Mengaktifkan dan Menggunakan SSH Pada Hosting

Mengaktifkan dan Menggunakan SSH Pada Hosting

Pendahuluan

SSH (Secure Shell) adalah salah satu protokol untuk melakukan pertukaran data atau mengontrol komputer lain melalui jaringan internet dengan menggunakan command line interface. Akses SSH dilakukan menggunakan perintah  unix/linux. Contohnya bisa dilihat di http://one-serve.com/tools/unix_commands.php.

Untuk melakukan akses ssh melalui sistem operasi windows  diperlukan perangkat lunak ssh clients. Salah satu contoh perangkat lunak ssh client yang cukup populer adalah putty, bisa di download di http://www.chiark.greenend.org.uk/~sgtatham/putty/download.html.

 

Mengaktifkan dan Menggunakan SSH Pada Hosting

Untuk mengaktifkan fitur SSH/Shell access kita bias mengirimkan permintaan pegaktifan melalui tiket, Fitur shh hanya tersedia untuk layanan hosting dengan pake minimal Enterreneur Pro pada layanan Hosting IDCloudHost. Berikut ini adalah langkah-langkah Mengaktifkan dan Menggunakan SSH Pada Hosting :

  1. Loginlah pada client area dan kitim tiket dengan subjek pengaktifan SSH seperti contoh berikut:
  2. Pilih divisi Technical Support.

  3. Saat permintaan anda di terima oleh pihak tehnical support idcloudhost, dan paket anda divalidasi untuk menggunakan fitur ssh, pihak technical support akan membals tiket dan menginformasikan data login ssh sebegai berikut:

    Hostname : alamat domain
    Port : Port yang digunakan untuk koneksi ssh
    Username :  [gunakan user cpanel]
    Password : [gunakan password cpanel]

  4. Untuk melakukan koneksi ssh bukalah aplikasi putty sehingga muncul jendela aplikasi putty seperti berikut:
  5. Isilah Hostname dan port sesuai dengan informasi yang diberikan technical support, lalu klik tombol open unutk melakukan koneksi. Untuk pertama kali melakukan koneksi anda akan disuguhi jendela untuk konfirmasi pengaktifan rsa2 fingerkey server pada computer, klik yes untuk melanjutkan.
  6. Selanjutnya anda akan diminta memasukan username dan password pada aplikasi putty, isikan sesuai username dan password cpanel anda. Untuk memudahkan lakukan copy pada data cpanel yang ada di email, dan lakukan paste pada putty dengan mengklik tombol klik kanan pada mouse.

    Catatan: saat anda memasukan password pada aplikasi putty, tidak akan muncul karakter apapun pada jendela putty, kita hanya perlu memasukan password yang valid dan diakhiri tombol enter seperti contoh berikut:

  7. Saat login telah berhasil anda bisa menggunakan peritah linux untuk mengelola hosting anda.

Related Articles

Panduan Membuat Email SMTP dari CPanel
Cara Menginstall Docker pada Ubuntu Server
Cara Install phpMyAdmin di Ubuntu 16.04 LAMP
Cara Menambahkan Situs Baru di Nginx Ubuntu 16.04 Server
Cara Menginstal WordPress pada Nginx atau Lemp Ubuntu Server
popup image