logo Mengenal Jetpack: Pengertian, Fungsi, dan Keunggulannya - IDCloudHost

Mengenal Jetpack: Pengertian, Fungsi, dan Keunggulannya

Mengenal Jetpack: Pengertian, Fungsi, dan Keunggulannya

jetpack wordpress

Apakah Anda baru memiliki website WordPress dan bingung mencari plugin yang multifungsi dan menawarkan banyak fitur untuk website Anda? Mungkin Jetpack adalah solusi yang tepat untuk berbagai kebutuhan website Anda. Plugin yang satu ini sudah digunakan oleh lebih dari 5 juta pengguna WordPress hingga saat ini.

Plugin Jetpack WordPress terkenal sebagai salah satu plugin keamanan terbaik. Namun, sebenarnya plugin yang satu ini punya banyak kegunaan lain untuk website Anda. Dalam artikel ini, Anda akan berkenalan dengan plugin Jetpack mulai dari pengertian, fungsi, hingga keunggulannya. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini, ya.  

Baca Juga: 5 Plugin Keamanan Untuk WordPress

Apa Itu Jetpack? 

Jetpack adalah plugin WordPress yang memiliki banyak fitur dengan berbagai fungsi. Dalam Jetpack, fitur-fitur ini disebut sebagai modul. Terdapat lebih dari 40 modul yang bisa Anda gunakan untuk fitur tambahan di WordPress. Semua modul ini bisa Anda pilih dan aktifkan dengan bebas sesuai kebutuhan. 

Plugin Jetpack WordPress pertama kali dikembangkan oleh Automattic pada tahun 2011. Automattic sendiri adalah perusahaan yang membuat WordPress.com, sehingga plugin ini sudah terpercaya keamanannya dan menjadi populer di kalangan pengguna. Anda bisa menggunakan semua modul yang ada di Jetpack secara gratis karena plugin ini dirilis secara open-source. 

Hingga saat ini, Jetpack terus melakukan update secara rutin. Versi terbarunya adalah 10.8 yang rilis pada 5 April 2022. Lebih dari 5 juta pengguna WordPress sudah menginstall plugin yang satu ini. Selain itu, Jetpack juga mendapatkan rating bintang 5 dari mayoritas usernya. 

Fitur-fitur Jetpack 

Jetpack memiliki sangat banyak modul untuk berbagai fungsi dan bebas Anda pilih sesuai keinginan Anda. Namun, dari banyak modul itu kita bisa membaginya ke dalam 4 fungsi, yaitu optimasi performa, mengatur tampilan, dan meningkatkan keamanan website. Berikut penjelasan lengkapnya satu per satu.

1. Mengatur Tampilan Website dan Konten

Jetpack memiliki bagian Writing yang memuat beberapa modul untuk mengatur tampilan website dan konten. Contohnya, custom content types yang membantu Anda membuat testimonial dan portofolio dengan bantuan shortcode. Selain itu, Jetpack juga bisa digunakan untuk mengatur tampilan agar website agar pembaca lebih nyaman berselancar di website kita. 

Modul infinite scroll sangat cocok untuk website yang memiliki ratusan bahkan ribuan postingan, sehingga pengunung bisa scrolling terus menerus tanpa harus loading banyak halaman. Sementar itu, ada juga fitur create full screen carousel slideshow untuk membuat carousel Anda bisa diakses secara fullscreen.

2. Optimasi Performa

Selain mengatur tampilan, Jetpack WordPress punya modul-modul yang membantu Anda mengoptimalkan performa website. Salah satu yang paling terkenal adalah site accelerator yang berguna untuk meningkatkan kecepatan loading website. Modul ini bekerja dengan cara mengoptimasi proses loading gambar dan file HTML, CSS, serta JavaScript pada website kita. 

Selain itu, ada juga lazy-loading pages yang berfungsi untuk meringankan website di mata pengunjung. Dengan modul ini, pengunjung hanya perlu memuat elemen website yang ditampilkan saja, tanpa perlu khawatir harus loading lama karena ikut memuat ‘bagian belakang’ website Anda.

