body, Email body merupakan isi email yang berupa teks atau gambar.
  • Email Header, Kepada emal yang berisi informasi tentang pengirim email, server yang digunakan bahkan sampai dengan alamat IP dari si pengirim email. Beberapa propider email tidak menampilkan informasi E-mail header karena memang sangat banyak dan hanya berguna untuk kalangan advance saja.
  • IMAP, Kepanjangan dari Internet Message Access Protokol adalah sebuah protokol standar yang berfungsi untuk mengambil email dari sebuah server. Dengan IMAP pengguna email dapat memlih pesan yang akan di baca atau di ambil, membut folder email pada server bahkan menghapus email yang ada. IMAP bagus digunakan jika ada yang sering bepergian dan ingin mendapatkan akses serta kontrol penuh dari semua email yang ada.
  • Mail Box, lokasi tempat menyimpan email-email yang masuk dari sebuah akun atau alam email, mirip kotak surat pada mode surat konversional.
  • MX Record, singkatan dari Mail eXchange berfungsi untuk memberitahukan kepada server kemana sebuah email harus dikirim.
  • Password Authentication, Password untuk menjaga kerahasiaan email anda. Seperti password gmail.
  • POP3, Sama halnya dengan IMAP, POP3 merupakan sebuah protokol email yang berfungsi untuk mengambil email dari server. POP3 berfungsi untuk mengambil email dari sebuah server. Email yang sudah diambil dan di simpan secara local POP3 secara default akan di hapus dari server namaun settingnan tertentu POP3 bisa diatur agar tidak menghapus email dari server sehingga bisa diakses kembali dari manapun.
  • SMTP, singkatan dari Simple Mail Tranferprotokol. Merupakan protokol yang berfungs mengirim email, protokol ini digunakan ketika anda mengirim email kepada seseorang menggunakan akun anda.
  • Mail Client, adalah program yang digunakan untuk membuka email seperti microsoft dan outlock, Thunderbird, dan bahkan web browser anda.

Panduan lengkap mengenai email bisa Anda dapatkan lengkap di IDCloudHost melalui Halaman Panduan Email

Related Articles

Cara Mengupload File ke Plesk Hosting melalui File Manager
Cara Mengupload File ke Plesk Hosting melalui FTP (Filezilla)
Cara Melihat Statistik dan Laporan Penggunaan Plesk Hosting
Cara Melakukan Setting MIME Types di Plesk Hosting
Cara Memilih Versi ASP.NET di Plesk Hosting
popup image