Melakukan Koneksi Ke Server Hosting Menggunakan FTP Client

Melakukan Koneksi Ke Server Hosting Menggunakan FTP Client | IDCloudHost

Pendahuluan

Untuk mempermudah pekerjaan Anda seperti mengelola file-file yang ada di server hosting menggunakan FTP, yang perlu anda persiapkan adalah sebuah FTP Client serta data akun FTP anda. Untuk FTP client-nya sebagai contoh kita akan menggunakan Core FTP, sebuah program gratis yang bisa anda download di www.coreftp.com/download.html , lalu untuk data akun FTP bisa anda dapatkan pada email informasi saat pertama kali anda mendaftarkan web hosting.

Data akun FTP anda biasanya meliputi :

  1. FTP/Host Address : Untuk host address ini defaultnya menggunakan subdomain ftp.domainanda.com , jadi misalnya domain anda adalah chemugudhea.org maka host address ftp anda adalah ftp.chemungudhea.org atau anda juga bisa menggunakan IP Address website anda untuk Host address ini.
  2. FTP Username : Umumnya username FTP sama dengan username cPanel anda.
  3. FTP Password : Umumnya password FTP anda sama dengan password cPanel anda.

Jika hal-hal diatas sudah anda persiapkan maka anda sudah siap untuk melakukan koneksi ke server hosting dari komputer anda.

 

Melakukan Koneksi Ke Server Hosting Menggunakan FTP Client

Berikut ini adalah langkah-langkah Melakukan Koneksi Ke Server Hosting Menggunakan FTP Client :

  1. Jalankan CoreFTP yang sudah anda download dan install.
  2. Saat anda pertama kali menjalankan CoreFTP maka akan muncul jendela pop up Site Manager. Disini anda bisa memasukan informasi FTP server hosting anda untuk membuat koneksi.
  3. Pada bagian Site Name, silahkan beri nama koneksi anda, yang ini bebas mau anda beri nama apa saja terserah sebagai contoh kita beri nama idchdesktop.com.
  4. Lalu pada bagian Host/IP/URL silahkan anda isikan Host Address FTP anda, biasanya sih ftp.domainanda.com (ganti domainanda.com dengan alamat domain / website anda) atau bisa juga memasukan IP address website anda disini.
  5. Pada bagian username dan password silahkan anda isikan username dan password cPanel anda.
  6. Jika sudah, klik tombol Connect untuk mulai melakukan koneksi ke server hosting.
  7. Jika anda sukses melakukan koneksi ke server hosting maka pada panel sebelah kanan akan muncul direktori-direktori yang terdapat pada server hosting. Jika anda gagal melakukan koneksi (ada tulisan merah di panel atas) mungkin anda salah memasukan informasi akun FTP seperti salah password, username, host name atau bisa jadi server anda sedang down.

Tutorial Sejenis : Cara Upload File Website ke Hosting dengan FileZilla

Related Articles

Cara Menambah Blog Baru di Website Builder
Cara Menambah Situs Baru di Website Builder
Cara Membuat Website di Website Builder IDCloudHost
Cara Melakukan Optimasi Pada CMS WordPress
Informasi Mengenai Siklus Domain Indonesia
popup image