3. Meningkatkan Keamanan Website

Plugin yang satu ini terkenal sebagai plugin keamanan terbaik dari WordPress. Jetpack memiliki berbagai pilihan untuk membuat website Anda semakin meningkat keamanannya. Misalnya, ada modul downtime monitoring yang berfungsi mengirim notifikasi ke email Anda jika website mengalami downtime. 

Ada juga modul brute force protection yang menjaga website dari resiko brute force attack yang mengancam website Anda. Selain itu, Jetpack juga menyediakan fitur auto-update plugins sehingga semua plugin yang Anda gunaan selalu up-to-date. Plugin yang selalu up to date tentunya meningkatkan keamanan website karena setiap versi baru, para developer pasti menutup celah-celah keamanan yang ada di versi sebelumnya. 

Baca Juga:Rekomendasi Plugin Anti Spam WordPress Terbaik

Keunggulan Jetpack

Jika ingin mendapat fasilitas penuh dan pengaturan yang lebih advance pada Jetpack, Anda bisa menggunakan versi premiumnya. Namun, fasilitas yang ditawarkan oleh plugin ini sudah sangat mencukupi meskipun Anda menggunakannya secara gratis. Berikut ini adalah keunggulan Jetpack WordPress yang bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum menginstalnya.

1. Sistem Login Aman

Jetpack bisa membuat login WordPress Anda lebih aman dengan menggunakan 2 lapis autentifikasi. Hal ini berguna untuk melindungi website Anda dari peretas yang ingin menyalahgunakan data Anda dan menyebabkan kerugian bagi pemilik website.

2. Backup Otomatis

Sebagai salah satu plugin keamanan paling banyak digunakan di WordPress, Jetpack memiliki fitur untuk membackup konten agar lebih aman jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak Anda inginkan. Menggunakan plugin yang satu ini, data kita bisa terbackup secara otomatis atau bahkan dijadwalkan secara rutin.

3. Konfigurasi Mudah

Walaupun memiliki banyak modul, Jetpack sangat mudah untuk Anda gunakan dan pelajari. Setelah proses instalasi selesai, pengaturan plugin yang satu ini juga tidak sulit. Tampilan setting Jetpack sangat user-friendly sehingga Anda bisa mengatur segalanya sesuai kebutuhan dengan mudah. Selain itu, Anda bebas memilih modul mana saja yang ingin Anda aktifkan dan mana yang tidak ingin Anda gunakan.

4. Multifungsi

Jetpack memiliki banyak fitur dengan berbagai fungsi. Mulai dari mengatur tampilan, mengoptimalkan performa website, hingga meningkatkan keamanan. Umumnya, Anda baru bisa mendapatkan semua itu jika menginstal beberapa plugin untuk masing-masing fungsi. Namun, menggunakan Jetpack Anda hanya perlu satu plugin saja untuk mendapatkan semua fitur tersebut. 

Baca Juga: Alasan Mengapa Jetpack Terkadang Tidak Recomended untuk WordPress

Penutup

Jetpack WordPress adalah plugin yang sangat lengkap. Berbagai modul yang ada di dalamnya dapat Anda nikmati untuk memenuhi kebutuhan website Anda. Banyak hal yang dapat kita lakukan dengan Jetpack, plugin multifungsi ini bisa membantu masalah keamanan, tampilan, hingga performa. 

Plugin ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati berbagai fitur hanya dengan menginstal satu plugin saja. Namun, perlu diingat bahwa fitur-fitur tersebut membuat Jetpack berukuran cukup besar sehingga memakan banyak ruang pada disk space Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang pengguna WordPress dan ingin menambah wawasan tentang plugin yang recommended untuk website Anda. Apakah Anda baru ingin mulai membuat website di WordPress? Anda bisa menggunakan layanan WordPress Hosting dari IDCloudHost yang memungkinkan Anda membangun website mulai dari 5000 rupiah saja!

Related Post

  • Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

    Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
    layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
    downgrade atau cancel setiap waktu

    Buat Private Cloud
    Subscribe here to get update
    popup image